Life

3 Filosofi Hidup Penuh Arti yang Mesti Selalu Kamu Ingat

filosofi hidup penuh arti, penting untuk diingat!

This post is also available in: English

Kalau bicara tentang hidup, jawabannya akan kompleks. Baik dari sisi manusia dengan karakternya maupun dari sisi permasalahannya. Namun, perjalanan menapaki kehidupan pasti akan sangat berharga. Banyak filosofi hidup penuh arti yang akhirnya kamu petik sendiri. 

Setiap orang pasti dihinggapi permasalahan. Satu masalah selesai, masalah lain muncul. Sebab, begitulah hidup, kontradiksinya permasalahan. Akan tetapi, setiap orang yang ingin sukses tidak pernah berhenti sampai di situ saja. 

Mereka akan terus berjuang meski tahu hari esok lebih sulit. Nah, untuk itu, berikut filosofi hidup penuh arti yang mesti selalu kamu ingat. Deretan makna ini akan sangat berarti dalam perjuanganmu, catat ya! 

Jika kamu tidak bertanya, jawaban akan selalu berkata “tidak” 

Dalam hidup, kita sering dihinggapi oleh pertanyaan-pertanyaan. Yang bahkan pertanyaan tersebut bisa terkesan aneh di mata orang lain. Namun, kita tidak terlalu mempedulikannya karena rasa penasaran kita lebih besar. 

Setiap orang yang berhasil menggali lebih dalam, dialah yang akan menemukan kuncinya. Orang seperti ini cenderung selalu mau belajar dan tidak pernah merasa cukup dalam hal pengetahuan. 

Namun, sikap selalu mau belajar tersebut kadang kita lupakan. Padahal, sesederhana mengajukan pertanyaan saja kita kerap enggan. Cara berpikirnya begini, pertama kamu harus tahu bahwa orang lain tidak bisa membaca pikiranmu. 

Bukan permainan mata yang bisa membaca isi hati, tetapi memang manusia tidak dapat membaca isi pikiran orang lain. Jadi, ketika kamu butuh apa pun, ungkapkanlah isi pikiranmu. Selanjutnya kamu akan mendapatkan reaksi “ya” atau “tidak”. 

Hal tersebut lebih baik daripada kamu hanya diam saja. Orang yang diam cenderung memiliki jawaban “tidak”. Alhasil, orang di sekitarmu tidak pernah tahu apa yang kamu mau. Sementara kamu sendiri pasti memiliki pendapat atas segala sesuatu. 

Nah usahakan untuk selalu bertanya ya! Tenang saja, kamu tidak selalu harus punya argumen yang baik. Menanyakan hal kecil untuk sekadar mengetahui pendapat orang lain pun sudah selangkah lebih maju. 

Jika kamu tidak mau melangkah maju, kamu akan selalu berada di tempat yang sama 

Sederhananya, ketika kamu berjalan pasti kamu bergerak maju. Sebaliknya, saat kamu diam kamu tidak melakukan perpindahan apa pun. Nah inilah filosofi hidup penuh arti yang terkadang kita lupakan. 

Kemajuan hidupmu tergantung oleh dirimu sendiri. Jika dirimu berkemauan untuk maju, maka kamu pasti bisa maju. Sebab, segala tindakanmu dipengaruhi oleh kesadaranmu dalam mengambil sikap. 

Kalau kamu tidak mau berusaha melangkah maju, kamu akan selamanya diam di tempat saja . Seperti yang kerap disebut sebagai “zona nyaman” orang yang sudah terjerat zona tersebut sangat sulit melakukan perpindahan. 

Ia ingin hidupnya aman-aman saja hingga dirinya enggan meninggalkan zona tersebut. Namun, segala konsekuensi akan didapatkan. Seluruhnya tentu tergantung dari dirimu. Sementara orang lain hanya bisa mendukungmu dari samping dan belakang. 

Samping sebagai sahabat yang sering mendampingimu untuk maju. Adapun mendukung dari belakang merupakan mereka yang selalu membantu doa agar kamu sukses. Nah kamu yang mendapat dukungan harus berjuang untuk dirimu sendiri dan orang lain yang kamu cintai ya! 

Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu ingin, kamu tidak akan memilikinya 

Sebelum membahas hal ini, kita harus sepakat terlebih dahulu bahwa sukses bukan warisan. Filosofi hidup penuh arti yang terkadang kita lupakan adalah menganggap akan ada orang yang memberi bantuan. Padahal, segala hal tergantung dari usaha kita. 

Sampai kapan kamu masih mengharapkan pemberian dari orang lain? Tunggu sebentar, benarkah ada orang yang benar-benar peduli dengan dirimu? Jika keluarga mungkin iya karena merekalah orang terdekatmu. 

Namun, kamu tentu pernah mendengar bahwa pemberian dari keluarga sering dikaitkan dengan previllege? Hak istimewa tersebut nampaknya kurang diakui sebagai pembantu murni adanya kesuksesan. 

Akan tetapi, tidak salah jika kamu selalu mengandalkan hal itu. Bukan tentang kekayaan atau jabatan dari orang tuamu. Melainkan tentang segala anugerah Tuhan memberikan nikmat berkumpul bersama keluarga dengan penuh rasa syukur. Sebenarnya, itulah previllege paling sederhana. 

Eits tunggu, hidup tidak sesederhana itu, kamu akan dilempar ke dunia luar dan dituntut untuk bisa survive sendiri. Artinya, tidak ada orang yang selamanya akan membantumu. Artinya, jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, kamu tidak akan pernah memilikinya. 

Jika kamu benar menginginkan sesuatu, teruslah berjuang dan berusaha untuk mendapatkannya. Jangan hanya menunggu pemberian orang lain. Atau menunggu belas kasihan dari orang yang entah siapa. 

Setelah berjuang, jangan lupa untuk berdoa. Sebab, segala sesuatu ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, jangan pernah sepelekan kekuatan doa ya guys. 

Kesimpulan:

Menurut kamu, tiga filosofi hidup penuh arti tersebut bagaimana? Sederhana tetapi kadang kita melupakannya bukan? Padahal, yakin tidak ada manusia di dunia ini yang tidak ingin sukses. Maksudnya seluruhnya pasti ingin hidup sejahtera. 

Baca Juga : Belajarlah Untuk Melupakanku

Untuk itu, dalam berjuang, jangan pernah takut akan penolakan dan kegagalan. Terus mencoba jika berkali-kali gagal. Kamu tidak pernah tahu, di percobaan berapa kamu akan berhasil. Jika berhenti di tengah jalan, belum tentu kamu bisa sampai pada keberhasilan menurut angka tersebut. 

Baca Juga : Pedoman Hidup yang Semestinya Kamu Pegang Teguh

Habiskan jatah gagalmu selama kamu masih muda. Sebab dalam hidup, tidak ada hal yang didapat tanpa perjuangan dan pembelajaran. Selamat berproses! 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top