Life

Harga Telur Meroket, Ini 6 Makanan Berprotein Tinggi sebagai Penggantinya

Harga Telur Naik. Ini Sumber Protein Lainnya

Harga telur ayam di pasaran saat ini sedang mengalami kenaikan. Bahkan disebut menjadi rekor harga tertinggi dalam lima tahun terakhir, yakni sampai Rp33.000 per kilogram!

Kenaikan harga telur ini disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari tingginya permintaan untuk pengadaan bantuan sosial, harga bibit ayam petelur yang tinggi hingga menurunnya populasi ayam petelur.

Telur memang menjadi salah satu bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain enak dan mudah diolah, makanan satu ini juga padat nutrisi dan kaya akan protein.

Harga Telur Naik, Ini 6 Sumber Protein Lainnya

Pada sebutir telur ayam berukuran besar (sekitar 50 gram) mengandung sekitar 6 gram protein. Di dalamnya juga terdapat asam amino esensial serta kalori sebanyak 78 kkal.

Namun jika harganya sedang melonjak, Anda bisa memilih beberapa bahan makanan berprotein tinggi lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tempe

Sejak dulu, tempe menjadi bahan makanan yang murah dan bergizi favorit masyarakat Indonesia. Dalam 85 gram tempe, terkandung 16 gram protein. Makanan yang terbuat dari kedelai yang difermentasi ini memiliki tekstur padat dan rasanya lebih ‘nutty’ dibanding tahu. Tempe juga mudah dikreasikan menjadi aneka masakan yang enak.

Lihat Juga: 6 Manfaat Putih Telur Untuk Wajah

2. Tahu

Selain tempe, tahu juga tinggi protein. Setiap 85 gram tahu memiliki kandungan 8 gram protein. Teksturnya lembut dan rasanya gurih yang khas, membuatnya banyak digemari. Mengolahnya juga sangat mudah, baik dijadikan lauk maupun olahan tradisional lainnya.

3. Edamame

Sumber makanan tinggi protein lain di tengah melonjaknya harga telur adalah edamame. Kacang kedelai berwarna hijau terang ini dipanen ketika masih muda. Di Indonesia sendiri edamame cukup terjangkau. Jenis kacang-kacangan satu ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan gurih.

Dalam setiap ½ cup edame atau sekitar 64 gram-nya mengandung 9 gram protein. Edamame enak direbus dan disajikan sebagai camilan, atau bisa juga dijadikan salad maupun tumisan.

4. Ikan Tuna Kalengan

Bahan makanan hewani memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Selain salmon yang harganya cukup mahal, ikan tuna kalengan bisa menjadi alternatifnya. Setiap kemasan 184 gram terkandung sekitar 31 gram protein.

Seperti makanan kalengan lainnya, tuna kalengan juga awet dan praktis. Anda bisa mengolahnya ke dalam berbagai masakan. Ini bisa menjadi pilihan di tengah tingginya harga telor ayam.

5. Dada Ayam

Dada ayam memang banyak diandalkan sebagai sumber protein. Dalam 85 gram dada ayam matang terdapat 24 gram protein. Makanan ini juga biasa menjadi hidangan sehari-hari bagi mereka yang tengah berusaha memperbesar massa otot.

Lihat Juga: Manfaat Telur dan Kandungan Gizi Lengkap

6. Selai Kacang

Sekarang ini banyak sekali merek selai kacang. Pilihlah yang terbuat dan diolah sealami mungkin. Setiap dua sendok makan selai kacang terkandung sekitar 8 gram protein.

Selai kacang juga tinggi serat. Namun, perhatikan pula kandungan lemaknya, sebab bisa mencapai 16 gram per sajian. Anda bisa menjadikannya olesan roti atau mencocolnya dengan buah apel.

Itulah beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan sumber protein di tengah melonjaknya harga telur ayam saat ini. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top