Life

Khawatir Tentang Kesuksesan? Berikut Cara Sukses Meski Tak Berpendidikan Tinggi!

Kalau ditanya tentang kesuksesan, siapa sih yang tidak ingin sukses? Namun, lingkungan dan faktor kegagalan sering kali menghambat langkah kita.

Kalau ditanya tentang kesuksesan, siapa sih yang tidak ingin sukses? Namun, lingkungan dan faktor kegagalan sering kali menghambat langkah kita. Padahal setiap orang berhak untuk sukses.  

Tidak ada hak orang lain menentukan bagaimana langkah kita. Sebab, sejatinya kitalah yang mesti mengambil langkah secara mandiri. Begitu pun dengan hak seseorang yang tidak berpendidikan tinggi. Dengan kata lain, anggapan bahwa sukses harus berasal dari perguruan tinggi favorit adalah salah. 

Banyak kok orang sukses meski tak berasal dari institusi pendidikan terkemuka. Jadi jangan pernah khawatir, selama kamu mau berusaha, kamu pasti bisa. Nah berikut ini cara sukses meski tak berpendidikan tinggi. Yuk disimak! 

Meski Tak Berpendidikan Tinggi, Milikilah Mindset Bahwa Kamu Pasti Akan Sukses 

Kamu tentu pernah mendengar bahwa kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Maksud dari kalimat ini apa ya? Kalimat tersebut dapat ditafsirkan bahwa apa yang kamu pikirkan bisa menjadi dorongan untuk dirimu agar menjadi hal tersebut. 

Segala keyakinan ini termasuk dalam mindset. Ketika kamu yakin bahwa kamu akan sukses, pasti kamu sukses. Dengan cara apa pun, tubuhmu akan mendorongmu untuk mewujudkan apa yang ada dalam pikiranmu. 

Tidak masalah jika kamu tak berpendidikan tinggi. Cobalah untuk selalu menerapkan mindset ini. Sebab, ketika kamu selalu menjaga mindset, apa pun yang kamu pikirkan, bisa kamu capai. Percayalah! 

Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas 

Kalau diminta memilih antara bekerja keras atau bekerja cerdas kamu memilih yang mana? Seseorang yang gigih saja tidak cukup. Dengan kata lain, meskipun telah bekerja keras, belum tentu hasil yang didapat sesuai harapan. Artinya kerja kerasmu mungkin tidak menggunakan strategi yang tepat. 

Sementara itu, kalau hanya kerja cerdas, siapa yang melakukan proses panjang? Kesuksesan itu butuh proses. Tidak hanya menyusun strategi dan mengerjakan seperlunya saja cukup. Kamu membutuhkan kedua hal tersebut. 

Meski tak berpendidikan tinggi, kamu bisa melakukan keduanya. Pertama cobalah menyusun rencana strategis untuk meraih impianmu. Apa-apa saja yang ingin kamu capai kemudian tentukan cara mencapainya. 

Selanjutnya bekerjalah dengan alur yang telah kamu buat. Jadikan pekerjaan itu efektif dan efisien. Maksudnya adalah kinerjamu sesuai dengan target yang telah ditentukan serta hasil yang ingin kamu capai. 

Dengan mengombinasikan kedua hal tersebut, tekun melakukannya, kamu pasti akan sukses. Bersabarlah dalam setiap proses yang kamu punya. Jika lelah, jangan lupa beristirahat ya! 

Asah Skillmu dengan Mengikuti Banyak Kelas Pengembangan Diri dan Kompetensi 

Agar tidak kalah dengan mereka yang berpendidikan tinggi, kamu wajib memiliki skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Asah skillmu dengan mengikuti banyak kelas pengembangan diri. Intinya kamu tidak boleh kalah dengan mereka yang menikmati fasilitas pengembangan diri yang demikian. 

Penguasaan skill ini disesuaikan dengan kompetensi yang ingin kamu raih. Misalnya kamu ingin menjadi seorang motivator hebat, tentu publi speaking menjadi kompetensi dasarnya. Adapun jika kamu bercita-cita menjadi seorang penulis, skill yang perlu kamu latih tentunya adalah kemampuan menulis. 

Kembangkan terlebih dahulu skill yang relevan dengan bidang yang kamu tuju. Setelah itu kamu wajib mengikuti kelas pengembangan diri lainnya, seperti kemampuan negosiasi, berbisnis, dan lain sebagainya. 

Meski Tak Berpendidikan Tinggi, Cara Kamu Sukses Yaitu dengan Mengasah Kemampuan Manajerial 

Apalagi yang bisa kamu lakukan meski tak berpendidikan tinggi? Masih banyak kegiatan yang bisa kamu pilih untuk dapat sukses. Salah satunya adalah dengan mengasah kemampuan manajerial. 

Kemampuan manajerial merupakan kemampuan untuk mengordinasi dan mengatur bawahan agar memiliki kinerja yang sesuai. Kemampuan ini dimiliki oleh seorang pemimpin, termasuk dalam kemampuan leadership. 

Dalam kehidupan, kemampuan memimpin sangat penting. Kemampuan yang satu ini tidak muncul secara alami. Jadi jangan khawatir, kamu masih bisa terus melatihnya. Yang perlu kamu lakukan untuk dapat melatih kemampuan ini antara lain sebagai berikut. 

  1. Milikilah jiwa kepemimpinan 

Orang sukses pasti berjiwa pemimpin. Meskipun entah kamu akan menjadi pekerja atau bos, kemampuan memimpin sudah seharusnya kamu miliki. Cara untuk meningkatkan jiwa leadership adalah dengan mengoptimalkan karakter kepemimpinanmu. 

  1. Milikilah kemampuan berkomunikasi yang baik 

Skill manajerial selanjutnya yang perlu kamu miliki adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Setiap orang pasti bisa berkomunikasi. Namun, tidak semua orang mampu mengomunikasikan idenya dengan baik. Untuk itu, komunikasi yang efektif sangat kamu butuhkan dalam berhubungan dengan orang lain. 

  1. Kamu memiliki kecerdasan emosi 

Siapa yang belum dapat mengatur emosinya dapat dikatakan belum mencapai kedewasaan. Sebab, selain memiliki kemampuan berpikir yang baik, orang dewasa pasti akan mudah mengatur emosinya. Nah inilah yang harus kamu miliki. 

  1. Meski tak berpendidikan tinggi, kemampuan berinovasi harus kamu kembangkan 

Meski tak berpendidikan tinggi, kamu bisa sukses dengan cara memiliki pola pikir inovatif. Artinya kamu bisa mengolah ide di sekitarmu sebagai bahan yang mampu kamu andalkan. Nah kemampuan ini sangat berguna dalam mendukung ketercapaian mimpimu yang mesti disesuaikan dengan perkembangan zaman, yaitu dengan cara berinovasi. 

Memperbanyak Relasi 

Kunci sukses lainnya yang bisa dimiliki semua orang meski tak berpendidikan tinggi adalah punya relasi yang luas. Jika kamu memperhatikan, para pemilik perusahaan besar pasti harus memilik relasi agar perusahaannya berkembang. 

Oleh karena itu, kamu harus memperbanyak relasi agar relasi tersebut bisa menjadi pendorong kesuksesanmu. Misalnya ingin sukses berbisnis, relasi bisa menjadi pelangganmu! Atau relasi itu malah menjadi partner bisnis untuk berkembang lebih luas. Nah memiliki banyak relasi sangat penting bukan? 

Baca Juga : Ingin Sukses? Contoh 8 Kebiasaan Orang Jepang Ini

Jangan khawatir mengenai kesuksesan. Meski tak berpendidikan tinggi, kamu pasti bisa sukses kok. Sebab, segalanya tergantung usahamu dalam mencapai kesuksesan tersebut. Jika kamu tidak memiliki lingkungan yang mendukung, ciptakanlah lingkungan tersebut. Jangan lupa untuk mengajak orang di sekitarmu juga ikut sukses bersamamu. 

To Top