Life

Intip Tips dan Cara Menata Dapur Homey yang Cozy

Inilah Cara Menata Dapur Agar Homey Dan Cozy

This post is also available in: English

Pada dasarnya cara menata dapur tidak terlalu sulit, hanya saja perlu memahami beberapa poin penting dalam penataan tersebut. Karena, dapur juga merupakan salah bagian terpenting dalam rumah yang harus ada walaupun hanya dalam bentuk kecil. Selain ruang keluarga, dapur juga menjadi ruangan yang bisa jadi tempat berkumpul keluarga yang hangat dan intim.

Persiapan Cara Menata Dapur

Persiapan Cara Menata Dapur
Persiapan Cara Menata Dapur

Sebelum Anda beranjak memulai mendekorasi dapur rumah, perlu ada persiapan sebelumnya. Salah satunya adalah persiapan desain dan tata letak, cara menata dapur pasti akan berhubungan dengan pengaturan ruang makan. Oleh karena itu, ada beberapa poin yang harus Anda tentukan terlebih dulu serta luasan ruangan yang Anda sediakan sesuaikan dengan rencana desainnya.

Beberapa jenis dapur banyak yang mengambil konsep menyatu dengan ruang makan, karena luas ruangan yang tidak terlalu besar atau ingin membuat dapur lebih praktis karena berdekatan dengan ruang makan. Cara menata dapur tersebut, yaitu setelah Anda menentukan terpisahnya atau tidak dapur dan ruang makan tadi baru bisa melangkah ke step selanjutnya.

Setelah itu, jika Anda sudah menentukan bagian dapur dan ruang makan maka saatnya Anda menyesuaikan luasan ruangan dengan desain dapur Anda. Karena, ini akan berhubungan dengan penyedian furnitur atau perabot di dalamnya yang proporsional dengan besaran ruangan.

Bahkan, ada satu hal yang terpenting yaitu sebisa mungkin dapur Anda langsung berhubungan dengan ruang terbuka atau memasukkan unsur terbuka di dalamnya. Sehingga, Anda bisa menentukan terlebih dulu pada sisi bagian sebelah mana dapur Anda cocok diposisikan.

Cara Menata Dapur Dari Desainnya

Sebelum mulai pada bagian utama dalam cara menata dapur, ada beberapa bagian atau poin terpenting dalam membuat desain dapur tersebut. Yaitu, beberapa bagian yang harus ada pada dapur. Ruangan dapur terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian penyiapan dan pengolahan masakan atau dapur basah, bagian penyiapan makanan atau dapur kering.

Jika semua bagian penting tersebut sudah terpenuhi, meskipun tidak terlalu besar bisa membuat suasana dapur menjadi nyaman. Dengan begitu, cara menata dapur bisa membuat suasana memasak pun juga menjadi lebih membuat semangat. Tapi jika salah satu bagian penting tersebut ada yang hilang, maka konsep dapur yang benar tidak akan terwujud.

Tips Menata Dapur Agar Homey dan Cozy

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips cara menata dapur terbaik, pastinya Anda sudah mengetahui dari penjelasan sebelumnya apa yang harus ditentukan dan disiapkan. Adapun setelah semua persiapan dilakukan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar dapur Anda terlihat cozy dan nyaman.

1. Buat Desain Layout Dan Penataan

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan setelah melakukan semua persiapan adalah membuat desain layout dan penataan ruangan, dimana layout tersebut sesuai dengan bagian terpenting dari desain dapur yang juga sudah dijelaskan. Sebelum memulai desain yang sebenarnya, Anda membuat desai layout agar lebih jelas dan tertata dimana dapur basah dan dapur keringnya.

2. Tentukan Tema Desain Dapur

Cara menata dapur yang baik juga berhubungan dengan penentuan tema desain, agar ruang dapur Anda benar-benar terasa cozy seperti dapur-dapur elegan. Ada beberapa tema desain dapur yang bisa diambil, misalnya tema desain klasik, minimalis modern, country, shabby chic hingga vintage.

Pilihan tema desain akan berkaitan dengan pemilihan furnitur atau perabot yang akan disesuaikan. Pilih tema desain yang tidak terlalu berlebihan dan sesuai dengan kondisi rumah Anda, jangan pilih desain yang rumit untuk rumah Anda yang tidak terlalu besar.

3. Pilih Furnitur Proporsional

Pilih Furnitur Proporsional
Pilih Furnitur Proporsional

Begitu Anda sudah bisa menentukan tema desain apa yang akan diterapkan, maka selanjutnya Anda bisa memilih furnitur apa saja yang akan dipakai. Jangan pilih furnitur yang terlalu besar, jika tidak sesuai dengan ukuran besaran ruangan.

Selain itu, pilih juga perabot yang unik dan menarik. Jika ruangan Anda sangat terbatas, Anda bisa memilih furnitur built in yang bisa menjadikan satu furnitur multifungsi.

4. Masukkan Aksesoris Menarik

Dengan selesainya pemilihan bentuk furnitur untuk dapurtercinta Anda, berikutnya Anda bisa memasukkan beberapa tambahan aksesoris menarik. Pertimbangkan juga untuk menambah ambalan atau rak melayang pada dapur Anda.

Kalau memungkinkan, buat meja pantry dekat dengan area penyediaan makanan pada dapur Anda. jika Anda membuat pilihan dapur terpisah dari ruang makan. Maka buat sirkulasi antara dapur dan ruang makan yang sesuai.

Aksesoris pilihan juga bisa dengan memasukkan unsur tanaman dalam pot, dan diletakkan di sekitar dapur agar terlihat menyegarkan. Bahkan, jika Anda memang menginginkan sesuatu yang berseni Anda bisa memasukkan unsur seni seperti mural pada dapur tersebut agar terlihat cozy.

5. Pilih Pewarnaan yang Sesuai

Pilih Pewarnaan yang Sesuai
Pilih Pewarnaan yang Sesuai

Hal terakhir dan termasuk salah satu poun terpenting dalam cara menata dapur adalah pemilihan warna. Karena dapur berhubungan dengan makanan maka pilih warna yang bisa membangkitkan selera makan.

Terutama jika dapur Anda menyatu dengan ruang makan, pilih warna-warna yang terang dan menyegarkan. Misalnya seperti warna hijau, kuning atau pun oren. Beberapa contoh tersebut, bisa membangkitkan selera makan Anda dan keluarga.

Beberapa tips dan ketentuan dalam menata dapur tersebut sangat mudah. Bahkan, tips tersebut bisa dengan sendirinya mengubah suasana dapur Anda akan semakin memberi semangat dalam menyiapkan makanan dan menyantap makanan bersama keluarga. Dengan begitu, dapur Anda akan benar-benar menjadi cozy, homey dan sangat nyaman.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top