Life

Dekorasi Rumah Agar Keluarga Semakin Betah Selama Masa Pandemi

dekorasi rumah

This post is also available in: English

Di masa pandemi Covid-19, semua orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas di rumah seperti merbah dekorasi rumah karena harus mengikuti kebijakan dari pemerintah. Terlalu sering di rumah pun kadang membuat kita jenuh karena setiap hari kita bertemu dengan tampilan yang sama. Karenanya diperlukan sesuatu yang baru agar kita sebagai pemilik rumah betah tinggal berlama-lama tanpa harus memikirkan untuk refreshing.

Ada salah satu cara yang dapat dilakukan agar keluarga kita betah untuk berada di rumah yaitu mendekor ulang tampilan rumah kita. Meskipun melakukan dekorasi rumah secara minimalis, namun hal itu sangatlah membantu agar menciptakan suasana rumah yang baru dan tentunya tenang, nyaman, dan sejuk. Nah untuk itu, yuk intip tips-tips di bawah ini yang bisa kalian jadikan referensi untuk mengubah tampilan rumah dengan suasana baru. Simak ya

1. Dekorasi ruangan rumah dengan beberapa bunga maupun tanaman

Dekorasi Interior Ruangan Rumah

Dekorasi rumah dengan menambahkan beberapa bunga maupun tanaman dapat menciptakan suasana yang segar dan membuat rumah terlihat lebih hidup. Kalian bisa meletakkan tanaman dengan ukuran yang cukup besar di beberapa sudut ruangan dan jangan lupa di atas meja ruang tamu letakkan vas bunga kecil untuk mempercantik ruangan.

Kalian bisa menggunakan bunga palsu atau tanaman artifisial agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Menemukan bunga palsu atau tanaman artificial pun saat ini sangat mudah. kalian tinggal memilih ingin menambahkan bunga atau tanaman apa sebagai dekorasi.  

2. Letakkan lilin beraroma di dalam rumah

Dekorasi rumah dengan lilin

Meletakkan lilin beraroma di dalam rumah bisa membuat suasana tenang dan nyaman. Cahaya lilin beserta aroma yang dikeluarkan membuat semua pikiran seakan-akan lenyap. Oleh karena itu, carilah lilin dengan aroma yang dapat menciptakan suasana yang hangat dan tenang. Kalian bisa memilih aroma lavender maupun rosemary.

3. Ubah Dekorasi Interior Ruangan Rumah

Dekorasi Interior Ruangan Rumah
Dekorasi Ruangan Rumah

Agar keluarga betah di rumah, kalian bisa mempertimbangkan untuk mendekor ulang desain interior ruangan. Di sini kalian bisa menata ulang furniture yang ada di dalam rumah dengan posisi yang baru. Misalkan kalian ingin memiliki ruang tamu yang terbuka, maka kalian bisa menata ulang sofa dan meja di posisi lain agar ruangan terlihat lebih luas. Kalian bisa cari cara lain untuk menyesuaikan kembali agar segala sesuatu tertata rapi, segar dan terlihat baru.

4. Ubah Dekorasi Rumah ruang kosong menjadi ruangan kerja yang nyaman

dekorasi kamar ruang kerja

Di masa pandemi ini, banyak orang yang bekerja dari rumah atau work from home. Bagi yang terbiasa ke kantor, mungkin bekerja dari rumah akan terasa sulit. Untuk itu, jika ada ruangan yang tidak terpakai, ubahlah menjadi ruang kerja yang nyaman. Tambahkan meja kerja, lampu kerja, dan tempat-tempat untuk menyimpan alat-alat tulis maupun tempat untuk menyimpan berkas.

Kalian bisa menambahkan tanaman artifisial di sudut ruangan untuk menciptakan suasana yang segar.  Hiasi juga ruang kerja dengan wallpaper-wallpaper untuk mempercantik ruangan sekaligus menambah semangat ketika kita mengalihkan pandangan dari layar laptop.

5. Buang barang yang tidak diperlukan

Ingin tampilan rumah yang rapi dan simpel, pakailah barang-barang yang digunakan dan buang barang yang tidak diperlukan. Hal itu juga bertujuan untuk meminimalisir barang yang ada di dalam sebuah ruangan dalam rumah sehingga rumah tidak akan terlihat kelebihan barang.

Biasanya pasti kita sering menumpuk barang sudah lama tidak digunakan, bahkan seringkali kita lupa kalau memiliki barang tersebut. Nah, mumpung berada di rumah, pilihlah barang-barang yang memang diperlukan karena dijamin rumah akan rapi dan juga bersih. Jika memang tidak dibuang, kalian bisa menyimpannya di gudang.

6. Makeover kamar dengan konsep aesthetic

dekorasi kamar rumah
Dekorasi Kamar Rumah

Melakukan makeover kamar menjadi salah satu hal yang membuat kita akan betah di rumah. Kalian bisa mengubah desain kamar dan ubah cat kamar dengan warna-warna yang cerah bisa menjadi solusi karena memberikan suasana yang segar. Jangan lupa untuk tambahkan wallpaper untuk mempercantik dekorasi rumah.

Saat ini, dekorasi kamar dengan menggunakan konsep aesthetic sedang viral di media sosial. Banyak konten-konten di Youtube menyajikan video tentang makeover sebuah kamar dengan konsep aestethic untuk mendapatkan suasana kamar yang nyaman dan tentunya cocok untuk dijadikan background foto. Konsep aesthetic yang lagi trend saat ini adalah mengubah desain kamar dengan tampilan warna monokrom seperti abu-abu, hitam dan putih mulai dari dinding hingga barang-barang yang akan digunakan.

7. Ubah barang-barang yang tidak berguna menjadi barang baru

dekorasi rumah

Aktivitas ini disebut dengan DIY dimana kita membuat barang sendiri berdasarkan kreativitas tanpa bantuan dari orang lain. Kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat barang baru. Sebagai contoh kita bisa memanfaatkan stik ice cream bekas untuk dibuat bingkai foto, tempat lampu maupun jam dinding dan barang-barang bekas lainnya.

Baca Juga : Pernak pernik Hits Bikin Kamar Semakin Keren

Dengan hal ini tentunya kita akan mendapatkan dua keuntungan yaitu bisa melatih kreativitas dalam diri sendiri dan juga kita bisa menggunakan barang-barang tersebut untuk menghias ruangan rumah.

8. Dekorasi Teras Rumah dengan konsep dinding hidup

dekorasi rumah
Dekorasi Teras Rumah

Saat ini banyak sekali jenis tumbuhan yang memiliki batang dan rating yang kuat dan berdaun lebat. Jenis tumbuhan inilah yang biasanya digunakan untuk dinding hidup. Untuk merubah suasana, kalian bisa menggunakan jenis tumbuhan ini untuk mempercantik dinding di tempat bersantai yang ada di rumah. Tambahkan dengan meletakkan meja dan kursi yang sesuai konsep yang digunakan.

Dengan demikian, keluarga kalian bisa bersantai sekaligus menikmati suasana yang sejuk yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman yang ada di dinding.  Tetapi jangan lupa untuk selalu merawatnya agar daunnya tetap rapi dan enak dipandang.

9. Hias dinding teras yang terbengkalai

dekorasi rumah
Dekorasi Dinding Rumah

Jika dinding teras yang ada di rumah kalian lebar dan dalam keadaan polos, maka kalian bisa menghiasnya dengan tanaman berpola. Hias secara selang-seling sehingga dinding tidak sepenuhnya berisi tanaman. Di sini kalian bisa menambahkan material kayu dengan pola tertentu untuk membantu mempercantik dinding. Dengan adanya hiasan di dinding teras tentunya akan menyegarkan mata sekaligus penghilang rasa capek setelah sepanjang hari kalian berada di luar rumah.

10. Pertimbangkan untuk mendekor interior kamar mandi

Pertimbangkan untuk mendekor ulang interior kamar mandi dengan mengisi furniture-furniture menarik dan fungsional. Kamar mandi yang memiliki desain interior menarik bisa membuat suasana yang tenang sehingga kalian bisa “me time” di kamar mandi. Untuk mendukung suasana tersebut, kalian bisa menambahkan lilin beraroma yang menjadikan kamar mandi kalian seperti ruang spa pribadi.

11. Letakkan pemutar musik di ruangan

Apabila keluarga kalian suka mendengarkan musik, kalian bisa meletakkan speaker maupun pemutar musik seperti gromofon untuk memutar musik-musik klasik atau lagu-lagu lainnya yang membuat suasana ruangan menajdi tenang. Dengan demikian, hal ini dapat membantu keluarga kalian jauh dari stress.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kalian jadikan referensi untuk mengubah tampilan rumah yang mana membuat keluarga semakin betah di rumah. Untuk itu, kita memerlukan suasana rumah yang baru agar semakin betah untuk berada di rumah.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top