Life

Ini Tradisi Rakyat Indonesia Yang Biasa Dilakukan Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Tradisi Saat Merayakan Hari Kemerdekaan

Memperingati Hari Kemerdekaan RI di tengah situasi pandemi saat ini memang terasa berbeda. Apalagi di Indonesia terkenal dengan aneka perayaan dan tradisi saat hari peringatan Proklamasi tiba. Tapi adanya pandemi membuat perayaan 17 Agustus jadi lebih terbatas.

Untuk yang merindukan momen semarak kemerdekaan, jangan khawatir. Yuk rasakan momen kemerdekaan dengan mengingat tradisi rakyat Indonesia saat 17 Agustus berikut ini.

Barikan

Syukuran adalah tradisi umum yang kerap dilakukan oleh warga Indonesia, tidak terkecuali di Kota Malang, Jawa Timur. Bedanya, masyarakat di Malang menyebutnya dengan istilah Barikan. Acara ini adalah syukuran yang digelar tiap tanggal 16 Agustus malam di tiap kampung maupun lingkungan warga. Biasanya, Barikan diisi dengan doa bersama, renungan kemerdekaan, makan bersama sekaligus silaturahmi antar warga.

Lihat Juga: Sejarah Bendera Merah Putih dan Artinya

Obor Estafet

Obor estafet menjadi tradisi yang biasa dilakukan warga Semarang untuk menyambut hari kemerdekaan. Dalam tradisi ini, masyarakat akan lari estafet sambil membawa obot. Namun, tradisi ini hanya diikuti oleh para atlet lari berpengalaman. Penggunaan obor dalam tradisi ini sendiri menjadi simbol semangat para pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Peresean

Masyarakat Lombok selalu menggelar Peresean setiap tahun untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Peresean adalah lomba ketangkasan, yang juga salah satu seni tradisional dari Suku Sasak. Dalam tradisi ini, aka nada 2 orang yang bertarung menggunakan senjata dari rotan dan perisai dari kulit sapi atau kerbau.

Tirakatan

Kalau di Malang ada Barikan, Yogyakarta punya Tirakatan. Tradisi ini juga dilakukan pada tanggal 16 Agustus malam. Biasanya, tradisi Tirakatan diselingi dengan potong tumbeng dan penyerahan hadiah lomba 17 Agustus untuk memeriahkan acara. Jadi bukan hanya para sesepuh dan pejabat desa saja, anak-anak juga banyak yang mengikuti tradisi ini.

Lihat Juga: Sejarah Proses Kemerdekaan Republik Indonesia

Seru kan? Meskipun tradisi-tradisi peringatan Hari Kemerdekaan tersebut tidak bisa dilakukan di tengah pandemi, bukan berarti kita tidak bisa merayakannya. Kita bisa tetap berkontribusi dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top