Life

Ini 5 Kelebihan Introvert Yang Mesti Anda Tahu!

Ini 5 Kelebihan Introvert Yang Mesti Anda Tahu!

Ada banyak sekali anggapan tentang kepribadian introvert. Banyak yang menyangka kalau orang dengan kepribadian introvert adalah orang yang anti sosial, pemalu, memiliki sedikit teman, dan tidak ramah. Apakah hal tersebut memang benar? Seperti apakah sebenarnya kepribadian introvert? Apa saja kelebihan introvert?

Menurut Dr. Jennifer Kahnweiler, penulis The Introvertes Leader: Building on Your Quiet Strenght, introvert merupakan orang yang mendapat kekuatan dari menghabiskan waktu sendirian. Hal inilah yang menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat, sehingga menimbulkan pandangan kalau introvert merupakan orang-orang yang anti sosial.

Dalam sebuah penelitian, orang dengan kepribadian ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memproses sebuah informasi dibandingkan orang-orang ekstrovert. Hal ini karena mereka memproses informasi tersebut lebih dalam daripada ekstrovert.

Mereka meluangkan lebih banyak waktu untuk memproses sebuah ide sebelum berganti ke ide baru. Hal ini juga termasuk kelebihan mereka, nah berikut ini beberapa kelebihan si introvert yang harus anda tahu.

Mereka Adalah Pendengar Yang Baik

Menurut penulis The Introvert Enterprenuer, Beth Buelow, mereka memiliki sifat alami sebagai pendengar yang aktif. Menurutnya, orang dengan kepribadian ini cenderung menjadi teman ataupun kolega yang bisa dihubungi saat senang maupun sedih.  Kelebihan lainnya adalah, selain mendengar mereka juga akan memahami dan memberi wawasan yang telah dipertimbangkan dengan cermat ketika merespon suatu informasi.

Mereka Akan Berpikir Dulu Sebelum Bertindak

Biasanya, mereka merasa lebih nyaman saat mendengarkan daripada berbicara. Menurut Beth Buelo, orang-orang dengan kepribadian tersebut cenderung menggunakan kata dengan bijak. Mereka hanya akan berbicara saat ingin berbicara.

Bukan hanya itu, mereka juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mempertimbangkan gagasan dan perkataannya. Keterampilan seperti ini sangat berguna dalam media digital. Karena mereka cenderung memilih hal-hal yang tepat untuk diunggah serta mampu berkomunikasi dan mengontrol media sosial dengan bijak.

Lihat Juga: 5 Alasan Introvert Susah Jatuh Cinta

Kelebihan Introvert Lainnya Adalah Jeli Dan Teliti

Kelebihan lainnya adalah suka mengamati, mereka bisa menemukan hal-hal yang mungkin tidak diperhatikan kebanyakan orang. Walaupun terlihat santai, sebenarnya mereka menyerap informasi yang diberikan dan berpikir kritis. Mereka juga mengenali lingkungan dengan jeli, selain itu mereka juga biasa memperhatikan ekspresi dan bahasa tubuh seseorang. Sehingga mereka memiliki kemampuan komunikasi personal yang lebih baik.

Mereka Bisa Menjadi Teman Yang Berkualitas

Orang-orang introvert biasa merasa lebih lelah saat berada di sekitar orang lain, karena itulah mereka akan memiliki teman secara bijak. Mereka lebih memilih memiliki beberapa teman dekat yang bisa dipercaya untuk menyimpan energi dan waktu, daripada jaringan pertemanan yang luas. Sehingga mereka memiliki lingkungan pertemanan yang lebih berkomitmen, perhatian dan setia.

Kelebihan Intovert Lainnya Adalah Pasangan Yang Romantis

Kelebihan lainnya adalah mereka bisa merasakan apabila pasangannya ingin ruang privasi, tidak selalu bersama atau terlalu berlebihan dalam menjaga hubungan. Mereka selalu meluangkan waktu untuk mendengar dan mendukung pasangannya tanpa harus membicarakan dirinya sendiri.

Sebetulnya, semua kepribadian mempunyai kelebihan masing-masing, yang penting adalah mengelolanya menjadi hal positif yang tidak mengganggu diri sendiri. Jadi dengan mengenali kelebihan introvert, pemilik kepribadian ini bisa mengetahui kalau mereka juga berpotensi untuk berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

To Top