Life

Jenis Jenis Rumput Taman Yang Populer

Jenis Jenis Rumput Taman Yang Populer

Membuat taman di depan ataupun belakang rumah sebenarnya secara tidak langsung membuat hunian Anda terlihat semakin indah, apalagi jika di taman tersebut ada rumput-rumput yang indah.

Berbicara mengenai rumput taman, ada banyak sekali jenisnya yang bisa Anda pilih. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut jenis-jenis rumput taman rumah yang wajib Anda ketahui.

Jenis Rumput Terbaik untuk Taman Rumah

Rumput gajah mini

rumput gajah mini
Rumput Gajah Mini

Sesuai dengan namanya, jenis rumput satu ini berasal dari family rumput gajah tapi versi mininya. Rumput gajah mini sangat cocok ditanam pada taman rumah Anda. Karena selain indah dipandang mata, rumput satu ini juga tergolong cepat tumbuh. Dengan pertumbuhan yang cepat ini, Anda harus memotongnya secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Rumput Jepang

Rumput Jepang Untuk taman
Rumput Jepang

Berbeda dengan rumput gajah mini, rumput Jepang ini memiliki daun yang lebih kecil-kecil dan lembut. Biasanya rumput Jepang sangat disukai oleh kambing atau binatang pemakan tumbuhan lainnya. Jadi, Anda harus berhati-hati apabila ada binatang herbivora yang mendekat.

Agar rumput Jepang bisa tumbuh secara optimal, tanamlah pada tempat yang mudah terkena sinar matahari, terutama pada pagi hari. Selain itu, karena pertumbuhannya sangat cepat, Anda harus rajin memotongnya secara rutin 3 Minggu sekali supaya tetap terlihat rapi.

Rumput babat

Rumput babat
Rumput Babat

Rumput babat merupakan jenis rumput yang cenderung lebih pendek dan halus dari pada lainnya. Biasanya rumput babat sering dipakai untuk lapangan golf. Selain itu, rumput babat juga termasuk jenis tanaman yang mampu bertahan hidup dalam lingkungan kurang air. Sehingga rumput satu ini sangat cocok di tanam bagi Anda yang sebelumnya belum faham perawatan rumput sebelumnya.

Rumput Manila

Rumput Manila adalah jenis rumput yang kerap digunakan untuk olahraga khususnya olahraga sepak bola. Jenis rumput taman ini tergolong berkualitas tinggi dengan elastisitas baik dan berwarna hijau pekat. Selain itu, rumput Manila juga memiliki kekuatan yang sangat tinggi dan tahan terhadap pijakan.

Untuk itu, jenis rumput taman ini membutuhkan perawat rutin. Mulai dari memberinya pupuk, menyiram hingga memangkasnya. Menariknya, rumput ini mampu mengendalikan erosi sebab mampu tumbuh di tanah berpasir. Sehingga, tidak ada salahnya memilih rumput Manila sebagai penghias pekarangan rumah kalian.

Rumput Swiss

Selanjutnya ada rumput Swiss. Dari semua jenis rumput taman, rumput Swiss lah yang paling halus. Jangan heran jika harga jual rumput Swiss paling mahal di antara semuanya. Tak hanya itu, rumput Swiss juga membutuhkan ekstra perawatan.

Pastikan rumput tersebut memiliki pencahayaan cukup, dan perawatannya harus diberikan pupuk urea sebulan sekali. Selain itu, pastikan jenis rumput taman ini diletakkan di area kering. Sebab, rumput Swiss tidak bisa tumbuh secara maksimal di tempat lembap.

Rumput Golf

Jenis rumput taman ini memang jarang sekali dipilih untuk menghiasi pekarangan rumah. Selain harganya mahal, jenis rumput Golf juga memerlukan perawatan yang rumit. Seiring berjalannya waktu, banyak sekali perumahan yang sudah menggunakan jenis rumput taman ini.

Karakteristik rumput yang bergelombang dan tekstur lembut membuatnya menjadi favorit. Pastikan rumput Golf mendapatkan pencahayaan matahari yang baik dan juga ketik rumput sudah tubuh kalian harus memangkasnya sebulan sekali.

Rumput Peking

Terakhir, jenis rumput taman kekinian yang bisa dijadikan referensi yakni rumput Peking. Sebenarnya, rumput ini memiliki karakteristik serupa dengan rumput Jepang. Perbedaannya yakni rumput Peking memiliki helai daun yang jarang dan teksturnya lebih lembut. Rumput Peking memiliki tampilan yang rapi dan mewah.

Karena itulah, harga rumput peking cenderung lebih mahal. Meski begitu, ada lagi kelebihan rumput Peking yaitu tahan saat musim hujan. Namun tetap, kalian harus memperhatikan perawatannya. Rumput peking lebih cocok digunakan pada area yang tidak terkena pijakan atau dudukan.

Bagi Anda yang hendak membuat taman rumah, sesuaikanlah jenis rumput diatas dengan selera masing-masing. Jangan lupa pula selalu rawat rumput tersebut agar dapat terlihat semakin cantik dan asri.

Itulah beberapa jenis-jenis rumput taman untuk rumah yang bisa Anda gunakan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top