Life

Jangan Panik! Ini Tips Hadapi Gempa yang Ampuh

Jangan Panik! Ini Tips Hadapi Gempa yang Ampuh

This post is also available in: English

Mengapa siapapun sangat dianjurkan untuk mengetahui tips hadapi gempa yang bisa terjadi kapan saja dan saat seseorang berada dimana saja? Seperti berita beberapa waktu lalu, pada Jumat (15/01) kemarin. Ada kabar menyedihkan yaitu gempa dari Sulawesi Barat khusus nya di kabupaten Mamuju.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, gempa yang terjadi pada kabupaten Mamuju tersebut ada pada 6 kilometer laut Majene. Adapun kedalamannya yaitu sekitar 10 kilometer. Mereka juga menambahkan bahwa gempa yang terjadi di kabupaten mamuju ini berasal dari aktivitas sesar. Sering mendapat istilah sebagai patahan lokal yang terjadi di sekitar kawasan tersebut.

Sementara itu, pihak BMKG memberitahukan bahwa sejak kamis hingga hari Jumat, tercatat ada kerusakan yang cukup parah. Ada juga sejumlah korban jiwa. Bahkan BMKG mengatakan bahwa magnitudo gempa tercatat sebesar 6,2.

Pahami Kerusakan Akibat Gempa

Pahami Kerusakan Akibat Gempa
Pahami Kerusakan Akibat Gempa

Tips hadapi gempa yang pertama adalah selalu membaca berita terkait dengan bencana ini agar lebih waspada. Seperti yang telah terjadi kemarin, gempa ini mempunyai kekuatan hingga 6,2 Skala Richter. Karenanya, kekuatan tersebut telah merusak beberapa gedung hingga menyebabkan banyak korban jiwa.

Menurut BNPB, gempa kali ini menyebabkan kerusakan parah yang terjadi di sekitar Hotel Maleo. Ada juga kerusakan di kantor Gubernur Sulbar hingga RSUD milik mamuju. Bahkan sebuah bangunan minimarket juga mereka melaporkan telah roboh. Kerusakan ini mengakibatkan jaringan listrik pada wilayah itu telah dilaporkan mengalami pemadaman.

Sementara itu pada Kabupaten Majene, gempa tersebut telah menyebabkan sebuah longsor. Longsor ini terdapat pada tiga titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju. Hal inilah yang menyebabkan akses jalan terputus.

Pada wilayah ini telah terlapor setidaknya ada kurang lebih 300 unit rumah mengalami rusak parah. Jaringan listrik pun mengalami masalah. Untuk jumlah orang yang mengungsi saat ini ada 15.000 jiwa yang tersebar pada beberapa desa sekitarnya. Mereka mengungsi pada beberapa wilayah desa, yaitu Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Pecabean dan Desa Deking.

Untuk beberapa warga lain telah terlapor mengungsi pada sejumlah lokasi yang tak jauh dari Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lembang, Desa Lakkading, dan Desa Limbua yang ada di sebuah kecamatan di Ulumanda. Tak lupa juga ada warga mereka yang mengungsi pada Kecamatan Malunda dan Kecamatan Sendana.

Kemungkinan dan Fakta Tentang Terhimpit Saat Gempa

Kemungkinan dan Fakta Tentang Terhimpit Saat Gempa
Kemungkinan dan Fakta Tentang Terhimpit Saat Gempa

Tips hadapi gempa berikutnya yaitu pahami kemungkinan terhimpit reruntuhan. Seperti pada sebuah berita yang memberikan sebuah video gempa Mamuju. Dalam video tersebut terdapat seorang bocah berjenis kelamin perempuan terlihat terjebak pada reruntuhan gempa yang ada pada wilayah Majene, Sulawesi Barat.

Pasalnya dalam video yang memiliki durasi selama 30 detik ini, terlihat seorang anak perempuan tampak terjebak pada reruntuhan dengan sembari menangis dan meminta tolong kepada para warga.

Video tersebut merupakan hasil rekaman yang terambil langsung oleh warga sekitar yang juga ikut terdampak gempa tersebut. Akan tetapi ia berhasil selamat dari reruntuhan gedung. Wajah dari anak tersebut terlihat sangat lemas dan berurai air mata.

Meskipun video itu viral, Anda tidak perlu khawatir karena setelah video tersebut terunggah pada salah satu media sosial. Sang anak berhasil terselamatkan oleh warga sekitar.

Tips Hadapi Gempa yang Paling Utama

Tips hadapi gempa yang paling utama adalah pahami dan kenali jenis-jenis gempa. Melihat berita yang mempertontonkan seorang anak yang tengah terjebak di reruntuhan. Anda perlu untuk mengetahui beberapa langkah yang dapat anda lakukan sebelum nanti menghadapi secara langsung bencana alam gempa bumi di wilayah Anda.

Namun sebelum Anda mengetahui hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk menghadapi gempa bumi. Alangkah baiknya untuk mengetahui perihal apa itu gempa bumi.

Gempa bumi sendiri merupakan sebuah getaran yang terjadi dalam permukaan bumi pada kedalaman tertentu yang mengakibatkan pergeseran lapisan. Getaran ini merupakan akibat dari melepaskan energi dari dalam yang pada akhirnya menyebabkan sebuah gelombang bersifat seismik.

Gempa bumi sendiri merupakan salah satu bencana alam yang menjadi langganan di Indonesia. Hal itu disebabkan karena Negara Indonesia sendiri berada di sekitar daerah Cincin Api Pasifik, hal inilah yang menyebabkan indonesia tidak akan pernah lepas dari ancaman bencana alam gempa bumi.

Bahkan menurut catatan milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB sendiri, ada setidaknya 500 kali getaran gempa dengan skala kecil yang terjadi di Indonesia pada tahun 2018.

Tips Hadapi Gempa Agar Tidak Panik

Tips Hadapi Gempa Agar Tidak Panik
Tips Hadapi Gempa Agar Tidak Panik

Terjadinya gempa bumi tidak dapat Anda prediksikan sebelumnya. Karena tidak ada yang tahu kapan pastinya pergeseran lempengan bumi tersebut dimulai. Namun ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi bencana alam ini.

Tips hadapi gempa selanjutnya adalah tetap tenang. Ya, langkah paling utama yang harus Anda lakukan dalam menghadapi gempa bumi adalah mengusahakan diri untuk tetap tenang dan tidak panik.

Ketika Anda sedang berada di dalam rumah, Anda dapat bersembunyi dibawah meja dengan melindungi kepala menggunakan tas atau tangan. Usahakan untuk tidak mendekati barang seperti lemari atau barang yang mudah pecah. Ketika gempa sudah usai, Anda bisa segera keluar dari rumah.

Segera keluar dari ruangan, ketika Anda diketahui tengah berada di dalam gedung yang tinggi, usahakan untuk segera keluar dari gedung tersebut. Akan tetapi, usahakan untuk tidak menggunakan lift, gunakan tangga darurat sebagai sarana paling aman.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Waspadai gedung pencakar langit, ketika Anda sudah berhasil keluar dari gedung. Usahakan untuk mencari tempat perlindungan seperti tanah lapang yang jauh dari gedung-gedung tinggi. Hal ini dikarenakan, Anda bisa saja terkena reruntuhan gedung apabila ada ditengah tengah gedung tinggi.

Mewaspadai gempa susulan, langkah berikutnya yang tak kalah menariknya adalah jikalau gempa bumi dirasa sudah selesai, tetaplah waspada kepada gempa susulan. Karena bisa jadi getaran yang diberikan dari gempa susulan skalanya dapat lebih tinggi dibandingkan dengan gempa pertama. Jika Anda masih berada di dekat rumah, segera untuk mematikan kompor serta jangan lupa untuk memutuskan aliran listrik.

Tips hadapi gempa berikutnya adalah jangan lupa untuk memberikan kabar tentang kondisi diri sendiri, ketika Anda sudah dalam wilayah yang aman. Jangan lupa untuk memberikan kabar kepada sanak keluarga terdekat Anda perihal status Anda yang baik-baik saja. Selain membuat mereka lega, hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan bantuan secepatnya karena mereka tahu perihal posisi Anda saat ini.

Gempa bumi memang salah satu bencana alam yang paling menyeramkan, namun jangan lupa untuk tetap menjaga diri serta orang-orang disekitar Anda untuk lebih mawas ketika menghadapi bencana alam Gempa Bumi. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top