Life

Dengan Hal Kecil Berikut, Bunda dapat Membuat Dompet tetap Sehat

Seorang wanita bahkan yang sudah menjadi ibu rumah tangga pastinya harus memiliki banyak kemampuan untuk mengurus anak dan keluarga. Meskipun memiliki pekerjaan sendiri, mengatur keuangan dan pengeluaran tetap menjadi prioritas utama. Hal tersebut akan berkesinambungan dengan masa depan keluarga, baik keinginan untuk memiliki tabungan maupun pendidikan anak. Jika wanita berpenghasilan harus pandai mengatur keuangan apalagi wanita rumah tangga biasa yang mengandalkan penghasilan suami, mereka juga harus lebih pandai mengatur keuangan. Bunda jangan khawatir apabila penghasilan pas-pasan. Banyak sekalia cara yang bisa dilakuakan ibu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran maupun mendapatkan penghasilan sendiri. Simak hal-hal kecil berikut yang bisa bunda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menanam Sayuran untuk Menghemat Belanja Bahan Makanan

Harga bahan pokok makanan dan sayuran memang tidak bersahabat dengan kantong bunda saat ini. Bahkan keadaan tersebut mengharuskan bunda memutar otak agar tetap bisa menikmati makanan yang bergizi, memberikan uang saku kepada anak, membeli susu anak hingga keperluan rumah tangga ainnya serta kebutuhan mendadak yang tidak terduga. Untuk menghemat pengeluaran, bunda bisa melakukan hal kecil dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Bunda bisa menanam beberapa tanaman sayuran seperti cabe, tomat, terong, pare dsb. Sayuran yang sekiranya mudah ditanam bisa bermanfaat untuk dipanen dan diolah. Hal tersebut membatu meminimalisir pengeluaran bunda.

Jangan Sepelekan Recehan, Jika Menumpuk akan Bermanfaat

Hal kecil berikutnya yaitu mengenai uang receh atau koin. Terkadang, ibu-ibu gengsi untuk menyimpan uang receh. Kemudian, menggeletakkannya di sembarang tempat. Padahal, jika menumpuk banyak akan sangat bermanfaat untuk keperluan. Meskipun nominalnya tidak bisa memebeli suatu barang mewah, namun tetap akan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

Menggunakan Keahlian Agar Mendapatkan Pemasukan Tambahan

Nah, ini yang perlu diperhatikan oleh ibu rumah tangga. Bagi, Anda yang tidak memimiliki pekerjaan alias mengandalkan gaji dari suami, Anda bisa sedikit memutar otak untuk mendapatkan uang tambahan. Sekedar jualan pulsa atau jualan makanan ringan. Bahkan, jika Anda memiliki keterampilan seperti menjahit ataupun merajut bisa saja membuat produk semisal baju untuk anak Anda sendiri. Akan menghemat pengeluaran bukan? Syukur banget jika Anda bisa memasarkan produk yang Anda buat, pemasukan bertambah banyak.

Memasak Bekal Menarik untuk Anak

Yang satu ini juga dapat bermanfaat untuk mengatur keuangan bahkan kesehatan bagi anak. Jika, bunda bisa memberikan uang saku kepada anak dan membawakannya bekal yang menarik membuat anak senang dan sehat. Masakan yang sehat dan menarik akan mengurangi minat anak untuk jajan di sekolah. Hal tersebut bukan hanya memproteksi anak dari segi kesehatan namun juga mendidik anak untuk berhemat maupun menabung.

So, hal kecil apa yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kesehatan dompet. Bunda sangat diandalkan dalam mengurus rumah dari segi kebersihan, kedisiplinan, kesehatan, keuangan hingga pendidikan anak. So, keseimbangan masing-masing aspek tersebut sangat diperhatikan akan semuanya tercukupi dengan baik. Jika kantong bunda sehat, pikiran juga tenang dan bisa bersemangat untuk mengurus rumah, suami dan anak.  Kemudian, hasil dari saving bisa untuk melakukan liburan sederhana bersama keluarga. Selamat mencoba ya, Bun!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top