Life

Sinanthropus Pekinensis: Sejarah Penemuan dan Ciri-Ciri

Sinanthropus Pekinensis

Sinanthropus Pekinensis adalah salah satu contoh manusia purba jenis Homo Erectus yang pernah hidup di dunia. Fsilnya ditemukan di Peking, Cina memiliki persamaan atau sejenis dengan Pithecanthropus Soloensis yang ditemukan di Indonesia.

Sinanthropus Pekinensis merupakan manusia purba yang telah dapat memanfaatkan kekayaan alam yang berada disekitarnya untuk dapat bertahan hidup, namun manusia purba ini belum dapat mengolah tanah dan berternak. Pola hidup Sinantropus pekinensis adalah berpindah-pindah tempat dari suatu tempat ke tempat lain yang dirasa banyak makanannya.

Sinanthropus Pekinensis
Manusia Purba

Pola seperti ini biasa disebut nomaden atau berpindah-pindah. Corak kehidupan dari manusia purba ini hampir sama dengan manusia purba dari Pacitan, Phitecanthropus Soloensis yang sudah mengenal dan menggunakan perkakas yang terbuat dari batu.

Bukti yang menunjukkan hubungan antara Phitecanthropus Soloensis dan Sinanthropus Pekinensis adalah diantara keduanya sama-sama mirip kera yang berjalan tegak.

Manusia purba ini dianggap bagian dari pithecatropus erectus karena memiliki banyak ciri fisik dan non-fisik yang sama, dan keduanya sama-sama hidup di zaman yang sama. 

Berbeda dari manusia purba pada umumnya yang berusia ratusan tahun, Sinanthropus Pekinensis memiliki usia hidup yang sangat pendek yaitu sekitar 14 tahun dan sangat jarang yang sampai berusia 50 tahun.

Proses sejarah penemuaan pertama kali dilakukan oleh Davidson Black sebagai pemimpin penggalian fosil di daratan Cina, di dalam sebuah gua kapur yang terletak di Desa Zhoukodian (kira-kira 40 km sebelah barat Beijing).

Penemuan situs zhoukoudian didekat Beijing yang biasanya penemuan baru suatu fosil manusia purba diberi nama berdasarkan tempat ditemukannya. Hal ini dikarenakan kota Beijing ini dulunya bernama Peking, sehingga manusia purba tersebut diberi nama Sinanthropus Pekinensis, bukan Sinanthropus Beijingensi.

Ciri-Ciri Sinanthropus Pekinensis

Manusia Purba Sinanthropus Pekinensis memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kepala hampir mirip kera
  • Hidung pesek
  • Tulang alis besar
  • Mulut agak sedikit maju
  • Kaki dan tangan mirip dengan manusia modern.
  • Tinggi badan sekitar 165 – 180 cm
  • Bentuk graham besar dengan rahang yang sangat kuat
  • Bagian belakang kepala tampak menonjol.
  • Volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm³.

Perbedaan Pithecanthropus Erectus yaitu Pithecanthropus Erectus manusia kera yang berjalan tegak. Sedangkan Sinanthropus Pekinensis manusia dari utara yang berdiri tegak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top