Life

Jangan Lewatkan! Gerhana Matahari Total 2016 Hanya Terjadi Di Indonesia

Jangan Lewatkan! Gerhana Matahari Total 2016 Hanya Terjadi Di Indonesia

Tepat di tahun 2016 ini, sejumlah peristiwa langit akan terjadi termasuk sebuah fenomena alam yang dinanti-nantikan seluruh dunia. Yup, gerhana matahari total adalah fenomena alam langka yang dimaksud tadi. Fenomena alam ini sangat istimewa karena terjadi beberapa puluh tahun sekali. Hebatnya lagi, gerhana matahari total 2016 hanya terjadi di Indonesia!

Pada 9 Maret 2016 mendatang, sejumlah wilayah di Indonesia akan berubah menjadi gelap bak malam hari meski hanya dalam hitungan menit. Tak heran jika Indonesia kemudian jadi pusat perhatian dunia yang ingin mengabadikan moment langka tersebut. Gerhana matahari total (GMT) diperkirakan akan melintasi 11 provinsi di Indonesia dan berlangsung hanya beberapa menit.

Meski hanya berlangsung beberapa menit, namun fenomena gerhana matahari total dipastikan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Indonesia. Bahkan Kemenko Maritim pun telah menyiapkan sejumlah acara untuk menyambut peristiwa gerhana ini.

Diantaranya adalah pengadaan paket wisata gerhana, rangkaian ekspedisi maritim untuk menyaksikan langsung gerhana matahari total di beberapa wilayah termasuk penyelenggaraan World Total Solar Eclipse Conference.

Dalam rangka menyambut peristiwa langka astronomi ini, LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan ‘hitung mundur’ di kantor LAPAN Jakarta pada Kamis, 14 Januari 2016 lalu, untuk 55 hari jelang peristiwa gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016.

Tak hanya ‘hitung mundur’, LAPAN juga menegaskan waktu perkiraan terjadinya gerhana matahari total 2016 di beberapa provinsi di Indonesia. Yaitu 06.20 WIB untuk wilayah Indonesia Barat, 07.25 WITA untuk wilayah Indonesia Tengah dan 08.36 WIT untuk wilayah Indonesia Timur.

Berikut ini selengkapnya tentang GMT yang terjadi di 11 provinsi bersama waktu terjadinya.

Palembang (1 menit 52 detik)

Waktu GMT : 07.20 WIB

Bangka (2 menit 8 detik)

Waktu GMT : 07.21 WIB

Belitung (2 menit 10 detik)

Waktu GMT : 07.22 WIB

Sampit (2 menit 8 detik)

Waktu GMT : 07.27 WIB

Palangkaraya (2 menit 29 detik)

Waktu GMT : 07.28 WIB

Balikpapan (1 menit 9 detik)

Waktu GMT : 08.33 WITA

Palu (2 menit 4 detik)

Waktu GMT : 08.37 WITA

Poso (2 menit 40 detik)

Waktu GMT : 08.38 WITA

Luwu (2 menit 50 detik)

Waktu GMT : 08.41 WITA

Ternate (2 menit 39 detik)

Waktu GMT : 09.51 WIT

Halmahera (1 menit 36 detik)

Waktu GMT : 09.54 WIT

Selain itu, sejumlah daerah lainnya masih bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian (GMS) yaitu Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Kupang, Ambon dan Manado.

Gerhana matahari total akan terjadi ketika bulan berada diantara matahari dan bumi. Hal ini menyebabkan bayang-bayang bulan jatuh ke permukaan bumi. Daerah yang dilewati bayang-bayang bulan itu akan mengalami gerhana. Dan kali ini Indonesia satu-satunya negara di dunia yang dilintasi bayang-bayang bulan tersebut.

Untuk itu, jangan lewatkan fenomena langka ini dan catat waktu terjadinya untuk kamu yang tinggal di kota-kota yang disebutkan tadi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top