Life

Hindari Ini Agar Celana Jeans-mu Tak Cepat Rusak

Hindari Ini Agar Celana Jeans-mu Tak Cepat Rusak

Celana jeans sangat digemari berbagai kalangan, selain nyaman dipakai, jeans juga dapat mengubah penampilanmu seketika sesuai keinginan. Mau tampil sporty, casual, elegan atau feminin pun semua bisa diperoleh dengan celana jeans.

Banyak orang menyimpan setumpuk celana jeans di lemari dengan maksud untuk memakainya bergantian sesuai acara yang dihadiri. Padahal sebenarnya kamu tidak perlu punya banyak celana jeans, cukup beberapa potong saja, asal dirawat dengan tepat, celana jeansmu akan tetap terlihat awet seperti baru.

Nah, berikut ini beberapa hal yang tak boleh kamu lakukan pada jeans, agar tak cepat rusak.

1. Jangan terlalu sering dicuci

Ini kabar baik untuk kamu yang malas mencuci jeans. Ternyata jeans memang tidak boleh terlalu sering dicuci! Jeans memang diciptakan tidak harus dicuci setiap kali selesai dipakai. Bahkan menurut CEO Levi’s, Chip Bergh, jeans akan terus dalam kondisi bagus jika tidak dicuci. Ia sendiri bahkan lebih dari setahun tidak mencuci celana jeans yang dikenakannya sehari-hari.

Jika jeans dalam keadaan kotor, cukup disikat saja kotoran-kotoran yang menempel pada celana menggunakan sikat gigi, kemudian jeans digantung dan diangin-anginkan untuk dipakai lagi. Lalu bagaimana jika jeans meninggalkan bau? Untuk menghilangkan bau, Chip Bergh menyarankan agar memasukkan jeans ke dalam freezer selama 24 jam dengan dibungkus plastik rapat. Cara-cara tersebut tentu saja telah dipraktekkan oleh Bergh dan sebagian besar penggemar jeans di seluruh dunia.

Tapi untuk kamu yang tidak terbiasa dalam kondisi seperti itu, boleh-boleh saja mencuci celana jeans, asal tidak terlalu sering. Usahakan mencuci celana jeans minimal 2 minggu setelah pemakaian. Dalam rentang waktu 2 minggu itu, jeans cukup diangin-anginkan untuk dipakai lagi.

2. Jangan memakai air panas

Air panas sering digunakan saat mencuci untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada baju berwarna putih. Namun sebaiknya hindari menggunakan air panas untuk mencuci celana jeans, sekotor apapun celana jeans yang kamu kenakan.

Mungkin maksudmu agar kotoran membandel yang menempel di permukaan jeans cepat hilang, namun ternyata pemakaian air panas justru dapat memudarkan warna jeans dan dapat membuat ukurannya menyusut, lho! Karenanya, gunakan air biasa saja untuk mencuci jeans dan hindari pemakaian air panas.

3. Jangan menyeterika jeans

Pernah dengar lelucon western ini? “Hanya orang bodoh yang menyeterika jeans”. Nah, lelucon itu sebenarnya bukan tanpa alasan kok. Jeans memang diciptakan tidak harus diseterika. Menyeterika celana jeans justru membuat warnanya cepat pudar serta menimbulkan bekas berkilauan. Jeans mu juga menjadi tidak awet, rapuh dan kurang nyaman saat dikenakan kembali. Jadi, hindari menyeterika jeans ya.

4. Jauhkan dari sinar matahari

Jeans juga tidak disarankan untuk dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah dicuci, sebaiknya jeans diangin-anginkan saja dan diletakkan di tempat teduh. Panas sinar matahari dapat merusak tekstur jeans sehingga kusam dan mudah rapuh.

Nah itulah beberapa hal yang tak boleh kamu lakukan pada celana jeansmu. Dengan menghindarinya, tentu celana jeansmu akan tetap awet seperti baru.

Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top