Life

Indonesia Ikut Berburu Kehidupan Di Luar Bumi

Indonesia Ikut Berburu Kehidupan Di Luar Bumi

Kehidupan di luar planet Bumi ikut membuat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN penasaran. LAPAN pun memantapkan diri untuk meneliti planet di tata surya atau yang disebut exoplanet pada 2021 nanti.

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, Rhorom Priyatikanto pernah mengatakan bahwa setelah Observatorium Nasional Timau selesai dibangun, LAPAN akan memulai ekspedisi mencari kehidupan di luar planet ini. Observatorium di Nusa Tenggara Timur ini sendiri menghabiskan anggaran mencapai Rp 340 miliar.

Lihat Juga: Misterius : Penampakan UFO Paling Menggegerkan

“Langkah awal pencarian kehidupan lain di luar Bumi merupakan mencari planet dengan kondisi yang layak untuk dihuni,” ungkap Rhorom seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, pada akhir Oktober lalu. LAPAN mengatakan akan memulai studi fenomena transien, salah satunya Exoplanet.

“Dalam rencana strategis penilitan LAPAN, tahun depan kami akan mulai studi fenomena transien. Yaitu fenomena yang terjadi secara insidental, salah satu tujuannya yaitu deteksi dan karakterisasi exoplanet,” terangnya.

Benda langit transien sendiri tidak mempunyai cahaya tetap, mereka termasuk nova, semburan sinar gamma, suar dari inti galaksi dan supernova. Demikian juga dengan exoplanet, karena baru bisa dideteksi saat sedang melewati bintang induknya.

Lembaga pemerintahan non kementerian ini optimis dapat melakukan penelitian itu dengan memanfaatkan Observatorium Nasional Timau yang berada di NTT. Nusa Tenggara Timur sendiri dipilih sebagai lokasinya karena memiliki kondisi langit malam yang gelap, sehingga dinilai lebih ideal untuk memantau antariksa.

“Saat ini LAPAN belum ada program penelitian exoplanet. Tapi dengan beroperasinya Observatorium Nasional Timau di Nusa Tenggara Barat, kami harap bisa melakukan deteksi dan karakterisasi exoplanet,” kata Rhorom.

Lihat Juga: Teori Terkait Kehidupan Luar Bumi

Perburuan exoplanet sendiri memang sudah bukan hal baru, karena sudah dilakukan oleh peneliti dari berbagai negara. Namun, khusus untuk Indonesia, ikut berburu exoplanet adalah hal baru walaupun sudah memiliki lembaga antariksa LAPAN. Jika LAPAN jadi meneliti exoplanet, maka mereka akan menyejajarkan diri dengan lembaga penelitian luar angkasa dunia lainnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top