Life

Childfree Bikin Pernikahan Bahagia Gak Sih? Simak Faktanya Di Sini!

Childfree Bikin Pernikahan Bahagia Gak Sih

Belakangan ini topik terkait childfree ramai dibahas di dunia maya. Pembahasannya memang sangat seru hingga masuk dalam daftar trending topic beberapa hari lalu. Banyak yang pro, tapi tidak sedikit pula yang kontra. Salah satu yang menjadi alasan adalah biaya, perubahan iklim dan isu kesehatan mental. Bagi yang tidak sepakat, childfree dianggap sebagai langkah egois. Tapi sebenarnya childfree bikin kehidupan pernikahan makin bahagia atau malah kesepian ya? Simak faktanya dulu yuk.

Jaminan Kehidupan Adalah Salah Satu Alasan Untuk Childfree

Beberapa pasangan di dunia memilih untuk tak memiliki anak dengan alasan jaminan kehidupan. Alasan biaya hidup rendah pun juga sangat berperan. Mereka khawatir tak bisa memberikan jaminan Pendidikan maupun kehidupan yang layak untuk anak. Biaya hidup yang makin meningkat untuk ditanggung berdua membuat banyak orang merasa tak siap untuk mengurus anak.

Pandangan Pernikahan Bukan Sekedar Untuk “Mencetak” Anak

Banyak pasangan sadar bahwa pernikahan adalah lembaga untuk menciptakan penerus keturunan. Tapi, bukan berarti semua pasangan di dunia harus mempunyai anak. Mereka yang mengikuti childfree percaya kalau ada tanggung jawab besar yang harus ditopang mulai saat memiliki anak hingga anak tersebut dewasa. Jika tak siap, bukanlah sebuah dosa untuk tak memiliki anak biologis.

Populasi Bumi Yang Semakin Membludak

Selain jaminan kehidupan, banyak pasangan di wilayah Eropa melakukan childfree sebagai bentuk nyata menekan populasi penduduk. Bahkan PBB telah memperkirakan jumlah manusia di bumi akan naik hingga 2 miliar tiap 20 tahun sekali. Artinya di tahun 2100, bumi akan dihuni oleh sekitar 11 sampai 12 miliar manusia.

Lihat Juga: Tuai Pro Kontra, Gita Savitri Devi Ngaku Enggan Miliki Anak

Tak Sedikit Yang Memutuskan Untuk Adopsi Anak

Banyak pasangan childfree di berbagai negara di dunia masih menginginkan hadirnya anak dalam kehidupan mereka, tapi bukan anak biologis, melainkan adopsi. Beberapa orang berpendapat mengadopsi anak adalah salah satu cara untuk mengurangi populasi. Tentunya, biaya mengangkat anak pun tidak murah. Namun untuk sebagian orang, ini merupakan keputusan terbaik.

Childfree Tak Menjamin Kebahagiaan, Begitu Pula Memiliki Anak

Childfree pun bukanlah sebuah jalan pasti untuk mendapat kebahagiaan, sebab masalah dapat datang dari mana saja. Tetapi, memiliki anak juga tidak menjamin kebahagiaan. Bersyukur mungkin adalah salah satu cara untuk merasakan kebahagiaan, bagi mereka yang memahaminya, baik dengan ataupun tanpa anak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top