Life

8 Tahap Memiliki Hubungan yang Langgeng

Tahap Memiliki Hubungan yang Langgeng

This post is also available in: English

Hubungan yang langgeng pasti diinginkan semua orang. Bahkan semenjak menjalin hubungan, setiap pasangan ingin bertahan hingga akhir hayat mereka. Namun, di tengah perjalanan, rintangan dan halangan pasti selalu ada. Entah dari internal ataupun eksternal, halangan tersebut mesti disikapi secara bijak.

Untuk itu, memiliki goal hubungan yang langgeng menjadi rangkaian secara bertahap. Misalnya mulai dari komitmen kecil hingga dapat menyusun sistem besar. Nah, apa saja hal-hal yang sebaiknya ada dalam rangka menjaga hubungan? Check this out. 

Untuk Hubungan yang Langgeng, Milikilah Kepercayaan kepada Pasangan 

Pertama, kepercayaan merupakan kunci sebuah hubungan. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan tersebut mudah runtuh atau berakhir. Kepercayaan ini menjadi dasar dari sebuah hubungan. Bukan sekadar percaya pasangan tidak selingkuh, tetapi juga percaya bahwa pasangan tidak akan menyakiti kamu. 

Selain itu, untuk menjaga sebuah hubungan, perlu kepercayaan bahwa pasangan dapat menjaga kepercayaan kita. Misalnya tidak pernah berbohong di belakang atau dapat disebut bermuka dua. Semestinya untuk sebuah hubungan yang langgeng, satu sama lain memberi kepercayaan sepenuhnya ketika telah ada ikatan resmi. 

Rutinlah dalam Berkomunikasi 

Selain kepercayaan, komunikasi yang lancar terbukti menjadi kunci keberlanjutan hubungan. Komunikasi ini merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Cobalah untuk berani membahas hal apa pun yang disenangi pasangan. Pilihlah topik yang sekiranya menarik untuk dibahas, tetapi tanpa menimbulkan perdebatan. 

Isu-isu kehidupan pribadi atupun isu lingkungan sosial dapat diangkat sebagai topik. Tidak boleh saling menghakimi satu sama lainnya. Sebaliknya, berusahalah untuk mengungkapkan apa yang kamu rasa dan mau mendengarkan. Meskipun ada kesulitan, tetapi dengan terus berkomunikasi, hubunganmu akan lancar ke depannya. 

Bersikap Jujur kepada Pasangan 

Bagaimana pun, setiap orang menyukai orang yang jujur. Kejujuran inilah yang selalu dipegang dalam prinsip hidup seseorang. Bahkan, sepahit apa pun rasanya, cobalah untuk tetap bersikap jujur. Sebab, akan lebih menyakitkan jika dikecewakan karena sebuah kebohongan. Hal seperti inilah yang sakitnya membekas dalam waktu cukup lama. 

Namun, dengan kejujuran, hal pahit apa pun akan tetap terlihat baik. Hal ini karena seluruhnya telah terungkap secara jujur. Berbeda ketika kamu malah menutupi masalah satu dan menutup kebuohongan lainnya. Kesempatan yang baik mungkin saja tidak pernah hadir lagi dalam hubunganmu. 

Milikilah Rasa Tanggung Jawab 

Setiap orang tentu memiliki kesalahan. Karena hal ini merupakan tabiat manusia, makhluk yang sering berbuat salah. Namun, meminta maaf dan mengakui kesalahan selalu menjadi solusi keadaan menjadi baik-baik saja. Pengakuan seperti ini mencerminkan tanggung jawab atas segala hal yang pernah diperbuat. 

Kalau pasanganmu meminta maaf, kamu pun harus menghargai pengakuan maaf tersebut. Selain itu, sikap ia yang ingin memperbaiki kesalahannya perlu mendapat apresiasi. Sekaligus kamu juga ikut membimbing dan memperbaiki hubungan yang lebih baik lagi. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan sama-sama saling bertanggung jawab. 

Selalu Bekerja Sama dengan Pasangan 

Hubungan yang langgeng terjaga karena adanya kerja sama dengan pasangan. Hubungan yang selalu bekerja sama ini mencirikan hubungan yang sehat. Adanya kerja sama menandai hubungan yang semakin erat. Sebab, dengan bekerja sama kamu tentu akan semakin dekat dengan pasanganmu. 

Membuat keputusan bersama, menerima perubahan, dan saling berkompromi untuk mendapatkan win-win solution. Kerja sama yang kuat antara kamu dengan pasangan bisa meningkatkan chemistry lho! 

Belajar Menghargai Satu Sama Lain 

Secocok apapun karakter kamu dengan pasangan, suatu waktu pasti terdapat perbedaan. Sebab, tidak ada pasangan yang benar-benar cocok. Yang ada adalah pasangan yang mampu menerima ketidakcocokan untuk saling menghargai. Perbedaan pendapat yang ada memang hal yang wajar. Kamu perlu menyikapinya dengan menghargai argumen yang berbeda tersebut. 

Selain itu, segala upaya yang dilakukan pasangan juga butuh penghargaan. Jangan sampai semena-mena dan bersikap acuh. Jika hal ini yang terjadi, hubungan kamu bisa saja tuidak bertahan lama. Atau jika bertahan, satu pihak harus menanggung kesakitan dari pihak lain. Kamu tentu tidak menginginkan hal tersebut bukan. 

Sebuah Hubungan yang Langgeng Selalu Dilandasi Support dari Pasangan 

Memberikan perhatian terhadap pembicaraan oleh pasangan juga termasuk dukungan. Jangan menghakimi lalu acuh. Sikap tersebut justru dapat merenggangkan hubungan. Yang baik adalah untuk selalu mensupport kegiatan pasangan. Bahkan, jika perlu berilah masukan yang membuatnya lebih baik. 

Meskipun terdengar sederhana, hal seperti ini bisa membuat pasangan senang loh. Namun, tanpa kita sadari dukungan semacam ini jarang mendapat perhatian oleh suatu pasangan. Padahal support satu sama lain sangat dibutuhkan. Untuk menjaga hubungan, sebaiknya kamu mulai menerapkan tahap ini ya. 

Have Fun 

hubungan yang langgeng

Jangan lupa, pasangan yang terlalu serius juga tidak bagus untuk kelanjutan hubungan. Biasanya pasangan pasti memiliki keinginan untuk menghabiskan waktu berdua. Maka dari itu, mengatur waktu berlibur bersama dapat menjadi langkah yang tepat agar hubungan semakin terjaga.  

Selain itu, sekadar bercanda dan menikmati senda gurau ringan juga bisa membuat pasangan betah. Intinya jangan terlalu kaku dan selalu serius. Kasih sedikit bumbu-bumbu kegembiraan. Milikilah rasa saling memiliki dan bersyukur atas kehadiran masing-masing. Dengan begitu, hubungan kamu pasti akan langgeng. 

Nah, kamu dan pasangan sudah menerapkan tahap hubungan yang langgeng mana ini? Tidak perlu seluruhnya kamu praktikkan dalam waktu cepat, melainkan lebih baik bertahap saja. Coba berdiskusi dengan pasangan agar hubungan juga lebih erat. Jangan lupa bahagia ya. 

To Top