Life

Gak Sengaja, 8 Makanan Unik Ini Inspirasinya Dari Nama Orang

Makanan unik

Makanan dapat berasal dari berbagai jenis inspirasi dan keadaan. Tak sedikit dari makanan unik yang berhasil mendunia muncul secara tidak sengaja atau secara khusus didedikasikan kepada tokoh tertentu. 

Makanan dapat berasal dari berbagai jenis inspirasi dan keadaan. Tak sedikit dari makanan unik yang berhasil mendunia muncul secara tidak sengaja atau secara khusus didedikasikan kepada tokoh tertentu. 

Bahkan, sebagian dari sejarah terciptanya makanan unik tersebut pun tidak diduga-duga sebelumnya. Namun, meskipun tidak diduga, makanan-makanan tersebut tengah begitu populer di dunia hingga sekarang.

Misalnya, sebut saja cappuccino dari Italia. Nama cappuccino diambil dari nama kelompok biarawan di sana. unik sekali bukan?

Lalu ada juga ayam general tso yang terkenal di kalangan China-Amerika. Hidangan ini memang diciptakan di New York, namun namanya diambil dari seorang pemimpin militer abad 19 di China.

Love Food (17/9) mengungkap nama-nama makanan terkenal yang diambil dari nama orang. Berikut LaporOnline merangkum informasinya:

Nama Makanan Unik yang Diambil Dari Nama Orang/Peristiwa

1. Graham Cracker

Jika kamu seorang penggemar biskuit populer ini, maka harus tahu sejarah dibalik terciptanya makanan unik graham cracker. Sylvester Graham adalah seorang advokat di abad ke-19 yang memiliki pola hidup sehat. Kemudian ia menciptakan biskuit sehat kaya serat yang hingga kini laku keras di pasaran dan masyarakat mengenalnya dengan nama graham cracker.

Makanan Unik

2. Caesar Salad

Pada tahun 1924, Caesar Cardini, pemilik restoran di Meksiko membuat makanan sehat, tetapi dari bahan sisa dan terkesan sederhana. Namun, siapa sangka? Salad yang umumnya terdiri dari; sayuran, bawang putih, keju parmesan, hingga minyak zaitun ini begitu populer di dunia dan menginspirasi berbagai varian salad lain. Makanan unik ini kemudian memiliki banyak penggemar dan populer hingga sekarang

Makanan Unik

3. Sandwich

John Montagu mungkin tidak mengira bahwa makanan yang kerap ia minta akan menjadi begitu populer di dunia. Pada tahun 1770-an, John Montagu yang kala itu bergelar Earl IV Sandwich, asal Inggris, kerap meminta irisan daging yang diapit oleh dua lembar roti; agar memudahkannya dalam memakan sambil melakukan aktivitas.

Berawal dari kebiasaan inilah yang membuat roti lapis tersebut kemudian makanan unik ini dijuluki sandwich dan menjadi makanan yang disukai banyak orang.

Makanan Unik

Baca juga: Wisata dan Kuliner Makanan Khas Australia

4. Nachos

Ternyata di balik kepopulerannya, makanan unik dari Meksiko ini tercipta dari sebuah ketidaksengajaan pada tahun 1940-an. Ya, ketika menjelang tutupnya sebuah restoran, tiba-tiba datang sekelompok istri dari para tentara Meksiko yang menginginkan makan di tempat tersebut. 

Ignacio Nacho Anaya, sang pemilik pun merasa iba dan menghidangkan makanan seadanya dari dapur restoran yang akan tutup tersebut. Namun, tak disangka, menu makanan unik tersebut begitu disukai pelanggan dan membuatnya populer hingga sekarang.

Makanan Unik

5. Banana foster

Salah satu sajian dessert favorit ini juga ternyata terbuat dari seseorang yang bernama Richard Foster. Namun bukan Richard yang menciptakan sajian penutup ini melainkan seorang kerabatnya yang berprofesi sebagai seorang juru masak sekaligus pemilik Owen Brennan.

Disaat Richard merasa tertekan dengan pekerjaannya, ia bergegas ke restoran Owen Brennan dan menyantap dengan lahap apapun yang disajikan oleh sang teman. Hingga akhirnya ketika ia bereksperimen dengan menu baru yang berupa pisang karamel, lalu berikanlah nama banana foster.

Makanan Unik

6. Beef Stroganoff

Count Pavel Alexandrovich Stroganov, seorang petinggi Rusia menjadi inspirasi dari nama makanan populer beef stroganoff. Pada awalnya, Stroganoff meminta koki untuk membuatkannya makanan yang sesuai dengan selera orang Rusia. Hasilnya, sang koki pun membuat sebuah pasta yang dimasak dengan potongan daging dan saus krim jamur di atasnya.

Sejak saat itu, kelezatan dari makanan unik yang dihidangkan untuk petinggi Rusia tersebut semakin dikenal dan digemari banyak orang dengan nama, beef stroganoff.

Makanan Unik

7. Pizza Margherita

Sekitar tahun 1800-an Ratu Margherita merasa bosan dengan hidangan yang biasa ia makan. Sampai suatu ketika, di Napoli, ia bertemu seorang koki dan menghidangkan tiga pilihan pizza kepada sang satu.

Sang ratu kala itu lebih memilih dan menyukai pizza dengan warna yang khas, mirip bendera Italia: yaitu hijau, putih, dan merah. Pilihan sang ratu itu ternyata membuat makanan ini terkenal dengan nama pizza margherita.

Makanan Unik

8. Bechamel Sauce

Saus putih khas dari Perancis ini terinspirasi dari nama sang pencipta resep makanan tersebut, yaitu Louis de Bechamel. Saus putih kental ini biasanya dapat kamu temukan dalam lasagna. Saus ini tercipta pada tahun 1700-an dan karena rasanya yang khas serta memiliki kesan mewah, membuatnya menjadi begitu populer di kalangan masyarakat dunia.

Makanan Unik

9. Carpaccio

Terakhir, carpaccio, makanan unik yang terbuat dari irisan daging sapi mentah tipis dan salad ini memiliki fakta unik, yakni terinspirasi dari nama Venezia Vittore Carpaccio. Adalah seorang pelukis pada tahun 1500-an yang identik dengan lukisan bernuansa merah, layaknya daging sapi.

Oleh karena itu, sang pemilik restoran sekaligus pembuatnya, yaitu Giuseppe Cipriani menamai menu tersebut dengan nama sang pelukis. Hidangan ini dibuat Cipriani pada tahun 1950 dan masih begitu populer di abad ke-21 ini.

Makanan Unik

Kalau kamu berkesempatan menciptakan menu makanan unik atau menjadi tokoh panutan seorang koki yang ingin berinovasi, kira-kira apa sajian yang akan kamu pilih guys?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top