Life

Jangan Menyerah! Inilah 7 Tips Move On dari Kegagalan

tips move on dari kegagalan scaled

Tips Move On dari Kegagalan – Hey, kamu sedang mengalami kegagalan? Saat ini merasa terpuruk dan sulit untuk bangkit? Tunggu sebentar, kamu tidak sendirian kok. Di luar sana banyak orang sukses yang berkali-kali mengalami kegagalan. 

Artinya kegagalanmu sebenarnya belum seberapa. Pernah mendengar kan, kalau ada orang yang menghabiskan jatah gagal di usia muda? Artinya apa? Kamu tidak harus melewati jalur gagal yang berkali-kali, toh itu membuatmu terpuruk bukan? 

Kamu bisa belajar dari pengalaman dan dari cerita mentor. Selain itu, kamu juga bisa menambah wawasan dari buku-buku untuk mengantisipasi kegagalanmu lagi. Nah banyak hal yang bisa kamu lakukan, berikut ini tujuh tips move on dari kegagalan. Yuk disimak! 

Meski Gagal, Kamu Harus Mengakui Kegagalan 

Kok bisa begitu? Ketika kamu gagal, malah kamu diminta untuk mengakuinya? Bukankah kamu sering kali merasa tidak terima kalau kamu sedang gagal? Nah itulah yang terkadang kita lupakan. 

Seakan kita menjadi sombong dan tidak mau mengakui bahwa kita gagal. Atau situasi lainnya kita merasa diri kita terlalu terpuruk dan tidak menyenangi keberhasilan orang lain. Hal tersebut merupakan tindakan yang keliru ya, teman-teman. 

Yang mesti kamu lakukan untuk move on dari kegagalan adalah mengakui kegagalan itu sendiri. Kalau kamu sadar bahwa kamu gagal, artinya kamu pun mencoba mengatasi kegagalan tersebut dengan berusaha lebih baik di kesempatan berikutnya. 

Memang tidak mudah bersikap seperti ini. Namun itulah satu langkah agar kamu bisa move on nantinya. Jangan pernah mengabaikan hal kecil di sekitarmu ya, termasuk sikap dalam menghadapi kegagalan seperti ini. 

Menganalisa Penyebab Kegagalan 

Setelah kamu mengakui bahwa kamu gagal, selanjutnya kamu mesti menganalisis apa faktor penyebab kegagalanmu. Hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi gagal dalam hal apa yang kamu alami. 

Misalnya dalam bidang akademik, kamu gagal meraih IP yang kamu targetkan. Nah dari hal tersebut kamu analisis apa saja yang membuat tujuanmu gagal. Selanjutnya kamu bisa memperbaiki agar hal itu tidak terjadi lagi. 

Memahami Diri dan Mencari Tahu Apa yang Diinginkan 

Kamu pernah gagal dan merasa kegagalan itu disebabkan oleh kamu yang tidak berada pada bidang itu? Nah mungkin itu bisa menjadi salah satu faktornya. Untuk itu, kamu juga perlu memahami apa yang dirimu inginkan. 

Coba bedah kembali apakah langkah yang kamu jalankan sekarang benar-benar jalan yang kamu inginkan? Bisa jadi kamu memang sedang mengupayakan yang bukan jalanmu sehingga hal tersebut tidak pernah berpihak padamu. 

Hati-hati ya! Coba analisis kembali barangkali dari dirimu yang belum berjalan sesuai dengan jalan suksesmu. Sebab, jalan sukses setiap orang berbeda. Kalau dipaksakan sama dengan orang lain, bukankah artinya kamulah yang akan terus menerus gagal? Yuk move on dari kegagalan. 

Mau Move On dari Kegagalan? Cobalah Memahami Pencapaian yang Sudah Didapatkan 

Untuk meminimalisasi terlalu larut dalam kegagalan, yuk coba ingat-ingat apa saja hal yang sudah kamu capai. Coba kenanglah berbagai prestasi yang sudah kamu dapatkan. Atau seberapa banyak pengalamanmu dibanding orang lain. 

Dengan begitu niscaya kamu akan lebih bersyukur. Meskipun saat ini gagal, dengan mengingat pencapaian sejauh ini, sudah selayaknya kamu mengapresiasi diri. Yuk coba berikan self reward untuk dirimu sendiri. Jangan lupa bersyukur telah berjuang sampai sejauh ini:) 

Mengakui Ketakutan dan Hambatan 

Setiap orang pasti punya ketakutan. Di tengah kegagalan pun, kita cenderung merasa takut jika gagal lagi. Begitu seterusnya. Namun ternyata untuk move on dari kegagalan sebenarnya menghadapi rasa takut adalah bagian dari langkah kemajuan kita. 

Setiap harinya pasti penuh tantangan. Begini, hidup saja penuh risiko bukan? Setiap apa yang kita lakukan itu berisiko. Contohnya ketika makan, kita punya risiko tersedak, ketika berjalan kita punya risiko untuk tersandung, dan sebagainya. 

Namun hal itulah yang mesti kamu hadapi jika kamu memang benar-benar ingin sukses. Dengan membayangkan ketakutan yang mungkin terjadi, kamu akan lebih menyiapkan diri. Dengan membayangkan potensi kegagalan yang ada, kita cenderung selalu melakukan yang terbaik. 

Belajar dari Pengalaman 

Kamu pasti sudah sering mendengar kalau guru terbaik adalah pengalaman. Belajar dari pengalaman ini menjadi salah satu upaya untuk move on dari kegagalan. Kalau kamu tidak gagal, kamu tidak akan mendapatkan pengalaman bukan? 

Nah cobalah untuk menjadikan pengalaman itu sebagai bahan pelajaran ke depannya. Selain itu, untuk mengantisipasi kegagalan lagi, banyak-banyaklah membaca buku. Sebab, banyak pengalaman orang sukses yang akan kamu dapatkan dari buku. 

Yuk Move On dari Kegagalan, Tetap Semangat!

Yakinilah bahwa dalam menjalani hidup yang penuh tantangan ini diperlukan semangat yang tinggi. Untuk kamu yang sedang gagal, jangan anggap ini sebagai akhir dari perjuanganmu. Jangan anggap karena kamu gagal hari ini, kamu tidak bisa sukses.

Tetap semangat untuk kamu yang sedang berjuang. Kamu hebat dengan caramu. Jangan berhenti sekarang atau kamu akan menyesal tidak pernah mencoba kembali.

Baca Juga : Move On itu Tidak Instan. So, Jalani Prosesnya

Dibandingkan meratapi kegagalan, yuk bangkit. Kamu boleh kok nangis karena gagal, tetapi kamu tidak boleh menyerah. Selalulah berjuang dan terus berusaha dengan segala kemampuanmu. 

Yuk bisa yuk!! Jangan berhenti melangkah karena kita tidak pernah tahu hal apa yang terjadi di masa depan. Selalulah mengupayakan yang terbaik untuk hari ini. 

To Top