Life

Inilah Tanda-Tanda Sebaiknya Anda Bekerja Mandiri

Inilah Tanda-Tanda Sebaiknya Anda Bekerja Mandiri

Bekerja di dalam sebuah perusahaan berarti harus mengikuti apa-apa yang menjadi ketentuan dan persyaratan di dalam perusahaan tersebut. Mulai dari harus selalu mengiyakan perintah atasan, mematuhi jam kerja yang monoton hingga menyesuaikan gaya berpakaian yang ditentukan oleh perusahaan.

Pernah terpikir untuk bekerja mandiri? Tidak melulu menjadi pengusaha, bekerja mandiri juga bisa berarti Anda menjadi freelance atau melakukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda secara full-time seperti menulis.

Jika Anda masih ragu, cobalah kenali lebih dulu beberapa tanda bahwa Anda memang akan lebih bahagia dan sukses ketika bekerja mandiri. Berikut rangkumannya.

1. Jam Produktif Anda Berbeda

Pada umumnya nyaris semua perusahaan menerapkan jam kerja dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore, atau biasa diberi istilah nine to five. Pada jam-jam tersebut Anda tentu dituntut untuk lebih produktif, diharapkan bisa menyelesaikan pekerjaan pada jam-jam tersebut.

Namun bagaimana bila Anda malah sebaliknya, yakni memiliki passion yang lebih produktif di luar jam-jam tersebut? Misal, Anda merasa lebih bisa berpikir jernih ketika tengah malam yang sepi. Jika ya, maka ini salah satu pertanda Anda sebaiknya bekerja mandiri. Dengan begitu Anda akan lebih leluasa mengatur jam produktif Anda.

2. Anda Tidak Cocok Dengan Rutinitas

Bagaimana rutinitas bekerja Anda selama ini? Berangkat pagi bersama macet, pulang petang bersama ribuan pekerja yang tumpah ruah ke jalan dan itu terjadi berulang selama lima hari dalam seminggu?

Baiklah, wajar bila semua pekerja perusahaan merasa bosan dengan rutinitas yang ada. Tapi bagi Anda, rasanya rutinitas itu lebih dari sekadar membosankan, tapi juga membuat Anda rasanya terkekang dan tidak bebas.

Jika bagi Anda rutinitas adalah sesuatu yang menyebalkan, maka sebaiknya Anda bekerja mandiri. Pekerjaan yang kerap berganti dan memiliki waktu yang fleksibel seperti freelance atau pekerja mandiri lebih membahagiakan dan membuat produktif bagi Anda.

3. Selama Ini Kemampuan Anda Kurang Tersalurkan

Jika Anda merasa bahwa bekerja dalam tim adalah sesuatu yang kurang menyenangkan karena tidak semua kemampuan dan pendapat Ansa tersalurkan, maka bekerja secara mandiri akan lebih mengeksplor potensi yang Anda punya. Anda kerap ‘gregetan’ bila mempunyai gagasan yang dirasa lebih baik tapi tidak semua rekan dalam tim bisa menerimanya.

Jadi, alasan Anda tidak menyukai bekerja secara tim bukan karena Anda anti-sosial, tapi karena Anda ingin lebih banyak mengeluarkan pendapat dan kemampuan Anda tanpa harus mempertimbangkan perasaan dan pendapat rekan lain.

4. Anda Memiliki Definisi Sukses Yang Berbeda

Jika pada umumnya orang berpikir bahwa sukses adalah ketika berhasil meraih jabatan yang tinggi, Anda malah tidak mudah merasa puas akan itu semua. Bagi Anda, sukes bukan sekadar jabatan tinggi dan penghasilan yang mencukupi.

Bagi Anda, sukses adalah ketika seorang pengusaha mampu menciptakan produk yang bermanfaat bagi banyak orang, atau seorang tenaga lepas yang sukses menjaga keseimbangan dalam hidupnya antara bekerja dan liburan.

Jika bagi Anda sukses adalah ketika seseorang mampu berusaha sendiri untuk meraih apa yang diinginkan tanpa harus bekerja di bawah perintah orang lain, maka itu adalah salah satu tanda bahwa Anda memiliki keyakinan bahwa kesuksesan pun bisa didapat dengan bekerja secara mandiri.

Pada akhirnya, bekerja mandiri atau bekerja di bawah perintah orang lain memiliki resikonya masing-masing. Bekerja di dalam perusahaan orang lain sanggup menjamin pendapatan Anda tiap bulannya, sedangkan bekerja secara mandiri memiliki proses panjang untuk menciptakan penghasilan. Sebaliknya, bekerja secara mandiri tentu lebih membahagiakan dibanding harus selalu bekerja menuruti perintah orang lain.

Pikirkan masak-masak sebelum Anda memutuskan ingin bekerja mandiri atau tetap berada dalam perusahaan. Semoga, apapun pekerjaan Anda sekarang, Anda tetap bahagia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top