Life

Ciri Fisik dan Kepribadian Kucing Bengal, Ras Kucing Hutan dengan Harga Fantastis

Ciri Fisik dan Kepribadian Kucing Bengal, Ras Kucing Hutan

Beragam jenis kucing tersebar di seluruh dunia, salah satunya kucing bengal yang berasal dari Amerika Serikat dengan ciri khas corak tutul pada tubuhnya seperti macan tutul.

Meskipun memiliki corak tubuh mirip macan tutul, namun ukuran tubuhnya sangatlah berbeda jauh. Tidak hanya itu, kepribadian kucing ini pun tidak sama dengan macan tutul.

Kira-kira seperti apa ciri-ciri dan kepribadian kucing yang terkenal langka ini? apakah sama dengan jenis kucing populer lainnya? Penasaran? yuk simak baik-baik ulasannya di bawah ini. Tetapi sebelum itu, alangkah baiknya untuk mengenal tentang kucing bengal terlebih dahulu.   

Sekilas tentang Kucing Bengal

Kucing bengal merupakan ras kucing yang berasal dari California, Amerika Serikat. Nama bengal diambil dari bahasa latin, Leopard cat iaitu felinebengalenis. Secara umum sering dikenal dengan Bengal tiger cat.

Kucing ini termasuk kucing hutan yang mana lahir dari hasil persilangan antara kucing American Shorthair dengan kucing asian leopard. dr. Centerwall adalah pelopor lahirnya jenis kucing ini. Awalnya, dia ingin mendapatkan kucing domestik baru dengan pola spotted wild cat dari hasil kawin silang.

Persilangan ini dimulai dari mengawinkan antara kucing American Shorthair dengan kucing asian leopard. Anak betina hasil perkawinan tersebut kemudian dikawinkan kembali dengan ayahnya. Dari perkawinan tersebut, lahirlah ras kucing bengal.

Ciri fisik kucing bengal

Ukuran dan berat badan

kucing bengal

Kucing bengal memiliki ukuran tubuh yang besar dan gagah dengan ekor yang panjang. Ukuran tersebut merupakan turunan dari nenek moyangnya, kucing liar.

Pada umumnya, kucing ini memiliki berat badan yang ideal. Namun, berat badan jantan dan betina sangat berbeda. Untuk bengal jantan dewasa, rata-rata memiliki berat mencapai 10 kilogram, sedangkan untuk betina memiliki berat badan rata-rata 4 – 5 kilogram.

Bentuk kepala

Bentuk kepala kucing

Kepala kucing bengal berukuran besar dan sedikit panjang, namun terlihat lebih kecil daripada tubuhnya. Kucing ini memiliki leher besar dan berotot yang terlihat seimbang dengan ukuran kepalanya. Bentuk hidung besar dan lebar. Telinga yang runcing ke atas dan mata lebar berwarna hijau atau amber.

Warna bulu Kucing Bengal

Warna bulu
Kucing Bengal dan Macan Tutul

Meskipun bulu kucing bengal tidak panjang seperti kucing persia ataupun anggora, namun bulu kucing ini sangatlah lembut dan tebal. Corak warna kucing ini didominasi cokelat atau cinnamon dengan sedikit warna hitam.

Ciri khas kucing ini terletak  pada corak tutul atau bintik-bintik warna cokelat dan hitam yang menyebar di seluruh tubuh.  Pola tersebut yang menjadikan kucing bengal mirip dengan macan tutul. Pada bagian pundak terdapat garis horizontal berwarna hitam dan juga lingaran menyerupai cincin verwarna gelap yang ada di ekornya.

Kepribadian kucing bengal

bengal cat

Kucing bengal termasuk kucing yang aktif dan suka bereksplorasi. Dia sangat menyukai memanjat sesuatu seperti pohon atau langit-langit rumah. Kucing ini termasuk salah satu kucing dengan tingkat kecerdasan tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Biasanya kucing sering menghindari air, tetapi lain halnya dengan kucing yang satu ini. Kucing dari Amerika ini sangat menyukai air.

Meskipun tergolong kucing hutan, kucing yang memiliki nama lain Blacan ini sangatlah penyayang dan mudah bergaul dengan hewan lainnya. Kucing ini juga sangat peka terhadap rangsangan sehingga mudah untuk dilatih.

Nah itulah ulasan mengenai ciri fisik dan kepribadian kucing bengal. Meskipun kucing ini tidak berbulu panjang, namun dibutuhkan perawatan khusus terutama pada bulunya. Usahakan untuk menyisirnya secara rutin dengan menggunakan sikat yang halus.

Jika kalian tertarik memelihara kucing yang mirip dengan macan tutul ini, siapkan dana yang besar ya. Hal ini dikarenakan kucing ini termasuk langka sehingga harganya pun cukup tinggi sekitar 10-40 juta. Kira-kira tertarik untuk membelinya?

To Top