Life

Iblis Terkemuka Dunia

Tiket menonton film bergenre horror seringkali sold out. Film jenis ini bahkan saat ini mendapat tempat khusus dihati pecinta film, bahkan bagi remaja yang biasanya lebih menyukai film remaja atau film yang dibintangi idola mereka. Ini membuktikan, dunia kasat mata dengan segala kisahnya menarik untuk dikedepankan dan disimak. Selain karakter-karakter seram yang telah kerapkali kita dengar di dunia maupun di Indonesia, yang tidak kalah seru untuk dibahas adalah tokoh-tokoh tak kasat mata yang muncul dalam legenda dan mitologi. Seperti juga berbilang karakter dalam dunia manapun, selalu ada tokoh protagonist dan antagonis. Berikut ini adalah iblis terkemuka dunia dalam dunia legenda dan mitologi

Abaddon

Makhluk yang sebenarnya merupakan salah satu jenis malaikat ini muncul pada beberapa mitologi dunia dalam berbagai istilah dan nama, namun kesemuanya menunjuk pada personifikasi atau inkarnasi dari suatu sifat destruktif. Ia juga dikenal sebagai Sang Penghancur (destroyer). Abaddon juga merupakan raja dari jurang maut yang dipercaya sebagai penampung bagi jiwa-jiwa yang sesat.

Beelzebub

Beelzebub atau Beelzebul berasal dari nama sosok dewa dari bangsa Filistin yang sebelumnya dipuja di Ekron, sebelum kemudian diadopsi oleh agama Ibrahim dan ditetapkan sebagai raja setan atau iblis. Makluk ini kerap dikaitkan dengan dewa Baal Kanaan. Dalam demonologi, ia dikenal sebagai salah satu dari tujuh pangeran dari neraka. Beelzebub gemar menyesatkan manusia dengan rasa serakah serta tamak. Manusia yang kerap terjerat adalah mereka yang kerap memilih makanan dengan harga mahal atau makan dengan rakus.

Astaroth

Dalam demonology, Astaroth adalah adipati agung dari neraka, dalam hirarki pertama bersama Beelzebub dan Lucifer dan merupakan bagian dari trinitas durjana. Ahli demonologi bernama Johan Weyer menyebutkan bahwa Astaroth merupakan adipati yang hebat dan kuat, memiliki fisik buruk rupa, mengendarai naga yang jahat serta membawa ular berbisa pada tangan kanannya. Ia dikatakan memimpin 40 legiun pasukan. Makhluk ini juga dikabarkan sering menggoda manusia agar mempergunakan cara yang tak halal dalam menghimpun kekayaan duniawi.

Azazel

Dalam kitab Henokh, makhluk ini merupakan nama salah satu malaikat yang sesat dan turun ke muka bumi. Sementara dalam Islam ia adalah iblis dan merupakan nenek moyang para jin. Ia merupakan salah satu dari empat raja neraka serta kerap disebut dengan kegelapan atau kekeringan di padang pasir. Makhluk ini lah yang konon merupakan makhluk pertama yang membuat manusia jatuh dalam dosa dikarenakan menyantap buah pengetahuan dengan menampakkan diri sebagai sesosok ular.

 

 

Mammon

Makhluk yang satu ini dikenal di kalangan makhluk kelam sebagai salah satu dari sepuluh iblis paling ternama di dunia. Mammon dikenal sebagai putra iblis karena konon ia merupakan keturunan dari Lucifer serta melambangkan hal yang buruk seperti misalnya keserakahan duniawi. Konon, makhluk ini juga merampas sebagain harta bahkan dari pemujanya sendiri. Makhluk ini juga disebut sebagai dewa harta benda dan kekayaan. Ia merupakan perwakilan dari greed atau keserakahan dalam Seven Deadly Sins

Kimaris

 

Sering pula disebut Cimeries, Cimeies atau Cimejes, nama makhluk ini diperkirakan berasal dari Cimmerians, orang-orang yang gemar dengan peperangan yang kerap tersebut dalam beberapa karya penulis klasik tinggal dalam kegelapan. Ia juga dikatakan merupakan iblis yang menguasi benua Afrika. Makhluk ini digambarkan sebagai seorang ksatria yang menunggangi seekor kuda berwarna hitam. Kimaris kerap dipuja berkat kemampuannya dalam melakukan pencarian dan mendeteksi keberadaan harta karun.

 

Behemoth

Makhluk ini tersebut sebagai makhluk buas, dan diperkirakan memiliki wujud semacam makhluk mitologi berbentuk menyerupai seekor gajah, kuda nil, badak atau kerbau. Beberapa bahkan mengatakan ia berwujud bagai dinosaurus. Secara metaforis, keberadaan dirinya menunjukkan entitas dari sesuatu yang besar dan kuat. Pada kisah lain disebutkan bahwa jika wilayah air dan lautan dikuasai makhluk jahat bernama Leviathan, maka wilayah daratan juga memiliki penguasa dunia kelam bernama Behemoth. Pemuka agama pada masa lalu kerap kali mempercayai bahwa makhluk ini tinggal di sebuah gurun tak kasat mata, yang terletak di sebelah timur taman Eden. Behemoth ini dipercaya akan menampakkan dirinya pada saat hari kiamat tiba.

Leviathan

Makhluk inilah yang digambarkan sebagai penguasa air dan samudera. Monster laut cerminan dari Canaanite Lotan yang lebih tua, monster purba yang ditaklukan oleh dewa Hadad. Ia merupakan penguasai perairan yang cukup membuat gentar dimana namanya tersebut dalam Seven Deadly Sins karena iblis yang satu ini kerap kali dilambangkan sebagai simbol rasa iri hati. Leviathan digambarkan sebagai makhluk mengerikan yang memiliki mulut yang besar karena kerap melahap apapun yang terdapat baik di dalam maupun di luar lautan. Tidak mengherankan bahwa konon para pelaut terpaksa harus memujanya agar mendapatkan jaminan keselamatan saat berada di lautan.

Asmodeus

Asmodeus atau Ashmedai dikenal sebagai raja setan. Ia juga dikenal sebagai salah satu dari tujuh pangeran dari neraka, dimana masing-masing pangeran ini mewakili satu watak yang tersebut dalam Seven Deadly Sins. Makhluk yang satu ini dikenal sebagai wakil dari nafsu birahi. Ia memiliki tiga bentuk dan kerap menggoda manusia agar terjebak dalam dosa. Pikiran kotor, zinah, hingga dosa yang terkait dengan hasrat seksual dapat ia ciptakan untuk menjebat umat manusia. Dikisahkan, bagi manusia yang terjebak dan takluk pada jalan makhluk ini, maka akan ditempatkan pada neraka tingkat kedua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top