Life

Darimana Datangnya Cemburu? Strategi Efektif Untuk Atasi Rasa Cemburu

Atasi Rasa Cemburu

Perasaan cemburu bisa datang kapan saja dan bisa dialami oleh siapa saja. Ada yang bilang cemburu adalah tanda sayang tapi bagaimana dengan rasa cemburu yang jadinya justru menjadi beban dalam sebuah hubungan?

Darimana Datangnya Cemburu?

Kecemburuan didefinisikan sebagai sebuah emosi negatif yang kuat disebabkan oleh adanya perasaan tidak percaya diri, ketakutan, kekhawatiran dan kegelisahan akan kehilangan sesuatu yang berharga dan dalam waktu yang bersamaan juga merasa tidak pantas untuk mendapatkannya.

Apakah Perasaan Cemburu Harus Dihilangkan?

Walaupun secara teori perasaan cemburu adalah sebuah emosi negatif tapi hal ini tergantung lagi tentang bagaimana cara Anda mengekspresikan perasaan cemburu tersebut. Tentu Anda familiar dengan istilah cemburu buta dimana rasa cemburu yang didominasi oleh perasaan marah dan tidak mau mendengar apapun alasan dibalik rasa cemburu tersebut. Namun, perasaan cemburu, seperti yang sudah dikatakan di atas juga merupakan tanda sayang, tanda bahwa Anda masih peduli dengan orang yang Anda cemburui. Jadi cemburu tak sepenuhnya buruk asalkan Anda tahu bagaimana cara mengendalikan dan atasi rasa cemburu tersebut.

Strategi Efektif untuk Menangani Rasa Cemburu

Katakan

Jika Anda merasa marah, tidak percaya diri dan cemburu, cara terbaik untuk menyalurkan perasaan tersebut adalah dengan mengatakannya langsung kepada pasangan Anda. Menyimpannya dalam hati hanya akan semakin meracuni perasaan cemburu yang sudah ada. Perlu juga Anda ingat bahwa Anda tetap harus tenang dan jangan lupa bahwa mungkin apa yang Anda lihat bukan apa yang sesungguhnya terjadi.

Jangan Terbawa Stress

Stress dan perasaan gelisah merupakan faktor terbesar munculnya rasa cemburu, jadi Anda harus memastikan diri Anda tidak terbawa stress yang berlebihan. Berolahraga, meditasi, makan makanan sehat dan apapun yang dapat membantu Anda mengalihkan stress Anda ke hal-hal yang lebih positif akan membantu menghilangkan perasaan-perasaan negatif yang dapat berakhir pada rasa cemburu.

Bertanyalah

Anda harus jujur kepada diri Anda sendiri terlebih dahulu dan harus dapat menerima apa yang orang lain katakan dari pertanyaan yang Anda ajukan. Jika mereka memang benar-benar memahami Anda maka mereka akan membantu Anda merasa lebih baik. Belajarlah untuk menerima pendapat orang lain dan jangan hanya fokus pada masalah Anda saja. Disini Anda juga belajar tentang keterbukaan yang akan memberikan rasa lega juga meningkatkan kepercayaan antara Anda dan pasangan Anda.

Tanyakan Kepada Diri Anda Sendiri “Apakah Hubungan Ini Yang Saya Inginkan?”

Jika Anda terus menerus membutuhkan pendapat orang lain untuk meyakinkan Anda tentang hubungan yang sedang Anda jalani maka Anda boleh curiga bahwa memang ada yang tidak beres dengan hubungan tersebut. Adakalanya Anda merasa cemburu dan walaupun Anda sudah melakukan yang terbaik untuk mengatasi perasaan itu tapi tetap saja muncul, maka Anda perlu curiga bahwa mungkin memang ada hal-hal yang tidak beres. Jangan sepelekan perasaan tersebut tapi pastikan Anda menangani masalah ini dengan kepala dingin.

Jika Yang Menjadi Akar Masalah Anda Ketidak Percayaan Diri

Salah satu penyebab perasaan cemburu adalah adanya rasa tidak percaya diri. Jika hal ini adalah penyebab utama rasa cemburu Anda berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil:

  • Jangan suka membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain.
  • Setiap fikiran negatif melintas selalu tanyakan kembali kepada diri Anda mengapa Anda bisa sampai berfikiran seperti itu dan jangan langsung terbawa emosi.
  • Selalu ingatkan diri Anda bahwa Anda juga pantas mendapatkan perhatian.

Namun jika pada akhirnya rasa cemburu Anda tersebut membuktikan bahwa memang tidak ada yang beres dengan hubungan Anda dan pasangan maka pertanyakan kembali ketika poin di atas bahwa Anda juga pantas untuk diperhatikan dan dicintai. Jika pasangan Anda tak lagi mencintai dan memperhatikan Anda, untuk apa dipertahankan? Dan selalu berfikir positif tentunya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top