Life

Sering Dilupakan, Berikut 8 Faktor Pendorong Sukses

Faktor Pendorong Sukses

This post is also available in: English

Setiap orang tentu ingin sukses bukan? Terlepas dari informasi apa yang kamu cari atau tindakan apa yang kamu lakukan, ternyata masih terdapat faktor pendorong sukses yang sering kita lupakan. Nah yuk kepoin apa saja faktornya! 

Melalui Berbagai Macam Kegagalan Merupakan Pendorong Sukses Kamu 

Kamu tentu pernah mendengar bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Artinya, ketika mengalami gagal, berarti sebentar lagi kamu akan sukses bukan? Hanya saja kegagalan itu menjadi penunda langkahmu

Pertanyaannya apakah kamu akan melangkah lagi? Atau mungkin kamu malah menghentikan perjalanan sukses yang telah kamu tenpa prosesnya? Nah segala pendorong sukses tersebut sering kali kita lupakan. 

Yakinilah bahwa kegagalan menjadi proses kamu menuju kesuksesan. Sebab, tidak ada orang sukses yang tidak pernah gagal. Siap menempa diri dengan proses yang lebih berarti? 

Bangga kepada Diri Sendiri 

Satu lagi ini yang sering kita lupakan. Apresiasi diri merupakan faktor yang penting lho! Sebab kamu berjuang tentu dengan usahamu sendiri. Ketika gagal, sikapmulah yang paling menentukan. Meskipun banyak meminta pendapat orang lain, segalanya tetap tergantung darimu. 

Nah apresiasi diri dengan bangga kepada diri sendiri merupakan faktor pendorong sukses. Kalau kamu saja tidak bangga dengan prosesmu, lalu bagaimana kamu akan terus berjuang? Ketika lelah yang ada kamu malah memaki diri. Nah mulai 2021 ini, yuk apresiasi segala perjuanganmu. 

Ingat, Menjadi Sibuk Tidak Sama dengan Menjadi Produktif 

Menjadi sibuk tidak sama dengan produktif. Coba perhatikan faktor pendorong sukses yang sering kita lupakan ini. Ketika kamu menghubungi seseorang dan mendapat jawaban bahwa ia sibuk, akhirnya kamu enggan menghubungi lagi karena takut mengganggu. 

Alhasil, kamu bisa melabeli orang tersebut merupakan orang yang sibuk. Padahal sebenarnya orang yang memiliki kegiatan banyak bisa disebut sebagai orang produktif. Dengan kata lain, orang sibuk tidak sama dengan orang produktif. 

Orang produktif selalu dapat mengatur kegiatannya dengan seimbang. Kapan harus fokus bekerja, kapan ada waktu luang, dan kapan harus istirahat. Nah ingat kembali, jadilah orang yang produktif, tidak hanya sibuk. 

Bukan Menjadi Pendorong Sukses, Ketakutan Malah Menjadi Sumber Penyesalanmu 

Ketakutan merupakan sumber penyesalanmu. Jelas hal ini bukan menjadi faktor pendorong sukses. Namun, yang ada kita sering kali mengkambinghitamkan hal ini sebagai faktor kegagalan kita. Salahkan bersikap demikian? 

Ketika kamu melangkah dengan rasa takut, atau terpaksa karena harus segera bertindak, pasti langkahmu menjadi ragu-ragu. Akhirnya, hasil yang kamu dapat pun merupakan buah keraguanmu. Sebagian besar orang mengaku menyesal saat mereka bertindak dengan keraguan. 

Ingat, orang sukses harus berani. Setiap apa yang berada di depanmu, hadapilah dengan tegas. Jangan sampai kamu menyesal hanya karena sikapmu yang selalu diliputi rasa takut. 

Ingat Bahwa Hidup Ini Singkat, Segeralah Bertindak 

Hidup ini singkat, maka segeralah bertindak. Pendorong sukses yang satu ini sering kita lupakan karena rasa malas kita. Ketika sedang tidak bersemangat, akhirnya diri menjadi malas, enggan melakukan apa-apa. 

Padahal kalau mengingat betapa singkatnya hidup, pasti kita akan bertindak dengan cepat. Maksudnya kita akan melangkah dengan segenap usaha agar bisa mendapatkan hasil dengan segera pula.  

Nah kalau sudah mengingat hal ini, semoga tidak ada lagi rasa malas yang menghampiri. Atau, kita menjadi mampu melawan malas itu dan memperbanyak tindakan kita untuk mencapai kesuksesan. 

Pendorong Sukses Berasal dari Tindakanmu Membangun Hidupmu Kelak 

Tindakanmu saat ini selalu berpengaruh terhadap dirimu di masa depan. Kalau kamu sekarang malas, dirimu di masa depan pun tidak mungkin mencapai hasil yang gemilang. Sebab, segala usaha kita merupakan cerminan hasil yang kita dapat. 

Hasil tentu tidak akan mengkhianati usaha bukan? Untuk itu, penting sekali mengingat apa yang kita kerjakan saat ini selalu berdampak terhadap diri kita di masa depan. Jangan sesekali mengabaikan pendorong sukses yang satu ini guys! 

Perubahan Tidak Bisa Dihindari 

Perubahan tidak bisa dihindari, kita harus menerimanya. Siapa pun tentu sepakat bahwa manusia tidak bisa menghindari perubahan. Yang bisa kita lakukan adalah menerima dan beradaptasi dengan perubahan itu. Tujuannya agar kita tidak tergilas zaman dan selalu mampu survive di dunia ini. 

Namun sering kali faktor pendorong sukses ini terlupakan karena kadang kita memaki segala perubahan. Hal ini disebabkan oleh anggapan kita bahwa rencana harus sesuai dengan harapan. Padahal perubahan lingkungan di tengah jalan harus siap kita hadapi. 

Motivasi dari Orang yang Tepat Selalu Dapat Menjadi Pendorong Sukses mu 

Kalau sedang tidak bersemangat, apa kamu merupakan tipe yang selalu mencari motivasi? Nah hadirnya motivator-motivator hebat sangat berperan dalam hal ini. Dengan mendengar setiap kata motivator, diri kita menjadi lebih bersemangat. 

Meskipun segalanya ditentukan oleh diri sendiri, faktor eksternal ini berpengaruh lho! Dengan pacuan semangat dari motivator, diri kita bisa tersadarkan untuk segera bangkit. Tak heran kalau kita sedang merasa gagal, sembari mengevaluasi diri, kita mencari inspirasi dari para motivator. 

Nah sekarang kamu kembali diingatkan faktor pendorong sukses yang ternyata sering dilupakan banyak orang. Ingat, selama masih ada waktu dan kesempatan, teruslah berusaha. Sementara ketika merasa gagal, segeralah untuk introspeksi diri, mengevaluasi diri. 

Baca Juga : Kamu Bisa Menjadi Sukses dengan Memiliki 7 Kepribadian ini

Jangan sampai terlena dengan kesenangan yang memperdayakan hingga kamu lupa sederetan faktor penting tersebut. Bagaimana, sudah mau untuk bangkit kembali bukan? Semangat sukses! 

To Top