Life

Cara Merawat Sepatu Putih Agar Tetap Bersih

Cara Merawat Sepatu Putih Agar Tetap Bersih

Siapa sih yang ga suka sama sepatu putih?? Selain warnanya yang netral dan cocok dipadukan dengan pakaian atau style seperti apapun, warna putih juga terlihat bersih dan cerah. Unfortunately, sepatu berwarna putih kadang ga selamanya bersih, cause warna putih memang cepat sekali kotor dan jika tidak pandai merawatnya, lama kelaman sepatuh putih tersebut bisa berubah menjadi sepatu berwarna kekuning-kuningan. Duh! Sayang bangetkan.. Beli warna putih biar keliatan pembersih, eh malah sebaliknya, jadi keliatan ga bisa merawat diri gara-gara sepatu putihnya ga kinclong lagi. Nah, supaya sepatu putihmu tetap terjaga kesucian dan keputihannya, kamu perlu menerapkan tips berikut untuk merawatnya. Akan tetapi, sebelum kamu menerapkan perawatan pada sepatu putihmu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu sepatumu terbuat dari bahan apa.

Sebelumnya, kita bagi dulu sepatu putih berdasarkan jenis bahannya, supaya kamu tau sepatumu termasuk jenis yang mana.

1. Bahan kanvas

Jika sepatumu berbahan kanvas, cucilah dengan menggunakan tangan bukan mesin cuci. Kamu bisa membersihkannya dengan menyiramkan campuran air dengan deterjen pada sepatu dan gosok dengan lembut noda-noda atau kotoran yang ada pada sepatu. Untuk perawatan secara berkala, coba tuang campuran baking soda dan air pada noda, usap sampai noda hilang dan bilas dengan air bers

2. Bahan kulit

Perlu kamu ketahui bahwa sepatu berbahan kulit butuh perawatan ekstra. Ada baiknya sebulan sekali kamu membawa sepatu kulit putihmu ke tempat cuci sepatu profesional untuk hasil yang lebih maksimal. Namun, untuk perawatan berkala 2 kali dalam sebulan, kamu bisa merawatnya dengan campuran jus buah lemon dan air bias. Campuran keduanya bisa  menjadi “ramuan” tepat untuk membersihkan sepatu kulit putihmu. Gunakan kain lembut untuk mengusapkan ramuan tersebut atau gunakan botol spray yang telah diisi ramuan ini. Keringkan sepatumu dibawah sinar matahari, kurang lebih selama 6 jam. Setelah itu, gunakan nail polish remover untuk membersihkan sisa-sisa jus buah lemon yang mungkin menempel.

3. Bahan suede

Jika sepatumu berbahan suede, kamu harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, sebab perawatannya agak lumaya sulit. Bahan suede sama seperti kanvas,  mudah menyerap noda (noda terserap fiber kain). Jika nodanya kecil, sikat kering bisa jadi alat ampuh untuk menghilangkan noda tersebut. Namun, untuk noda yang lebih besar, akan lebih baik bawa sepatu putih suede kamu ke toko cuci sepatu profesional. Akan tetapi, jika kamu mempunyai hydrogen peroxide, kamu bisa mengusapkannya pada noda sampai noda tersebut hilang.

Nah, berikut ini tips merawat sepatu putih pada umumnya yang bisa kamu terapkan dirumah:Jika sepatu putihmu terkena noda, usahakan untuk langsung membersihkannya. Jangan ditunda apalagi menunggu sampai besok untuk membersihkannya, sebab makin lama noda yang menempel pada sepatumu akan semakin menyerap kedalam sepatu, sehingga akan sulit untuk dibersihkan.
Saat membersihkan sepatu putih sehari-hari, biasakan  menggunakan air hangat (bukan panas) dan tekan-tekan sampai nodanya hilang.

 Belilah sol dalam tambahan untuk menjaga kebersihan sol dalam sepatu putihmu.

Selain tips diatas, juga terdapat 7 teknik yang dapat membantu kamu untuk membersihkan sepatu putih.

1. Sabun

Sabun akan bekerja maksimal pada sepatu bahan karet dan kanvas. Kamu hanya perlu menyampurkan sedikit sabun dengan air dan gunakan spons basah untuk menyeka kotoran pada sepatu. Sambil menunggu kering, kamu bisa  mengisi sepatu dengan kepalan kertas agar bentuk sepatu tetap terjaga meski dibiarkan semalaman.

2. Deterjen pencuci piring atau sampo

Jika kamu tidak memiliki sabun khusus untuk membersihkan sepatu, deterjen pencuci piring atau sampo bisa menjadi alternatif. Khasiat deterjen pencuci piring atau shampo tidak jauh berbeda dengan khasiat sabun.

3. Penghapus

Belum banyak yang mengetahui bahwa penghapus bisa membatu membersihkan sepatu putih. Eits, penghapus yang dimaksud bukanlah penghapus papan tulis atau penghapus pensil loh ya, tetapi penghapus khusus untuk membersihkan sepatu. Kamu bisa menemukan penghapus ajaib ini  di supermarket perkakas. Untuk penggunaannya kamu cukupp  mengikuti petunjuk yang ada dikemasan penghapus.

4. Cairan pembersih sebaguna

Cara Merawat Sepatu Putih Agar Tetap Bersih

Selain sabun dan air, penggunaan cairan pembersih dengan tisu dapur juga akan sangat membantu untuk membersihkan sepatu putih. Akan tetapi, teknik ini tidak dianjurkan untuk sepatu berbahan leather trainers. Perlu kamu ketahui, bahwa cara ini sangat ampuh untuk mengangkat noda yang tingkat kesulitannya tinggi untuk dibersihkan.

5. Pasta gigi

Selain bekerja untuk membersihkan noda di gigi, pasta gigi juga cukup ampuh untuk membersihkan kotoran dan memutihkan sepatu putih. Perpaduan sikat gigi dan pasta gigi memberi hasil menjanjikan untuk memoles sepatu putihmu menjadi mengkilap lagi. Kamu hanya perlu menyikat sepatumu dibawah pancuran air kemudian basuh perlahan dengan lap bekas. Penggunaan sikat gigi yang memiliki serat tipis akan mampu menjangkau kotoran yang terpencil disela-sela sepatu, dibandingkan dengan menggunakan sikat yang besar.

6. Semir

Pilihlah semir berwarna netral. Sebelum menggunakannya, kamu perlu menguji semir di bagian sepatu yang letaknya tersembunyi untuk memastikan perbandingan warna. Jika sesuai, gosok semir tersebut ke seluruh sepatu dengan gerakan melingkar. Kemudian, gunakan kain bersih atau sikat khusus untuk memoles sepatu. Jika kamu tidak mempunyai polish, petroleum jelly juga bisa jadi alternatif.

7. Pemutih

Mula-mula kamu perlu mencairkan satu bagian pemutih dan pisahkan menjadi beberapa bagia. Kemudian gunakanlah sikat gigi untuk menyikatnya. Sebelum dibilas hingga bersih, diamkan sepatu terlebih dahulu. Selama proses pencucian, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet dan celemek untuk melindungi pakaianmu dari pemutih.

8. Jangan gunakan mesin cuci dan pengering

Penggunaan mesin cuci untuk membersihkan sepau jelas akan merusak sepatumu, bahkan bisa juga merusak mesin cuci itu sendiri. Temperatur panas pada pengering akan menyebabkan karet sepatu yang semula putih menjadi menguning.

9. Bersihkan juga tali sepatu

Jangan sampai karena terlalu fokus membersihkan sepatu, kamu sampai lupa membersihkan talinya. Padahal, tali sepatu yang kotor akan sangat mengganggu citra sepatumu meskipun sepatumu sudah bersih. Kamu hanya perlu melepas tali sepatumu dan menccucinya dengan sabun dan air hangat. Setelah dikeringkan jangan lupa untuk memasangkannya kembali pada sepatu.

10. Berikanlah perlindungan sebelum menyimpan sepatu

Sebelum kamu menyimpan sepatu untuk jangka waktu yang lama, aplikasikan water repellent terlebih dahulu pada sepatumu. Khusus untuk sepatu berbahan kulit, lindungilah dari sinar matahari langsung karena sinar maahari akan membuat kulit sepatu menghitam.


Nah, gimana sobat dengan cara di atas. Semoga artikel Tips Merawat Sepatu Putih Agar Tetap Bersih dapat membantu sobat yang kesusahan dalam menjaga dan membersihkan sepatu putih.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top