Life

Hal yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Terjebak Mafia Tanah

Hal yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Terjebak Mafia Tanah

Belakangan ini ramai soal kasus Nirina Zubir yang menjadi korban mafia tanah. Aset senilai 17 M milik keluarga Nirina Zubir direbut sang asisten rumah tangga (ART) tanpa sepengetahuannya. Nah, agar tidak mengalami hal serupa. Beberapa hal ini wajib kamu perhatikan untuk menghindari para mafia tanah yang nakal!

Hindari Membeli Tanah Girik

Girik memang bisa menjadi bukti kepemilikan, tetapi girik juga mudah dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Tidak heran kalau akhirnya bayak perkara pembelian tanah dengan bukti girik yang berujung sengketa.

Pemerintah sendiri telah mengeluarkan aturan yang melarang pembuatan girik baik untuk tanah atau properti lainnya. Belilah tanah yang memiliki sertifikat resmi.

Cek Keaslian Sertifikat

Penjual bisa saja langsung menunjukkan sertifikat tanah atau rumah yang akan dibeli. Namun jangan langsung mempercayainya. Bisa saja mafia tanah membuat sertifikat palsu. Coba cek keaslian sertifikat ke Badan Pertanahan Nasional atau daerah setempat. Saat ini pengecekan sertifikat tanah juga bisa dilakukan secara online.

Jangan Mudah Pinjamkan Sertifikat

Jangan mudah meminjamkan sertifikat tanah maupun properti lainnya, karena kita tidak tahu apakah orang tersebut seorang mafia tanah atau bukan. Dengan meminjamkan sertifikat kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, bisa saja sertifikat tersebut akan dipalsukan dan tidak menutup kemungkinan nama pemilik sertifikat akan diganti.

Lihat Juga: Nirina Zubir Jadi Korban Mafia Tanah, ART Hidup Mewah dari Hasil Rampas Aset

Beri Tanda Batasan Tanah dengan Jelas

Selain sertifikat, tandai tanah dengan Batasan fisik yang jelas. Contohnya dengan memberi pagar pembatas. Hal ini dikarenakan mafia tanah kerap memanfaatkan tanah yang tidak memiliki batasan jelas untuk dibuatkan “sertifikat palsu” dengan memecah-mecah luas tanah yang kita miliki.

Bertemu Langsung dengan Pihak Terkait

Jika ingin melakukan transaksi jual beli tanah atau properti lain, pastikan untuk bertemu langsung dengan penjual atau pembelinya untuk negosiasi. Langsung tolak jika penjual atau pembeli tersebut meminta untuk bertemu perwakilan, karena dikhawatirkan orang tersebut adalah komplotan mafia tanah.

Selektif Memilih Notaris

Memakai jasa notaris untuk membantu mengurus proses pembelian maupun penjualan tanah memang terlihat lebih aman. Tetapi, tetaplah berhati-hati karena beberapa notaris justru menjadi sindikat mafia tanah. Itulah kenapa harus selektif dalam memilihnya dan pastikan menggunakan jasa notaris dengan reputasi baik.

Lihat Juga: Tips untuk Milenial Agar Bisa Beli Rumah Idaman

Buatlah Akta Jual Beli

Selain sertifikat, buktikan kepemilikan tanah dengan membuat akta jual beli. Akta jual beli sangat berguna untuk pengurusan balik nama. Melalui dokumen ini pula, bukti transaksi menjadi sah secara hukum.

Jangan memberikan kesempatan para mafia tanah untuk beraksi. Yuk, lebih teliti dan cermat dalam bertransaksi jual beli tanah atau properti lainnya. Pastikan transaksi tersebut tak berujung masalah seperti.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top