Life

9 Jenis Lobster Langka Yang Pernah Ada Di Dunia

lobster

Lobster bisa dibilang sebagai salah satu kekayaan laut yang memiliki nilai tinggi, termasuk di Indonesia. Baru-baru ini, di Indonesia muncul kasus mengenai lobster yang menyeret mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo ditangkap atas kasus korupsi ekspor benih lobster atau benur. Edhy ditangkap oleh KPK di bandara Soekarno-Hatta pada 25 November 2020 setelah kepulangannya dari kunjungan kerja di Amerika.

Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa jenis lobster langka yang pernah ditemukan di dunia dan memang sebaiknya dibudidayakan. Umumnya lobster berwarna hitam dengan sedikit corak oranye, abu-abu gelap sedikit hitam ataupun biru kehijauan. Namun, ada beberapa lobster yang memiliki warna unik dan berbeda seperti pada umumnya.

Tidak semua orang bisa menemukan jenis lobster langka ini, hanya orang-orang yang beruntung yang bisa menangkap jenis lobster langka. Kira-kira seperti apa warna dari lobster-lobster langka di dunia yang pernah ada? Yuk simak baik-baik ulasannya dibawah ini.

1. Lobster dengan warna galaksi

Jenis Lobster galaxy

Lobster galaksi pertama kali ditemukan di perairan Papua, Indonesia. Penemuan jenis lobster langka ini sempat menggegerkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, lobster ini memiliki corak warna yang sangat cantik dengan gradasi warna antara biru muda dan biru tua di bagian capitnya. Di bagian badan hingga ekor memiliki gradasi warna ungu hingga kemerahan disertai dengan bintik-bintik putih yang membuat tampilannya seperti galaksi.

Ada salah satu ilmuwan yang berasal dari Jerman bernama Christian Lukhaup tertarik dengan adanya jenis lobster galaksi ini. Ia langsung melakukan penelitian dan menemukan bahwa lobster ini masuk ke dalam spesies Genus Cherax. Dari situlah, ia memberikan nama untuk lobster galaksi ini dengan sebutan Cherax Pulcher. Kata “Pulcher” berasal dari bahasa latin yang artinya cantik.

Saat ini, lobster galaksi ini bisa dibilang terancam punah karena banyak diperdagangkan sebagai hewan hias. Selain itu, kehidupan daerah Papua yang terus meningkat ditambah dengan berbagai masalah lingkungan yang ada di Papua berpengaruh pada habitat dari lobster jenis ini.

2.  Jenis Lobster berwarna biru neon

Lobster dengan warna langka yaitu biru neon ini ditemukan oleh dua orang nelayan Kanada pada tahun 2016 di lepas pantai Nova Scotia. Di kawasan tersebut, apabila menangkap lobster berwarna biru dianggap suatu keberuntungan.

Banyak hal yang menjadi penyebab warna biru pada lobster ini seperti kondisi makanan maupun habitat. Namun, ada beberapa lobster yang memiliki warna biru karena kelainan genetik yang berasal dari hasil induk lobster biru yang mengandung banyak protein daripada jenis lobster lain.

Kemungkinan peluang untuk menemukan lobster ini sangat sedikit karena populasinya sendiri hanya sekitar satu banding 2 juta lobster yang memiliki warna biru. Di pasaran, lobster ini dijual dengan harga yang cukup mahal karena populasinya yang tidak mudah ditemui.

4. Jenis Lobster warna kuning cerah

Lobster kuning ini termasuk lobster yang lebih langka daripada lobster lainnya. Lobster kuning yang juga disebut dengan lobster Calico ini hanya bisa ditemukan sekitar 1 dari 30 juta ekor lobster yang ada di dunia, bahkan lebih langka dari lobster merah. Pada tahun 2014, seekor lobster kuning diselamatkan dari tangki lobster di supermarket untuk dikembalikan ke habitat asalnya.

Lobster ini memiliki warna kuning pucat hingga kuning oranye cerah. Warna dari lobster kuning ini didapatkan dari induk lobster kuning. Warna itulah yang membuat lobster ini tidak bisa bertahan hidup di laut karena biasanya menjadi incaran hewan predator karena warna dari cangkangnya yang memiliki daya tarik.

4. Lobster kuning berbintik warna hitam

Lobster ini ditemukan oleh salah satu pemilik pasar ikan bernama Nicholas di daerah Pine Point, Maine, Portland yang masuk ke dalam jenis lobster Calico. Penemuan ini diketahui dari Nicholas yang memeriksa hasil tangkapan laut yang baru saja dikirim. Lobster ini memiliki warna yang unik dimana cangkangnya berwarna kuning oranye dengan bintik hitam di seluruh tubuhnya mulai dari capit hingga ekornya.

5. Lobster Langka berwarna biru pastel

Selain lobster berwarna biru neon, ada juga lobster dengan warna unik yang berhasil ditemukan karena tidak sengaja terjaring oleh nelayan bernama Robinson Russell di laut pulau Grand Manan, Kanada. Lobster tersebut memiliki warna dasar biru langit atau pastel dengan gradasi warna merah muda dan putih disertai bintik-bintik kecil berwarna ungu di tubuhnya.

Keunikan warna yang dimiliki oleh lobster ini sepertinya karena adanya kelainan genetik yang disebut dengan astaxanthin yang mengandung pigmen warna merah yang biasa dimiliki oleh lobster ini mengikat protein lain sehingga menciptakan warna biru muda bercampur dengan warna merah muda.

6. Jenis Lobster dua warna

Lobster jenis ini dikenal dengan “half and half” karena memiliki dua warna yang terpisah di bagian tengahnya secara vertikal yaitu setengah berwarna oranye, merah dan setengah berwarna hitam. Sama seperti lobster kuning dan lobster biru pastel, warna dari lobster ini berasal dari mutasi genetika..

Lobster dengan warna unik ini ditemukan oleh seorang nelayan di lepas pantai Maine pada Agustus 2019 kemudian menyerahkannya ke Maine Center for Coastal Fisheries. Keunikan lobster yang memiliki warna terpisah ini membuat jenis ini disebut dengan Halloween Lobster.

Peluang untuk menemukan jenis lobster ini adalah satu banding 50 juta ekor lobster yang ada di dunia. Lobster dua warna ini pernah dipajang di Discovery Wharf di Stonington bersama dengan dua jenis lobster langka lainnya yaitu lobster kuning dan lobster biru.

7. Lobster oranye terang

Lobster ini ditemukan oleh chef dari restoran Lobster dan Clam Bar yang ada d Massachusetts, Amerika Serikat. Ia secara tidak sengaja menemukan lobster ini dalam keranjang stok lobster yang ada di restoran. Lobster ini berwarna orane terang seperti warna lobster setelah dimasak.

Peluang untuk menemukan lobster oranye ini bisa dibilang sedikit karena jumlah dari lobster ini hanya sekitar 1 banding 30 juta ekor lobster di dunia. Seperti warna langka dari lobster yang ditemukan, warna dari lobster ini berasal dari kelainan genentik dari induknya.

8. Lobster warna merah

Dibandingkan lobster biru, lobster langka berwarna merah ini lebih jarang ditemukan. Ada juga lobster merah yang hidup di alam namun keberadaannya sendiri hanya satu banding 10 juta ekor lobster di dunia. Lobster ini tidak hanya berwarna merah saja, namun di bagian badannya terdapat corak warna hitam disertai bintik-bintik putih di seluruh badannya. Ketika lobster ini dimasak, warna dari lobster ini berubah menjadi warna merah muda.

9. Lobster albino

Diantara jenis-jenis lobster yang disebutkan, lobster albino adalah salah satu lobster yang paling langka. Lobster ini ditemukan di lepas pantai Dorset, Inggris oleh dua orang nelayan. Lobster yang juga dikenal dengan lobster kristal ini diyakini bisa bertahan hidup hingga 30 tahun.

Dengan warnanya sendiri yang mudah dikenali bisa saja hewan ini menjadi incaran predator lain. Lobster liar saja yang cenderung berwarna gelap harus melakukan penyamaran agar bisa bertahan hidup apalagi lobster albino ini yang memiliki warna putih. Jadi, lobster albino yang bisa bertahan hidup tanpa kamuflase adalah suatu keajaiban.

Langkanya lobster albino ini membuat peluang untuk menangkap di alam liar sekitar satu banding 100 juta ekor dari seluruh lobster yang ada di dunia. Lobster ini adalah satu-satunya lobster yang tidak berubah warna ketika dimasak.

Nah, itulah beberapa lobster langka di dunia yang pernah ada. Kira-kira mana nih lobster yang paling menarik perhatian kalian? Dari segi warnanya saja, lobster-lobster di atas sudah menarik perhatian, pastinya tidak akan tega untuk memakannya. Paling cocok jika dijadikan koleksi hewan peliharaan. Semoga bermanfaat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top