Life

Inginkan Tidur yang Berkualitas? Simak Hal ini

Tidur sewajarnya dilakukan pada malam hari. Namun apa yang terjadi jika Anda sukar untuk tidur di malam hari. Terlebih jika Anda harus bekerja, pergi ke kampus atau pergi ke sekolah keesokan harinya. Kebutuhan tubuh untuk menjaga stamina tidak tercukupi apabila Anda sukar tidur di malam hari atau yang sering disebut dengan insomnia. Insomnia menjasikan tidur Anda tidak berkualitas.

Insomnia memang hal biasa yang dialami orang dewasa, terlebih karirnya yang melejit ataupun mahasiswa yang sibuk dengan tugas bahkan skripsi. Akan tetapi, keseringan insomnia juga tidak bagus terhadap kesehatan. Jika Anda ingin menghilangkan insom yang mengganggu, Anda bisa mencoba hal-hal berikut.

Ritual Kecil Sebelum Tidur

Banyak sekali ritual kecil yang bisa Anda lakukan sebelum tidur. Seperti berendam air hangat, mencuci muka, membersihkan muka atau sekedar wudhu, merenggangkan otot-otot secara ringan dsb. Lakukan ritual kecil selama 10-15 menit untuk menjaga kesegaran tubuh dan Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Lakukan Hal-hal Sepele

Terkadang Anda akan merasa gusar, rasanya sudah ingin tidur tapi susah untuk tidur nyenyak. Bangunlah dari tempat tidur dan lakukan hal-hal sepele, menulis diary, merajut atau sekedar membaca quot agar hati Anda mendapat ketenangan dan selingan kegiatan kecil lain karena seharian bekerja. Hal-hal sepele yang membuat Anda lelah maupun lega memicu Anda untuk cepat tertidur.

Hindari Ponsel atau Barang Elektronik Lainnya

Kebiasaan anak muda yang stau ini sering menyebabkan pola tidur yang tidak sehat. Sering menatap ponsel, laptop maupun barang lainnya menyebabkan Anda insomnia. Hindari barang elektronik tersebut, atau Anda bisa mematikan ponsel sekaligus agar tidak menganggu Anda ketika tidur nyenyak.

Kurangi Tidur Siang dan Mengkonsumsi Kopi

Jika Anda ingin mendapatkan tidur malam yang berkualitas, tentunya Anda harus mengatur waktu tidur siang. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk tidur siang. Kemudian, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Kedua hal yang berbeda tersebut dapat mengurangi waktu atau membuat Anda sukar tidur di malam hari.

Tata Ulang Kamar dan Buat Suasana Senyaman Mungkin

Menata ulang kamar dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan jenuh. Jadikan kamar Anda lebih nyaman supaya Anda bisa tidur nyenyak. Semisal mengubah posisi kasur, lemari atau menambah beberapa dekorasi seperti lampu tidur dsb. Kamar yang nyaman tidak hanya mengusir kejenuhan, namun juga menciptakan mood baru.

Atur sirkulasi Udara Kamar dengan Baik

Cek sirkulasi udara di kamar Anda. Jangan sampai kamar terasa pengap. Dengan sirkulasi udara yang baik, Anda bisa tidur dengan nyaman dan menjadikan pernapasan Anda juga sehat. Jika memang terlalu pengap, buka jendela kamar untuk beberapa menit, kemudian tutup kembali. Beri pengharum ruangan biar terasa nyaman.

Hal Favorit yang Memudahkan untuk Tidur

Nah, hal favorit ini bermacam-macam. Anda bisa saja mendengar musik sebelum tidur, menggambar atau membaca. Lakukan hal favorit Anda agar tercipta mood baik. Anda bisa tidur lebih nyenyak dengan mood yang baik. Bisa juga hal favorit menunjang Anda untuk bermimpi Indah.

Pilih Posisi Tidur yang Pas

Terakhir dan yang paling penting. Pilih posisi tidur yang pas, usahakan bantal yang tidak terlalu tinggi. Posisi terlentang maupun miring menjadi pilihan Anda. Sebagai penunjang Anda bisa memakai selimut yang hangat atau memeluk guling. Selamat mencoba untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

To Top