Life

Harus WFH, Inilah Ide Desain Ruang Kerja Yang Nyaman Dan Simple

desain Ruang Kerja Yang Nyaman Dan Simple

This post is also available in: English

Di tengah kondisi seperti sekarang ini, beberapa perusahaan memberlakukan sistem Work From Home bagi beberapa pekerjanya. Hal itu dilakukan untuk mengikuti kebijakan pemerintah sekaligus memutus rantai penyebaran virus covid-19. Dengan adanya sistem ini, mau tidak mau seseorang harus melakukan pekerjaannya dari rumah. Namun, tidak banyak orang yang memiliki ruang kerja di rumahnya. Punya ide desain ruang kerja yang menarik?

Untuk itu, seseorang harus memiliki ruang kerja pribadi di rumah. Keuntungan dari itu semua adalah seseorang bisa mendesain ruang kerja tersebut sesuai dengan keinginannya sendiri, bahkan di tengah pandemi ini, seseorang disarankan untuk melakukan Dekorasi Rumah Agar Keluarga Semakin Betah Selama Masa Pandemi.

Memanfaatkan Ruangan Kosong

Kalian bisa menggunakan ruangan kosong yang ada di rumah kalian untuk ruang kerja sementara. Mengenai desainnya sendiri, tidak perlu secara berlebihan. Cukup desain ruang kerja seminimalis mungkin namun tetap nyaman digunakan karena dengan mendesain ruangan yang sesuai dengan keinginan kita dipercaya bisa berpengaruh pada kinerja di pekerjaan dan tentunya membuat kita semakin betah meskipun bekerja dari rumah. Berikut ini ide-ide yang bisa digunakan dalam mendesain ruang kerja yang nyaman sekaligus sesuai dengan keinginan kita. Yuk simak baik-baik ya!

Ide-ide Desain Ruang Kerja Di Rumah Yang Nyaman Dan Simpel

Desain Ruang Kerja
1. Desain ruang kerja dengan warna favorit

Jika kita memiliki ruang kerja di rumah, kita bisa mendesainnya sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa memilih mulai dari cat dinding, furniture, aksesoris meja, dan barang-barang lainnya yang sesuai dengan warna favorit untuk diletakkan di ruang kera. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan ruang kerja yang ada di kantor yang memiliki desain yang membosankan.  Dengan desain yang sesuai dengan keinginan kita tentunya membantu meningkatkan semangat dalam melakukan pekerjaan meskipun dari rumah

2. Gunakan warna cerah pada dinding ruang kerja

Saat ini, konsep ruangan yang lagi viral adalah ruangan minimalis yang aestethic dimana di dalam ruangan penataan barang sangat rapi dan seminimalis mungkin. Biasanya konsep aestethic ini mulai dari cat warna, furniture seperti meja, kursi, almari, sofa, wallpaper dinding, dan yang lainnya  memiliki warna yang senada atau berhubungan. Sebagai contoh kalian bisa gunakan warna dinding putih ataupun cokelat muda yang mana warna-warna tersebut banyak dipakai oleh orang-orang untuk mendesain ulang ruangannya.

Penggunaan warna dinding yang cerah dinilai bisa membantu meningkatkan kerja otak sehingga kita akan mudah untuk konsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, warna cerah pada dinding ruangan dapat mempengaruhi mood seseorang. Dengan mood dan konsentrasi yang bagus tentunya membuat kita akan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan kita yang menumpuk.

3. Gunakan kursi dengan desain yang nyaman

Keuntungan bekerja dari rumah yaitu kita tidak perlu lagi merasakan kursi kantor yang kadang keras sehingga membuat kita kesakitan ketika duduk. Bekerja dari rumah berarti kita akan menggunakan ruang kerja pribadi yang telah didesain sesuai dengan keinginan kita termasuk kursi. Kita bisa memilih kursi sendiri yang tentunya memberikan kenyamanan bagi kita ketika bekerja. Saat ini, banyak sekali desain kursi untuk bekerja yang ada di pasaran. Tinggal bagaimana kita mencari kursi yang benar-benar nyaman digunakan sekaligus sesuai dengan konsep ruang kerja di rumah. Kursi yang nyaman tentunya akan membuat kita semakin betah untuk bekerja.

4. Taruh beberapa lilin beraroma di ruang kerja

Kenyamanan dalam bekerja adalah hal yang paling penting. Meskipun kita bekerja dari rumah, kita harus tetap memikirkan rasa nyaman ketika bekerja. Setelah mendesain ruangan dengan warna favorit dan penggunaan kursi yang nyaman, menaruh beberapa lilin beraroma dapat menjadi pilihan untuk melengkapi desain ruang kerja di rumah.

Kalian bisa gunakan lilin dengan aroma yang disukai. Pilih aroma yang menenangkan. Tidak hanya memiliki aroma yang menenangkan, pilihlah lilin yang memiliki bentuk dan desain menarik. Selain menjadi hiasan, bentuk menarik dari lilin bisa kita gunakan sebagai objek pemandangan saat kita merasa jenuh dengan banyaknya pekerjaan. Saat sudah mulai stress, kalian bisa mulai menyalakan lilin di sekitar ruang kerja agar suasana bisa tenang kembali.

5. Desain ruang kerja dengan pencahayaan yang mendukung

Ketika akan mendesain ruang kerja, carilah ruangan yang mendapatkan pencahayaan cukup dari sinar matahari saat pagi karena hal itu bisa menciptakan kondisi ruangan kerja yang sehat dan sejuk. Pastikan juga ruang kerja kalian memiliki jendela yang cukup besar agar sirkulasi udara bisa keluar masuk dengan mudah.

Untuk digunakan pada malam hari, hindari penggunaan lampu yang menghasilkan cahaya terang. Kalian bisa gunakan lampu meja yang sinarnya lebih terfokus ke satu area. Pilih lampu meja yang sesuai dengan konsep desain ruangan kerja kalian. Jangan lupa untuk warnanya sesuaikan dengan warna favorit kalian maupun warna yang mendukung konsep ruangan.

6. Tambahkan sofa bed maupun single sofa

Jika pekerjaan menumpuk seringkali kita lupa untuk beristirahat. Bahkan banyak orang yang kadang tertidur diatas meja akibat terlalu lelah dengan banyaknya laporan-laporan yang harus dikerjakan dan sangat malas untuk beranjak dari kursi kerja.

Dengan adanya sofa bed maupun single sofa dalam ruang kerja di rumah setidaknya dapat dimanfaatkan oleh seseorang jika lelah dengan semua pekerjaan dan ingin beristirahat sejenak sembari mengumpulkan tenaga. Carilah sofa bed maupun single sofa yang sesuai dengan konsep yang digunakan dalam mendesain ruang kerja agar semuanya terlihat matching.

7. Pilih rak buku yang sesuai dengan keinginan

Rak buku bisa juga digunakan sebagai pendukung untuk desain ruangan kerja kita. Pilih rak buku dengan desain yang sesuai dengan konsep ruangan kerja kita. Apabila kita menginginkan desain ruangan yang minimalis, kalian bisa gunakan rak buku dari besi atau floating. Desain rak buku tersebut akan memberikan kesan luas pada ruangan kerja meskipun nyatanya ruangan sedikit sempit.

8. Desain meja kerja yang akan digunakan

Meja kerja merupakan furniture utama yang harus ada di ruang kerja. Ketika memilih meja kerja yang akan digunakan, sebaiknya pilihlah berdasarkan kegunaan sekaligus kenyamanannya. Jika digunakan di ruangan yang sempit, bisa menggunakan meja kerja yang dapat dilipat ke tembok. Selain itu, meja kerja dengan banyak tempat penyimpanan atau storage juga cocok untuk ruangan kerja yang minimalis. Yang perlu diingat adalah pastikan bahwa tinggi meja harus sesuai dengan tubuh sehingga tidak membuat tubuh menjadi lelah ketika bekerja.

9. Taruh karpet agar menampilkan kesan ruang kerja yang santai

Karpet biasanya di letakkan di ruang tamu maupun kamar tidur. Penggunaan karpet di ruang kerja sangat jarang dilakukan. Padahal dengan meletakkan karpet di ruang kerja rumah akan memberikan kesan yang homey sekaligus kenyamanan bagi yang sedang bekerja. Hal ini tidak akan didapatkan di ruang kerja yang ada di kantor.

10. Meletakkan beberapa ornamen dinding

Meletakkan beberapa ornamen di dinding bisa dijadikan pilihan dalam mendesain ruang kerja di rumah. Pilihlah ornamen-ornamen yang memang dibutuhkan saja. Dengan adanya ornamen-ornamen ini dapat mempercantik ruangan kerja pribadi kita di rumah. 

11. Letakkan beberapa tanaman sebagai hiasan

Saat ini, mendesain suatu ruangan dengan meletakkan tanaman sebagai hiasan menjadi pilihan yang tepat. Adanya tanaman di ruang kerja ini bisa menyejukkan pikiran kita ketika sedang stress dengan pekerjaan. Tidak hanya itu, tanaman ini bisa membuat ruangan menjadi segar dan tentunya dapat meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga : Baca Karakter Orang dari Meja Kerjanya

Bagaimana dengan ide-ide di atas? kira-kira apakah kalian masih ragu untuk mendesain ruangan kerja di rumah? Jika kalian termasuk salah satu pekerja yang bekerja dari rumah, ide-ide di dalam artikel ini tentunya berguna bukan. Kalian bisa desain ruangan kerja sesuai dengan keinginan kalian mulai dari sekarang. Selamat mencoba!

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top