Life

Ingin Menikah Tahun 2021? Lakukan Persiapan Ini

Menikah Tahun 2021

This post is also available in: English

Sebelum memikirkan tentang keputusan menikah tahun 2021, Anda harus tahu bahwa ini adalah sebuah langkah serius dan penting dalam hidup. Untuk beberapa kasus, bahkan menikah adalah salah satu tujuan utama bagi beberapa orang.

Namun ada yang menganggap tidak terlalu penting untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Beberapa orang masih menyukai kebebasan mereka untuk sekedar menikmati hidupnya atau masih enggan berfikir perihal itu karena sibuk akan pekerjaannya.

Untuk Anda yang sudah siap secara finansial dan mental, menjalin hubungan ke arah yang lebih serius adalah sebuah hal yang harus Anda lakukan. Akan tetapi semenjak Pandemi Covid-19 ada.

Banyak sekali rencana-rencana yang harus mengalami penundaan terlebih dahulu, termasuk rencana menikah tahun 2021. Sudah banyak kasus pembatalan pernikahan yang terjadi tahun 2020 lalu, entah karena acaranya yang mendadak batal atau hanya sekedar ditunda. Banyak pasangan yang akhirnya memilih untuk tidak melangsungkan pernikahan di tahun 2020 lalu.

Penyebab utama mengapa hal itu dapat terjadi karena semenjak bulan Juni tahun 2020 lalu, pemerintah setempat telah memberikan larangan untuk berkumpul atau datang berkelompok. Akhirnya berimbas pada rencana rencana khusus seperti pernikahan dan lain lain. Selain berkumpulnya orang-orang bisa mengakibatkan terjalinnya virus, beberapa menganggap bahwa menikah saat pandemi bisa merugikan banyak pihak.

Pemerintah sendiri memberikan peringatan agar ketika salah satu warga Indonesia melaksanakan acara pernikahan. Ada beberapa hal yang harus dan wajib ia ikuti.

Tidak Mengundang Banyak Orang Bukan Berarti Tanpa Arti

Tidak Mengundang Banyak Orang Bukan Berarti Tanpa Arti
Tidak Mengundang Banyak Orang Bukan Berarti Tanpa Arti

Mengundang banyak orang untuk ikut menikmati momen kebahagiaan yang Anda bagikan adalah sesuatu momen menyenangkan. Anda bisa mulai mengundang beberapa orang seperti, saudara kandung, saudara jauh, suadara dekat, teman SD hingga perguruan tinggi bahkan tetangga-tetangga rumah Anda.

Namun justru hal ini akan menjadi pekerjaan rumah untuk Anda yang ingin melakukan atau menyelenggarakan acara pernikahan dirumah. Pada kesempatan yang lalu Pemerintah melarang tindakan berkerumun.

Bahkan beberapa waktu yang lalu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invetasasi mengatakan untuk pemerintah harus segera melakukan implementasi pengetatan. Hal ini terjadi karena kasus Covid-19 sendiri, per bulan Oktober kemarin meningkat cukup tajam.

Untuk itu untuk Anda yang ingin menikah tahun 2021, mungkin opsi aara virtual atau penyelenggaraan acara yang bersifat minimalis bisa Anda gunakan. Untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19. Anda juga sekarang ini tidak perlu khawatir karena mengingat akan berkurang pengunjung pernikahan Anda yang akan menyebabkan kurang meriah, karena sekarang ini ada banyak vendor yang menyediakan jasa untuk acara virtual tersebut.

Rencana Cadangan Saat Punya Plan Menikah Tahun 2021

Meskipun nanti Anda akan menggunakan vendor untuk acara pernikahan virtual milik Anda. Anda juga harus mengingat untuk mempunyai rencana cadangan. Hal ini penting apabila rencana awal tidak berjalan dengan baik.

Semisal Anda merencanakan untuk membuat acara dengan tamu yang sedikit. Anda harus memberikan rencana lain apabila tiba tiba keluarga yang datang berkerumunan. Karena meskipun kita sudah memberitahu untuk tidak datang pada saat yang bersamaan, namun mereka bisa saja melakukan komunikasi yang salah. Jangan lupa juga untuk menyiapkan mental utuk menghadapi segala kemungkinan acara yang gagal jika terjadi.

Melakukan Pembatasan Perjalanan ke Luar Negeri

Melakukan Pembatasan Perjalanan ke Luar Negeri

Semenjak Covid-19 muncul, banyak negara yang pada akhirnya mengisolasi negara nya untuk tidak menerima tamu dari luar negeri. Dan juga tidak memperbolehkan warganya untuk pergi melakukan perjalanan keluar negeri. Karena hal tersebut sangat beresiko kedepannya.

Kasus ini harus Anda pikirkan juga. Selain Anda tidak bisa mengajak sanak keluarga yang berada diluar negeri untuk menghadiri acara pernikahan Anda. Anda juga tidak bisa melangsungkan pernikahan luar negeri atau hanya sekedar merencanakan bulan madu.

Meskipun setelah setahun ini pemerintah sudah mulai melonggarkan aturan. Namun sebagai rakyat yang baik, Anda juga harus memperhatikan kesehatan Anda dengan pasangan serta anggota keluarga yang lain. Untuk itulah anda perlu rencana cadangan untuk mensiasati keadaan seperti ini. Jadi, jika Anda ingin menikah tahun 2021, sebaiknya jangan berbulan madu ke luar negeri tahun ini.

Matangkan Persiapan Anggaran Menikah Tahun 2021

Matangkan Persiapan Anggaran Menikah Tahun 2021
Matangkan Persiapan Anggaran Menikah Tahun 2021

Meskipun nantinya Anda hanya akan membuat acara yang dihadiri sedikit orang. Bukan bearti biaya tidak Anda pertimbangkan dengan baik. Anda juga perlu untuk mengatur rencana yang terlihat lebih fleksibel.

Walaupun anggaran pernikahan virtual terlihat lebih murah daripada melangsungkan pernikahan pada biasanya. Namun sangat rentan untuk tiba tiba Anda bisa mengelurkan biaya tambahan.  Jadi Anda harus memiliki dan menyediakan anggaran darurat demi keadaan yang tidak menentu.

Resiko Acara Batal

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa pemerintah sendiri telah menetapkan sebuah aturan baru tentang pembatasan pengunjung. Resiko bahwa tiba-tiba acara bisa batal adalah sebuah resiko yang tidak dapat kita prediksi bahwa tidak akan terjadi.

Peraturan pemerintah mengenai pembatasan penyelenggaraan kegiatan di saat tengah Pandemi ini masih akan terus berubah karena melihat kondisi serta keadaan negara Indonesia. Untuk itu calon pengantin seharusnya perlu untuk mempersiapkan dan mengantisipasi apabila terjadi pembatalan atau sekedar penundaan pada rencana menikah tahun 2021.

Baca Juga : Mengapa Pacar Anda Enggan Berkomitmen?

Perlu diingat untuk tetap memilih vendor yang menerima opsi pada pembatalan acara. Hal ini agar dana yang sudah Anda siapkan jauh jauh hari dapat dikembalikan. Atau setidaknya mencari vendor yang dapat menerima penundaan acara atau perubahan acara tiba tiba.

Perlu dingat meskipun nanti acara akan batal atau harus tertunda. Anda tidak perlu merasa kecewa karena ini adalah sebuah bencana yang tidak bisa diprediksi. Beberapa hal diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum akhirnya Anda untuk melangsungkan pernikahan di tahun 2021 ini. Tapi yang paling penting adalah Anda sudah harus siap mental dan finansial untuk kejenjang yang lebih serius.

Baca Juga : Cara Membuat Pacar Makin Sayang, lengket tak Mau Lepas

Pastikan Anda berdua telah melakukan persiapan yang matang. Komunikasi juga menjadi hal pokok untuk menjalin sebuah hubungan. Jika memang sudah berencana menikah tahun 2021, pastikan punya dukungan dari keluarga dan orang terdekat.

To Top