Life

Jenis Makanan Yang Sehat dan Aman Untuk Hamster

Jenis Makanan Yang Sehat dan Aman Untuk Hamster

This post is also available in: English

Hamster termasuk binatang pengerat yang ukurannya mini. Di dunia ini terdapat berbagai jenis hamster dan ada di hampir setiap negara.

Salah satu spesies hamster yang banyak dijadikan hewan peliharaan adalah jenis Campbell. Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai spesies hamster ini. Berikut adalah informasi mengenai hamster Campbell:

  • Nama LatinPhodopus campbelli.
  • Ukuran: 10 sampai dengan 11.5 cm.
  • Asal: Asia Tengah, termasuk Mongolia, China, dan Rusia Utara.
  • Masa Hidup: 1 hingga 2 tahun, bisa juga lebih dari itu.
  • Temperamen: Hmaster Campbell memiliki sifat penasaran.
  • Keragaman: Hamster Campbell terdapat dalam berbagai variasi warna mulai dari coklat, putih, krem, abu-abu dan hitam dengan mata yang merah atau hitam.

Selain itu hamster termasuk ke dalam hewan yang dapat memakan makanan apa saja, mulai dari buah-buahan, sayuran sampai daging. Namun, biasanya untuk memberi makanan kepada hamster, cara yang terbaik adalah dengan melihat apa yang hamster makan dalam kehidupan liarnya di alam.

Hamster liar memakan biji-bijian, rumput, serta serangga. Oleh karena itu, layaknya manusia, hamster dikategorikan sebagai hewan omnivora. Atas dasar hal itu, biasanya makanan hamster yang dijual di toko-toko hewan merupakan kombinasi dari buah, sayuran, serta daging.

Jenis Makanan Yang Sehat dan Aman Untuk Hamster
Makanan Hamster

Makanan yang Disukai Hamster

Hamster suka mengonsumsi buah dan sayuran, namun Kamu harus memperhatikan jumlah pemberiannya. Tidak jarang kita melihat hamster masih meminta-minta makan meski dia masih menyimpan makanan dalam tempat penyimpanannya.

Jika Kamu terlalu bermurah hati dalam memberikan buah dan sayuran, maka hamster kesayangan kamu bisa terkena diare. Hamster suka sekali menyantap wortel, meski begitu Kamu tidak boleh terlalu banyak memberinya wortel, karena kandungan gula dalam wortel cukup tinggi, hamster Kamu bisa obesitas karenanya. Selain wortel, jenis makanan lain yang disukai hamster adalah brokoli, kembang kol, mentimun, apel, pir, dan pisang. Kamu jangan sekali-kali memberi hamster Kamu buah jeruk atau bawang, karena kandungan asamnya yang tinggi dalam kedua makanan tersebut bisa menyebabkan perut hamster bermasalah.

Kamu juga bisa memberikan makanan yang spesial untuk piaraan Kamu itu. Berikanlah seminggu sekali pada hamster, sebutir telur rebus atau belatung. Keduanya merupakan sumber protein yang bagus untuk hamster.

Meski kita tahu bahwa hamster bisa diberi makan daging, namun kita juga kerap mendengar bahwa jika daging diberikan ke hamster maka bisa memicu perilaku kanibalisme pada diri hamster. Apakah itu benar? TIDAK. Itu adalah mitos yang berkembang yang tidak perlu dipercaya. Memang, tidak menutup kemungkinan hamster dewasa untuk memakan hamster muda, namun hal itu terjadi jika hamster nampak tidak sehat, ataupun jika tidak tersedia cukup makanan ataupun air.

Dalam beberapa kasus, hamster kadang membunuh, atau memangsa, sesamanya jika lingkungan tempat tinggalnya terlalu padat dan tidak bersih. Nmaun, perilaku itu tidak disebabkan oleh pemberian daging ke dalam menu makanannya. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir dalam memberikan daging ke hamster kesayanganmu.

Perhatikan Makanan Hamster

Meski hamster termasuk dalam hewan yang bisa memakan makanan apa saja, namun jangan sekali-kali Kamu memberikannya makanan yang memiliki bentuk yang tajam atau lancip, karena jika hamster menyimpan makanan itu ke bagian lehernya, maka hal tersebut dapat menyebabkan luka yang serius pada hamster piaraan Kamu. Selain daripada itu, selama Kamu memberikan hamster makanan yang bergizi seimbang, lagi segar, maka hamster pun akan merasa senang.

Berapa Banyak Makanan yang Diberi?

Menurut situs pdsa.org.uk, Syrian hamster sebaiknya diberi makan sebanyak 10 gram sekali makan dengan frekuensi 2 kali sehari. Namun, angka itu bukanlah jumlah makanan yang pasti berlaku pada setiap hamster, Kamu juga harus melihat bagaimana dengan selera makan hamster Kamu, karena selra makan tiap hamster tentunya berbeda, tergantung dari kondisi masing-masing.

Kapan Sebaiknya Memberi Makan Hamster?

Hal terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mengetahui kehidupannya di alam. Hamster yang hidup di alam liar biasanya akan keluar mencari makan pada saat malam hari. Mereka punya alasan tersendiri, yaitu untuk menghindari para predator di siang hari. Meski begitu, hamster juga suka makan terus atau ngemil beberapa kali di sepanjang hari. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhannya itu, Kamu harus memperhatikan kebutuhan makanan dan pola makan hamster-mu.

Apapun keadaannya ingatlah agar selalu memberi makan yang segar kepada hamster di setiap waktu makannya. Tidak hanya itu, Kamu juga harus menyediakan air bersih untuk hamster kesayanganmu, serta cucilah wadah minum hamster setidaknya seminggu sekali.

Air yang diberikan sebaiknya jangan terlalu banyak mengandung klorin, jika air yang ingin diberikan mengandung klorin kadar tinggi, maka Kamu harus menyaringnya terlebih dahulu sebelum memberikannya ke hewan hamster peliharaanmu.

To Top