Life

Cara Terbaik Merawat Koleksi Buku Anda

Cara Terbaik Merawat Koleksi Buku Anda

Bagi sebagian orang, buku bisa menjadi harta yang paling berharga. Bagi mereka buku bukan cuma bacaan namun juga teman perjalanan hidup, kenangan bahkan guru terbaik. Dari buku kita memang kerap menemukan banyak hal. Itulah mengapa banyak orang yang sangat menyayangi koleksi buku mereka melebih apa pun.

Jika Anda termasuk orang yang menganggap buku adalah harta berharga, tentu Anda tidak ingin buku cepat rusak, bukan? Buku adalah benda yang isinya tak lekang oleh waktu, oleh karena itu Anda perlu merawatnya agar awet sepanjang waktu. Untuk membantu Anda mendapatkan cara terbaik merawat buku, berikut kami memberikan tips untuk Anda.

Sebelum itu, kami berpikir mungkin Anda sebaiknya tahu musuh utama koleksi buku Anda.

Anda harus menjauhkan koleksi buku Anda dari hewan perusak seperti tikus, serangga, rayap, kecoa dan kutu. Juga faktor udara seperti debu, sinar matahari dan cahaya lampu yang terlalu terang. Suhu ruangan juga dapat mempengaruhi keawetan buku. Tempatkan koleksi buku Anda di ruangan yang tidak terlalu terang namun juga tidak gelap, pastikan ruangan tempat menyimpan koleksi buku tidak lembap dan waspadai perubahan suhu yang signifikan.

Hindari membaca sambil makan atau minum, karena buku rentan bernoda sehingga merusak ketebalan kertasnya. Jauhkan buku dari tempat berair dan pastikan Anda tidak keringatan ketika memegang buku.

Musuh utama buku di atas dapat menyebabkan koleksi buku Anda menjadi kekuningan, berjamur, tulisan dalam buku pudar, kertas menjadi kering dan mudah sobek, berbau apek dan berbagai akibat lainnya.

Memilih Ruangan yang Tepat

Ruangan yang baik untuk koleksi buku Anda adalah ruangan yang memiliki suhu tidak berubah-ubah, sejuk dan kering. Memiliki kelembapan maksimal 18 derajat celsius.

Jangan letakkan koleksi buku Anda di gudang bawah tanah atau gudang di loteng rumah.

Ruangan tidak boleh gelap karena akan menjadi faktor pemicu berkembang biaknya serangga perusak seperti kutu dan tikus yang akan menggerogoti buku Anda.

Cara Menyimpan Buku yang Baik

Buku tidak boleh ditaruh di lantai karena akan memengaruhi kelembapannya. Itu berarti, jika Anda menggunakan lemari atau rak buku sekalipun, Anda tidak boleh menaruh buku di barisan lemari atau rak paling bawah.

Jangan menumpuk buku! Susunlah koleksi buku Anda dengan posisi tegak berdiri dan menderetkannya ke samping. Menumpuk buku apalagi menambahkan beban berat di atasnya hanya akan merusak sirkulasi udara yang masuk melalui celah-celah buku. Hal ini jika dibiasakan akan membuat kertas-kertasnya menempel, jilidnya mudah lepas dan huruf-huruf di dalamnya mudah pudar.

Jangan menjejalkan buku. Anda sebaiknya menyediakan rak lebih agar koleksi buku Anda tidak perlu berdesakan. Jika Anda membawa buku saat bepergian pun, jangan menggunakan tas yang ukurannya lebih kecil dari buku Anda. Hal ini menyebabkan buku terlipat atau bahkan sobek.

Sebaiknya tidak mencampur koleksi buku Anda dengan benda lain karena akan mudah membuat buku terkontaminasi. Sediakan rak khusus buku, kalau perlu rak yang memiliki kaca sehingga terhindar dari debu.

Cara Memegang Buku yang Benar

Ketika Anda mengambil buku dari deretan di rak atau lemari buku, cobalah menariknya dengan memegang bagian tengah buku bukan bagian atas buku untuk menghindari terjadinya gesekan. Pastikan tangan Anda kering dari keringat dan bersih dari noda.

Perawatan Ekstra

Cara Terbaik Merawat Koleksi Buku Anda

Sampul setiap buku Anda dengan sampul plastik bening untuk menghindarinya dari terkena debu dan basah. Sebaiknya sampul tidak terlalu ketat karena akan membuat back cover terlipat jika sering dibuka.

Taburkan kapur barus di sekitar area rak atau lemari buku untuk mencegah datangnya kutu, rayap dan serangga lainnya.

Gunakan pengawet tambahan seperti silica gel untuk melindungi koleksi buku Anda lebih lama. Namun, perlu diketahui silica gel pun ada masa kedaluarsanya. Maka, rajinlah mengganti silica gel secara berkala.

Gunakan serap air agar kelembapan udara di ruangan tempat menyimpan buku terjaga.

Pastikan setiap buku memiliki pembatas buku sehingga Anda tidak perlu melipat halaman sebagai penanda.

Jangan gunakan kardus ketika Anda harus dengan terpaksa menyimpan koleksi buku Anda sebab kardus memiliki zat asam yang lama kelamaan dapat membuat buku menjadi kekuningan.

Gunakan lampu khusus yang memang diciptakan agar buku tidak rusak karena pencahayaan malam hari yang tidak tepat. Biasanya lampu ini juga dapat membantu mengusir serangga terbang seperti ngengat yang berpotensi besar merusak koleksi buku Anda.

Rotasikan susunan buku secara berkala sekalian Anda membersihkan debu yang tersebar di antaranya. Pastikan Anda membersihkan rak dan lemarinya juga sebelum Anda menyusun kembali koleksi buku Anda.

Gunakan lemari atau rak berbeda untuk memisahkan buku-buku mahal atau langka dengan buku lainnya. Memisahkan buku favorit yang akan sering Anda baca ulang juga perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan dari gesekan buku tersebut dengan buku lainnya.

Itu dia beberapa tips dari kami. Semoga bisa membantu Anda merawat buku secara benar sehingga koleksi buku Anda awet sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top