Life

Festival Kuliner Fenomenal Dunia

Festival Kuliner Fenomenal Dunia

Festival merupakan hari atau pekan kegembiraan yang dirayakan dalam rangka peringatan peristiwa penting, bersejarah atau sesuatu yang khas pada suatu daerah. Karena itu, berbilang festival yang ada di dunia sangat beragam macamnya. Dari mulai yang biasa-biasa saja dan sudah sering kita saksikan, sampai yang sangat unik serta fenomenal. Bagi kamu pecinta kuliner, festival dari ranah inipun banyak macamnya. Yang akan kita kedepankan kali ini bisa jadi membuatmu sangat tertarik atau malah melihatnya sebagai sebuah keanehan. Berikut ini adalah 6 festival fenomenal dunia yang siapa tahu membuatmu tertarik dan penasaran, sehingga bisa kamu masukkan dalam itinerary pada saat berniat untuk traveling.

Yuma Lettuce Days, Yuma, Arizona, Amerika Serikat

Festival ini diselenggarakan secara tahunan dan telah berlangsung kurang lebih selama 18 tahun lamanya. Sayangnya tahun 2017 ini acara tersebut batal terselenggara, sehingga sampai saat ini, festival ini terakhir kali terselenggara pada tanggal 27 dan 28 February 2016 lalu. Yuma sangat dikenal dengan sebutan ‘The Winter Lettuce of the World’ dikarenakan Yuma merupakan pemasok sayur mayur terbesar di Amerika Utara. Sekitar 90% pasokan sayuran didapatkan dari daerah ini, hingga pendapatan mereka dari hasil pertanian mencapai kurang lebih $ 1,5 miliar atau setara dengan 20,3 triliun rupiah.

Festival ini diperingati tiap musim panen selada dan sayuran sehingga dapat memamerkan aneka hasil pertanian di Arizona. Festival diisi dengan acara hiburan live, pameran karya anak, demo produk pertanian, demo masak, Harvest Dinner dan penjualan produk dan hasil pertanian dan makanan yang dibuat dari hasil pertanian lokal.

Olney Pancake Race, Olney, Inggris

Festival ini sudah ada sejak tahun 1445, sebuah lomba pancake yang biasanya diadakan satu hari sebelum masa Pra Paskah. Konon pada tahun 1445, satu hari sebelum Rabu Abu, di saat lonceng gereja berbunyi, seorang ibu rumah tangga setempat yang telah sibuk memasak pancake sebagai antisipasi dimulainya Masa Pra-Paskah, berlari kea rah gereja sementara wajan pancake masih di tangannya, melemparkan pancake yang telah dibuatnya sebelum gosong. Ia juga masih menggunakan apron dan tutup kepala masaknya. Tingkah si ibu rumah tangga ini kemudian menjadi awal terciptanya ide dari Olney Pancake Race ini. Para wanita dengan pakaian masak lengkap menggenggam wajan pancake berlari dari pasar menuju Gereja St. Paul dan St. Peter yang berjarak kurang lebih 400 yards atau 365,76 meter.

Karnaval Vilanova i La Geltru, Spanyol

Festival ini sempat mendapat larangan pada masa rezim Jenderal Francisco Franco Bahamonde, namun kemudian justru karnaval ini menjadi sangat dikenal di dunia. Dalam acara ini, berbagai kue, roti serta berbagai makanan manis berubah menjadi alat untuk perang-perangan antar warga setempat. Festival ini dilakukan untuk menyambut Paskah, dan biasanya diakhiri dengan upacara tabur makanan ke jalanan. Total biaya untuk makanan pada acara ini bisa mencapai 3,1 miliar rupiah.

Festival Battaglia Delle Arance, Italia

Festival ini, sesuai namanya yang berarti ‘pertempuran jeruk’ menggunakan jeruk yang telah busuk sebagai senjata. Selama tiga hari berturut-turut, warga pada sebuah kota kecil di Italia bernama Ivrea, ‘berperang’ dengan menggunakan jeruk busuk. Kota ini menyediakan sekitar 57.000 krat atau 400 ton jeruk busuk dari Italia bagian selatan. Jeruk ini semestinya harus dibuang karena sudah busuk, namun dimanfaatkan untuk acara ini pada tiap bulan Februari. Meski hanya saling lempar jeruk, banyak juga yang mengalami cidera karenanya.  Konon, festival ini terinspirasi dari pengalaman pada abad 19, ketika rakyat memberontak pada penguasa kaum feudal lalu melemparkan makanan kepada mereka. Dari sinilah tradisi lempar melempar tetap dipertahankan di Ivrea. Sebelum mempergunakan jeruk busuk,dahulu festival saling lempar ini menggunakan ‘senjata’ kacang dan apel. Untuk meminimalisasi cidera, maka kacang dan apel diganti menjadi jeruk busuk.

Waikiki Spam Jam, kepulauan Hawaii, Amerika Serikat

Waikiki Spam Jam merupakan festival kuliner tahunan terbaik dan paling populer  di Hawaii. Pada dasarnya, festival ini merupakan pesta bagi para pecinta produk makanan kaleng khususnya yang diproduksi oleh Spam Hormel Foods, perusahaan daging terkemuka di Hawaii. Festival jalanan yang membuat Kalakua Avenue harus ditutup untuk keperluan ini, menampilkan hiburan gratis dengan acara puncak terpusat di restoran di Hawaii dimana daging olahan favorit ini dimasak dengan berbagai cara dan disajikan pada warga. Beberapa bilik yang menampilkan barang kerajinan dari warga lokal juga dibuka pada acara ini.

Roadkill Cook-Off, Virginia Barat, Amerika Serikat

Festival yang diadakan di Virginia Barat ini memang sangat unik dan menarik banyak pengunjung. Berbagai channel dan acara televisi kuliner seperti Food Network, Travel Channel juga Discovery Channel pernah meliput festival ini. Jika kamu ingin mencicipi makanan yang dibuat dari bahan utama daging yang tidak biasa, seperti misalnya teriyaki daging beruang, saus daging tupai, atau sosis rusa, maka disinilah tempat yang tepat. Jangan khawatir, aturan kebersihan dan kesehatan diperlakukan ketat disini sehingga kamu tidak perlu khawatir menyantap makanan yang tersaji disini. Namun jika perut kamu sensitif dan tidak mudah menerima jenis makanan yang tergolong asing, dalam festival ini juga disediakan berbagai macam makanan konvensional. Kamu juga bisa menyaksikan kontes kecantikan Miss VW Roadkill di sini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top