Life

Dampak Mengacuhkan Hal Sepele yang Sering Terulang`

Hey, kalian pasti sering melakukan hal sepele ini namun jarang sekali memperhatikan akibatnya. Bahkan, kalian merasa bodo amat karena belum terlanjur mendpatkan akibat dari apa yang sering kamu lakukan tersebut. Banyak sekali hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Namun, setidaknya kita memperhatikan dampak dari apa yang telah kita lakukan. Bisa saja yang telah kita lakukan merupakan hal sepele yang berakibat fatal. Pasti kalian sering melakukan hal-hal di bawah ini namun enggan untuk berhenti karena sudah terbiasa, bukan?

Siapa sih yang bisa hidup tanpa hp, mungkin hanya segelintir orang di dunia ini. Lebih banyak yang kecanduan hp daripada yang merasa seperlunya saja menggunakan hp. Apalagi di zaman yang serba canggih ini. Para pemegang handphone terlama didominasi oleh anak muda. Terutama anak muda kekinian yang doyan sekali eksis di sosial media. Bahkan setiap menit mereka membuka handphonenya, meskipun tidak ada chat tetap saja asik stalking akun sosial media milik orang lain. Jika sudah berlama-lama memegang hanphone dan daya habis mereka baru kelabakan mengisi daya baterai. Kesalahan kecil yang sering dialami biasanya mencharger handphone sambil menggunakannya, atau mencharger handphone semalaman penuh dan tidak melepasnya tepat waktu. Hal sepele tersebut berdampak merusak handphone itu sendiri terutama pada baterainya, selain itu boros listrik, bahkan bisa membahayakan diri jika mencharger ponsel sambil menggunakannya untuk menelpon.

Kemudian, benda elektronik lainnya yang sering digunakan setiap hari yaitu laptop. Jika kalian menggunakan laptop seperlunya, mematikannya ketika sudah tidak terpakai dan mengisi baterai tepat waktu pasti tidak ada masalah. Akan tetapi, kebanyakan anak muda yang lalai dengan perawatan kecil tersebut. Mereka memakai laptop hingga baterai habis. Selain itu, kesalahan lainnya yaitu mencharger kelamaan bahkan ada pula yang memaksakan baterai lowbat masih dipakai untuk mengerjakan tugas maupun hanya sekedar melihat film. Kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk namun sering kita lakukan.

Membahas barang elektronik memang tidak ada habisnya. Selalu membahayakan diri sendiri jika kita lalai untuk mematikan atau merawat dari hal terkecil saja. Masih banyak sekali benda elektronik yang berhubungan dengan listrik dan kita lalai dalam pemakaiannya. Benda tersebut meliputi setrika yang berbahaya jika salah meletakkannya dan tidak mengecilkan volumnya ketika ditinggal akan membakar baju. Kemudian, hiter atau teko listrik terkadang kita menggunakannya dan lalai bukan hanya air yang kan menguap habis ketika mendidih namun kebakaran juga bisa terjadi jika air benar-benar habis menguap. Beberapa benda di atas yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kita sering salah kaprah menggunakannya.

Jika sudah kena dampaknya semisal handphone rusak atau laptop rusak, bahkan kebakaran karena barang elektronik yang berhubungan dengan listrik kita tinggalkan begitu saja,barulah kita menyadari betapa teledornya kita. So, kita harus berhati-hati ketika menggunakan barang yang rawan terhadap kerusakan. Merawat barang juga bisa dilakukan sebelumnya, agar mencegah terjadinya kerusakan dan pemborosan karena harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki atau membeli baru. Alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan barang seperti ponsel dan laptop seperluya saja dan melepas charge tepat waktu. Hemat listrik juga dapat memberikan kebaikan kepada kehidupan kita sekarang dan selanjutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top