Life

Diantara Solo dan Jogja, Mengenal Batik Mengenal Budaya

Diantara Solo dan Jogja, Mengenal Batik Mengenal Budaya

Batik bukan sekedar warisan budaya dan menjadi pakaian nasional bagi bangsa Indonesia. Batik juga bukan sekedar kain motif yang dibentuk kemudian menjadi pakaian yang diminati banyak orang. Namun, batik memiliki sejarah dan perkembangan yang begitu pesat dan luas. Pada setiap daerah memiliki batik dengan nama dan makna yang berbeda-beda. Simbol-simbol daerah terntu pun bisa menjadi inspirasi tersendiri dalam pembuatan batik.

Perkembangan dan variasi tentunya membutuhkan seseorang yang ikut serta dalam berbagi inovasi. Tak kenal usia, tua maupun muda wajb melestarikan budaya dan berhak untuk berapresiasi dengan karyanya. Sebelum berjalan jauh menunjukkan apresiasinya terhadap warisan budaya yang bernama batik, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa seseorang memiliki wawasan mengenai seni budaya terutama pada batik itu sendiri. Mengenal batik dan makna motifnya serta asal batik tersebut juga menjadi salah satu hal terkecil yang harus dipelajari. Simak beberapa motif batik dan maknanya dari beberapa daerah yang begitu terkenal dipasaran.

Selain itu, pakaian batik juga masih eksis menjadi pakaian harian layaknya pakaian keraton. Solo dan Jogja menjadi pusat budaya yang sangat menghargai keberadaan batik. Dari segi motif dan warna, antara batik solo dan jogja memiliki perbedaan sendiri. Adapun perbedaan dan filosofi-filosofi yang terkadandung dalam motif batik solo dan jogja diulas sebagai berikut;

Batik Solo

Batik Solo yang paling terkenal yaitu batik parang, batik sidomukti dan batik truntum. Batik parang sendiri juga masih dikembangkan menjadi beberapa motif seperti parang gendreh, parang tuding dan parang rusak. Batik parang dianggap sakral karena dipakai oleh keluraga keraton. Namun, sekarang sudah beredar di masyarakat umum.

Batik parang

Motif sidomukti

Batik Sidomukti Solo

Motif sidomukti juga tidak kalah populer dengan batik motif parang. Motif ini juga sering digunakan untuk acara adat seperti pernikahan. Sidomukti berarti jadi hidup makmur dan berkecukupan. Dengan filosofi tersebut dimaksudkan agar pengantin daoat mengarungi bahtera rumah tangga dengan langgeng dan dilimpahi rejeki

Motif Sawat

contoh motif batik sawat solo

Motif sawat memiliki makna nafsu yang diambil dari kata syahwat. Dahulu, motif tersebut hanya digunakan oleh raja dan keluarganya. Motif yang terbentuk menyerupai sayap burung garuda tersebut diyakini sebagai kendaraan Dewa Wisnu. Bagi pemakainya diharapkan mampu terlindungi dalam kehidupannya.

Batik Jogja

Ciri khas batik jogja yaitu memiliki latar hitam dan putih. Kemudian untuk warna batik sendiri bisa coklat soga maupun biru tua kehitaman. Ragam hias yang menjadi ciri khas batik soga bisa geometris maupun non geometris. Pada hiasan geometris meliputi ceplok, kawung, garis miring lerek, anyaman dsb. Selanjutnya pada hiasan non geometris bisa berupa semen, lung-lungan dan boketan. Beberapa motif yangkhas di jogja sebagai berikut;

Motif Kawung

Batik motif kawung semar

Motif kawung sangat populer di masyarakat. Motif ini memiliki filosofi keperkasaan dan keadilan. Kemudian pada motifnya sendiri berbentuk pola bulatan mirip buah kawung. Beberapa orang memiliki anggapan lain dengan menyebutnya lembaran bunga lotus.

Motif Truntum

truntum batik pattern

Batik ini bermakna cinta yang tumbuh kembali, cinta yang tulus, vinta yang subur dan berkembang yang dalam istilah jawa berarti tumaruntum. Nah, karena maknanya berkaitan dengan asmara dan percintaan, batik ini biasanya digunakan oleh para pengantin

Motif Pamiluto

Motif Pamiluto

Motif batik pamiluto merupakan gabungan beberapa unsur motif lainnya meliputi, parang ceplok, truntum, dsb. Batik tersebut memiliki makna perekat atau tertarik yang dalam bahasa jawanya adalah kepilut atau pulut.

Perbedaan motif batik kedua kota di atas hanya segelintir motif saja. Masih banyak motif lain yang sudah ada sejak jaman dulu maupun mengalami perkembangan dan inovasi. Memakai batik sama dengan menghargai warisan budaya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top