Life

Isi Ramadhan dengan Mendekorasi Rumah Buat Lebaran

Isi Bulan Ramadhan dengan Ide Dekorasi Rumah Terbaru yang Fresh

Saat bulan Ramadhan, tentu dekorasi rumah yang paripurna akan Anda perlukan, karena sebentar lagi lebaran dan banyak tamu. Terlebih lagi, dekorasi rumah yang nyaman akan membuat Anda nyaman tinggal berlama-lama di rumah, dan cenderung menghilangkan stress. Apalagi saat ini masih pandemi dan keperluan Anda harus selalu ada di rumah, tidak boleh kemana-mana

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, ini dia beberapa tips dan trik dekorasi rumah untuk membuat hunian nyaman bebas stress!

Pakailah Warna Terang untuk Cat Tembok dan Dekorasi Rumah

Pakailah Warna Terang untuk Cat Tembok dan Dekorasi Rumah
Pakailah Warna Terang untuk Cat Tembok dan Dekorasi Rumah

Memilih warna-warna yang terang yang cenderung mengarah ke warna pastel lembut akan membuat Anda lebih tenang. Mengapa? Karena warna-warna ini akan menstimulasi otak untuk mengirimkan rangsangan berupa rasa senang yang dikirimkan secara alami oleh energi positif di sekitar Anda. Memakai warna terang sangat direkomendasikan, sebab selain membuat Anda merasa nyaman, Anda juga akan menemukan banyak sekali kenyamanan serta keindahan di baliknya.

Warna-warna seperti ini juga mudah dipadukan, entah dengan warna pastel lainnya atau bahkan menciptakan gradasi dengan warna yang lebih tua. Belakangan ini, tren dinding yang terlihat seperti mozaik sedang naik daun. Mungkin saja Anda tertarik untuk mencoba membuat hunian terlihat lebih unik, metode ini sangat bisa diterapkan.

Tekstur Kayu Menambah Kesan Estetik pada Interior

Gaya rumah minimalis sangat cocok untuk Anda yang senang dengan sesuatu yang estetik dan bernilai seni tinggi. Grin pada interior berbahan dasar kayu adalah salah satu contohnya. Grin adalah tekstur pada bagian dalam kayu, yang bisa memprediksi berapa tahun lamanya pohon dari kayu  tersebut hidup sebelum menjadi interior di rumah Anda.

Tidak banyak yang mengetahuinya, namun tren satu ini selain bisa membuat rumah tampak lebih unik, pun dapat menjadikan Anda betah di rumah. Warna coklat kayu yang identik dengan alam memanglah memiliki daya tarik tersendiri yang tak akan membuat Anda cepat bosan memilikinya. Dijamin, dekorasi rumah satu ini akan memberi kesan estetik pada ruangan.

Tata Penempatan Jendela dan Cahaya

Tata Penempatan Jendela dan Cahaya
Tata Penempatan Jendela dan Cahaya

Pencahayaan adalah hal yang penting dalam sebuah hunian. Bukan hanya dari lampu, melainkan jendela transparan akan sangat membantu memulihkan suasana hati Anda di pagi hari.

Ini mungkin tampak sepele. Namun apabila sebuah rumah kekurangan jendela, hal tersebut berpotensi membuat ruangan jadi sumpek, rumah terasa suram karena kurang cahaya matahari langsung, terkesan berdebu, dan semacamnya. Makanya memilih produk serta penempatan jendela yang baik sangat disarankan.

Terbangun karena sinar matahari yang menyorot wajah Anda itu lebih nyaman daripada bangun karena suara alarm.Selalulah ingat, bahawa suasana hati yang baik membuat aktivitas lebih produktif!

Menambahkan Dekorasi Rumah yang Terkesan Alami

Alam identik dengan sesuatu berbau tropis yang menyejukkan. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari stress. Namun, apabila tidak bisa jalan-jalan ke luar, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati sensasi alami di dalam rumah Anda sendiri, bukan?

Menambahkan beberapa kesan menarik yang alami dalam dekorasi rumah bisa menjadi salah satu alternatif. Cobalah dengan memadukan cat hijau segar di beberapa bagian dinding dan aplikasikan seapik mungkin. Tambahkan beberapa lukisan yang sederhana namun cantik, seperti gambar estetik berupa daun janda bolong bahkan anggrek. Tapi apabila Anda kesusahan merawatnya, tanaman hiasan yang terbuat dari plastik pun bukanlah suatu pilihan buruk.

Membuat Suasana Baru di Rumah

Di tengah masa pandemi yang masih belum pasti kapan akan berakhirnya ini, Anda pasti akan bosan berlama-lama terkurung di dalam rumah. Tapi dengan mendekorasi rumah atau menambahkan beberapa objek menarik, tentu suasana hunian akan berbeda, bukan? Contohnya memajang pernak-pernik lucu, lukisan-lukisan bernilai seni yang indah, serta mengadopsi hewan.

Ya, apabila Anda merasa kesepian, Anda bisa mengadopsi hewan yang beradaptasi dengan cepat dan tidak membuat jenuh. Contohnya kucing dan anjing. Namun apabila Anda ragu dengan perawatannya yang cukup merepotkan, ikan hias bisa menjadi pengganti.

Bayangkan kolam akuarium berisi suasana menyerupai laut dengan air dan ikan-ikan beraneka warna yang bergerak kesana-kemari akan membuat suasana rumah lebih hidup. Silakan mencoba.

Menonjolkan Hobi di Beberapa Sudut Ruangan Rumah

Apabila Anda hobi membuat lukisan, Anda pasti akan merasa bangga sekali untuk memajang hasil lukisan Anda tersebut di beberapa bagian dinding rumah. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa bangga dan percaya terhadap diri sendiri.

Contoh lain, jika Anda penyuka sastra klasik dan buku sejarah tebal, menjadikan rumah bernuansa hangat khas perpustakaan bukanlah hal yang aneh. Malah ini bisa membuat Anda lebih betah untuk diam di rumah sekaligus memperdalam atau mengasah lebih kemampuan pada hobi tersebut.

Memilih Dekorasi Rumah Sesuai Kepribadian

Jika rumah Anda mengusung tema minimalis, tambahkanlah beberapa sofa atau dekorasi yang berwarna lembut seperti abu muda, merah jambu, dan hijau limau. Akan terasa agak aneh apabila gaya rumah minimalis yang kental dengan nuansa alam malah memiliki satu set sofa merah mencolok. Nah, mengaplikasikan berbagai warna dengan tema rumah akan sangat berguna. Selain melatih kemampuan Anda untuk menentukan warna, ini juga salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membunuh bosan. Ingat, pilihlah dekorasi rumah yang sesuai dengan tema hunian Anda sendiri.

Memilih Meja Makan Sesuai Kapasitas Orang

Memilih Meja Makan Sesuai Kapasitas Orang
Memilih Meja Makan Sesuai Kapasitas Orang

Penelitian menunjukkan bahwa meja makan bundar yang sedikit lebih sempit dapat mempererat jalinan komunikasi antar keluarga atau pasangan. Apabila Anda tinggal berdua dengan pasangan, metode ini dapat diterapkan. Selain untuk membuat komunikasi semakin lancar, meja bundar juga berbeda dengan meja makan berbentuk persegi yang akan memakan banyak tempat hingga ruangan terkesan sumpek.

Banyak berkomunikasi dengan orang terkasih pun dinilai ampuh untuk menghindari rasa bosan, stress, dan kesepian.

Memastikan Selama Ramadhan Dekorasi Rumah Sudah Oke

Membersihkan rumah setiap hari adalah sebuah keperluan, jangan dulu menunggu rumah kotor untuk dibersihkan. Tapi bersihkanlah setiap hari secara kontinyu. Membersihkan rumah dinilai mampu mengurangi stress karena perhatian Anda juga akan teralihkan.

Memiliki rumah bersih dan nyaman akan sangat menyenangkan meski rumahnya tak seberapa besar, ketimbang mempunyai rumah besar yang isinya jarang dirawat. Jangan malas, rapi dan bersih itu kewajiban. Terutama rumah adalah tempat Anda menghabiskan nyaris 24 jam dalam sehari.

Ingat, rumah yang bersih dan sehat akan menjauhkan Anda dari berbagai macam tungau dan penyakit.

Itulah beberapa saran untuk dekorasi rumah yang dapat membuat hunian Anda tampak lebih menarik selama Ramadhan untuk persiapan lebaran.

To Top