Life

Jadikan Tahun Ini Lebih Hidup Dengan Resolusi 2021

Cara Membuat Resolusi 2021

This post is also available in: English

Tahun 2020 sudah berakhir dan telah berganti, sehingga kini saatnya membuat resolusi 2021 yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Kita semua tahu dan setuju bahwa di tahun 2020 lalu adalah tahun yang cukup sulit untuk beberapa orang. Banyak sekali rencana-rencana yang pada akhirnya gagal untuk dilakukan bahkan beberapa dari plan tersebut harus batal.

Segala sesuatu yang sudah terjadi di 2020 harus menjadi pelajaran dan tidak lagi Anda lakukan pada tahun 2021. Apakah Anda adalah orang yang selalu mempunyai rencana untuk tahun tahun yang akan disambut? Mungkin menulis resolusi adalah sebuah jawaban untuk mewujudkan keinginan-keinginan Anda di tahun yang akan datang.

Terkadang tulisan catatan Anda bisa menjadi pengingat untuk membantu kita tetap menjalani tujuan Anda. Sebelum Anda menciptakan catatan itu, pastilah harus melihat terlebih dahulu hal-hal yang sudah terjadi pada tahun sebelumnya. Ini berguna untuk mengevolusi apakah Anda sudah berproses atau belum dan sejauh apa proses itu sudah berjalan.

Setelah kita bisa menilai proses yang telah kita lalui sampai ke titik ini. Maka langkah selanjutnya adalah menuliskan harapan-harapan yang ingin dilakukan tahun berikutnya. Ada beberapa cara yang dapat kita terapkan dalam membuat resolusi baru.

Refleksi Diri, Kunci Utama Resolusi 2021

Refleksi Diri, Kunci Utama Resolusi 2021
Refleksi Diri, Kunci Utama Resolusi 2021

Setelah melalui waktu yang sulit pada tahun 2020 lalu. Anda pasti menginginkan untuk buru-buru melihat kedepan tentang apa yang harus segera anda lakukan selanjutnya. Namun, tidak perlu terlalu buru-buru dalam mengambil keputusan.

Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menarik napas sebentar lalu mengingat apa yang sudah terjadi kemarin, dan hal apa yang belum terpenuhi. Ambil waktu sebentar untuk melihat diri sendiri, bukankah Anda sudah berproses sampai sejauh ini? Meskipun banyak rencana bahkan resolusi yang tidak tercapai tapi bukan berarti anda tidak berproses bukan?

Di Tahun 2020 kemarin kita tidak mengira bahwa akan terjadi kondisi dimana segala sesuatunya berbalik 180 derajat. Kondisi pandemi kali ini sudah tentu membuat Anda harus mengulang kembali rencana yang sempat tertunda di tahun lalu.

Untuk itu, meskipun melelahkan. Anda harus mengambil pelajaran dari masa lalu. Ambil waktu sejenak untuk melihat dalam diri Anda. Anda harus dapat lebih mudah beradaptasi dengan situasi dan flexibel dengan diri Anda. Itulah kunci resolusi 2021 agar lebih baik dari tahun 2020.

Karena cara terbaik untuk tetap berjalan pada rencana resolusi Anda adalah bersabar dengan diri sendiri dan fokus tentang apa yang ingin Anda kejar.

Menetapkan Tujuan Meskipun Hanya Kecil

Menetapkan Tujuan Meskipun Hanya Kecil
Menetapkan Tujuan Meskipun Hanya Kecil

Sebelum akhirnya Anda menetapkan tujuan di resolusi 2021 yang belum sempat terlaksana tahun lalu. Ada baiknya untuk mencapai resolusi dengan rencana atau tujuan kecil. Ambil rencana atau tujuan kecil yang sekiranya dapat Anda kelola dengan baik.

Salah seorang pekerja sosial mengatakan bahwa apabila Anda memiliki sebuah tujuan besar tapi tidak Anda bagi menjadi beberapa bagian langkah kecil, maka Anda akan berpikir bahwa tujuan itu akan sangat sulit untuk dicapai.

Contohnya seperti ketika anda ingin menjadi seorang pelajar yang baik, lulus dengan nilai sempurna dan akhirnya dapat masuk ke universitas terkenal kota Anda. Maka langkah langkah kecil yang harus anda siapkan adalah dengan mengatur pola tidur, pola belajar dan niat yang kuat. Jika anda sudah dapat mengatur ketiga hal tersebut maka untuk mendapatkan tujuan lolos di Universitas ternama di kota Anda bukan lagi langkah yang sulit.

Maka dari itu, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat resolusi besar adalah dengan menciptakan resolusi kecil. Hal ini bertujuan untuk membuat anda lebih fokus terhadap impian yang Anda. Resolusi dengan langkah yang baik dan benar akan membuat langkah anda lebih mudah untuk mencapai tujuan Anda di tahun sebelumnya.  

Menulis Resolusi 2021 Sendiri

Menulis sebuah resolusi akan mampu membuat kita termotivasi untuk mewujudkannya di tahun mendatang. Salah seorang ahli mengatakan bahwa kadang tulisan yang kita buat dengan baik, bisa menjadi sebuah alat pengingat ketika kita melihatnya lagi, hal ini mampu membuat kita bertanggung jawab penuh dengan tujuan hidup dan diri kita sendiri.

Anda dapat memulai dengan membuat catatan catatan kecil dan sederhana yang bertuliskan kalimat-kalimat motivasi untuk membuat Anda nantinya lebih termotivasi lagi menjalani hidup

Saat nanti Anda ingin meletakkan catatan-catatan kecil itu, jangan lupa untuk memperhatikan tentang dimana anda bisa melakukannya. Pastikan kalender atau tempat yang ingin anda buat menjadi pengingat itu berguna nantinya dan selalu Anda lihat setiap hari. Dengan begitu ketika Anda sedang merasa kurang bersemangat, Anda bisa dengan mudah melihat catatan itu.

Jangan Terlalu Keras Tapi Hindari Mager

Jangan Terlalu Keras Tapi Hindari Mager
Jangan Terlalu Keras Tapi Hindari Mager

Saat anda merasa bahwa apa yang sudah terjadi kemarin belum terealisasikan dengan baik. Anda tidak perlu merasa bersalah, karena tidak semua hal yang terjadi harus sesuai dengan harapan Anda. Itu hal yang wajar dan terjadi pada setiap manusia.

Perlu diingat untuk menjadi sebuah catatan, bahwa tahun baru bukan berarti semua hal pada masa lalu harus mendapatkan awal yang baru. Menurut ahli prikologi, kita semua pasti terkejut dengan segala hal yang sudah terjadi di tahun 2020 lalu. Semua hal yang bahkan sudah Anda rencanakan dengan baik, bisa berbelok gagal. Dan semua orang tahu itu.

Salah satu cara dan satu satunya hal yang bisa Anda lakukan setelah semua hal yang dirasa gagal adalah dengan memaafkan diri sendiri. Tidak semua hal yang gagal itu menjadi sepenuhnya salah Anda.

Baca Juga : 3 Kunci dalam Kehidupan

Tidak peduli kapan Anda ingin memulai semua hal nya dengan resolusi 2021 yang baru, hal paling penting adalah memberi diri sendiri sebuah penghargaan dan meluangkan waktu sejenak untuk merayakan semua proses yang sudah terjadi.  Asalkan, Anda tidak jadi malas bergerak atau mager, karena dapat menghambat produktivitas.

To Top