Life

Kailan, Sayur Asal Tionghoa yang Kaya Manfaat

Kailan, Sayur Asal Tionghoa yang Kaya Manfaat

Sayur kailan tergolong sayuran baru yang belum terlalu familiar bagi masyarakat Indonesia. Kailan adalah sayuran yang memiliki batang tebal dan daun yang hampir mirip dengan bayam namun batangnya seperti brokoli dan kembang kol, sebab sayur ini berasal dari spesies yang sama yakni brassica oleracea.

Karena berasal dari Tionghoa maka kailan banyak digunakan dalam masakan Tionghoa khususnya masakan Kanton, yakni masakan yang berasal dari daerah Guangdon yang merupakan salah satu dari delapan tradisi masakan Tiongkok. Di Indonesia sendiri kailan banyak diolah sebagai tumis atau direbus.

Cara Menanam Sayur Kailan

Penggunaan kailan sebagai bahan kuliner ini sebab manfaatnya yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh, mulai dari mineral  vitamin B, vitamin C, serat, antioksidan, zat besi, kalsium, dan beberapa zat baik lain. Berikut ini adalah tata cara menanam sayur kailan :

Syarat tumbuh Kailan

Tanaman kailan mampu tumbuh dengan baik pada media tanah yang mempunyai kandungan zat organic. Sedang untuk ph idealnya yakni antara 5 – 6,5, untuk mendapat ph ideal maka lakukan pengapuran dahulu pada media tanam.

Sedangkan suhu yang dibutuhkan sekitar 23 – 25 derajat celcius, maka tanamlah pada tempat yang mendapat sinar matahari cukup. Selain itu sebaiknya penanaman dilakukan pada akhir musim penghujan. Hal ini dikarenakan kailan tidak terlalu menyukai air menggenang.

Persiapan lahan tanam

Langkah selanjutnya yakni memberi pupuk berupa pupuk kandang atau pupuk kompos pada lahan yang akan ditanami, lalu diamkan selama 1-2 minggu. Jika ph tanah di bawah ph yang rekomendasi bisa dikerjakan pengapuran dengan kapur dolomit sesuai dosis hingga ph sesuai.

Kemudian bersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu lain. Lalu gemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak. Lalu buatlah bedengan dengan diameter 0,5 m x 6 m lalu buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 10 cm dan jarak tanam dibuat 25×25 cm. Jika semua siap segera lakukan penanaman.

Persiapan media tanam pot

Selain cara menanam sayur kailan yang ditanam pada lahan langsung, juga dapat ditanam di pot yang diletakkan pada halaman rumah. Untuk menanam di pot cukup mudah, yakni siapkan pot atau polybag lalu isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Berilah sedikit lubang, la;u tanam tunas kailan hasil penyemaian di polybag. Sebaiknya lakukan penanaman ini di sore hari.

Pengadaan bibit Kailan

Sebelum melakukan penanaman pada media tanam, sebaiknya bibit disemai terlebih dahulu pada polybag selama kurang lebih dua minggu. Setelah bibit berumur 3 minggu maka bibit siap dipindahkan pada media tanam. Cara menanam sayur kailan dengan menanam bibit pada lahan dengan jarak kurang lebih 40×30 cm.

Perawatan

Hal yang perlu diperhatikan dalam penanaman segala tanaman yakni perawatan sebab jika perawatan baik maka hasilnya juga bagus. Berikut langkah perawatan tanaman kailan :

Penyiraman

Lakukan penyiraman dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari, namun jika musim penghujan tidak perlu melakukan penyiraman. Kondisikan saja penyiraman sesuai kebutuhan, jika tanah di sekitar tanaman masih basah dan gembur maka tidak perlu melakukan penyiraman.

Penyiangan

Jika di sekitar tanaman kailan terdapat rumput liar atau gulma maka lakukan penyiangan supaya nutrisi tanah tidak terserap oleh gulma.

Pengendalian hama dan penyakit

Sayur kailan juga tidak luput dari serangan hama. Hama yang sering menyerangnya yakni ulat, serangga, kutu daun serta kumbang. Salah satu langkah pengendaliannya yakni dengan menyemprotkan pestisida dengan dosis kecil pada tanaman.

Pemupukan

Setelah tanaman ditanam selama 2 minggu maka lakukan langkah pemupukan. Berikan pupuk urea, tsp, serta pupuk majemuk npk dengan dosis kandungan n tinggi supaya bagian batang dan daun tumbuh subur.

Berikan juga campuran pupuk urea dengan dosis 35 gram, sp-36 dengan dosis 10 gram, dan kcl dosis 10 gram, lalu taburkan pada sekeliling tanaman dengan jarak tabur antara 5-7 cm.

Pemanenan sayur Kailan

Tanaman Sayur Kailan asal tionghoa

Waktu yang paling ditunggu dalam penanaman yakni pemanenan. Sayur ini dapat dipanen setelah berusia sekitar 7 – 8  minggu setelah proses penanaman. Cara memanennya cukup dengan mencabut tanaman beserta akarnya, selanjutnya bersihkan tanah yang menempel pada kar dengan air mengalir.

Hati – hati dalam mencabut dan mencucinya, karena goresan kecil pada permukaan dapat mempengaruhi mutu sayur.

Manfaat sayuran Kailan

Pada sayur kailan terdapat kandungan nutrisi dan mineral penting yang memiliki fungsi sebagai anti oksidan serta anti radang. Selain itu warna hijau mengandung vitamin A. C. E. Dan K yang sangat tinggi dibanding sayur hijau lainnya. Berikut manfaat sayur kailan  bagi kesehatan :

Menurunkan kolesterol

Dalam takaran tepat, kolesterol mempunyai banyak fungsi penting di dalam tubuh. Misalnya, dipakai untuk membuat asam empedu, yakni zat yang membantu tubuh mencerna lemak.

Lalu, hati akan merubah kolesterol menjadi asam empedu, selanjutnya dilepaskan ke saluran pencernaan setiap kali mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi.

Zat yang disebut sekuestran asam empedu dapat mengikat asam empedu dalam saluran pencernaan dan menghindarkannya diserap kembali. Ini menurunkan jumlah total kolesterol dalam tubuh.

Mengandung sekuestran asam empedu, yang dapat mengurangi kadar kolesterol. Zat tersebut juga mempunyai peran penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Cara menurunkan kolesterol salah satunya dapat dilakukan dengan minum jus kailan setiap hari selama 12 minggu meningkatkan kolesterol HDL (“baik”) sebesar 27% dan mengurangi kadar LDL sebesar 10%, sekaligus meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

penangkal kanker

Kanker ditimbulkan oleh perkembangan sel yang tak terkendali. Kailan mengandung senyawa yang terbukti mempunyai efek perlindungan terhadap kanker.

Salah satu senyawa tersebut ialah sulforaphane, zat yang sudah dipercaya membantu melawan proses membentuk kanker pada tingkat molekuler. Terdapat kandungan indole-3-carbinol, zat lain yang terbukti dapat membantu menghindarkan kanker.

Sumber vitamin C

Vitamin C ialah antioksidan penting yang mudah larut dalam air dan mempunyai peran vital dalam jaringan-jaringan tubuh. Misalnya, vitamin C dibutuhkan sintesis kolagen, yaitu protein struktural paling melimpah di tubuh.

Terdapat kandungan vitamin C tinggi bahkan 4,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan bayam. Bahkan termasuk dalam sumber vitamin C terbaik di dunia. Secangkir kailan belum matang mengandung lebih banyak vitamin C daripada sebuah jeruk utuh.

Kaya antioksidan

Pada sayur kailan mengandung antioksidan tinggi tergolong beta-karoten dan vitamin C, serta beraneka macam flavonoid dan polifenol. Secara teknis antioksidan ialah zat yang membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas dalam tubuh. Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu pemicu utama penuaan dan penyakit sangat parah, tergolong kanker.

Di samping itu juga mengandung zat flavonoid quercetin dan kaempferol yang memiliki kegunaan untuk memperkuat jantung, mengurangi tekanan darah, anti-inflamasi atau peradangan, anti-virus, anti-depresan dan anti-kanker.

Kesehatan mata

Ketika memasuki usia senja maka penglihatan juga akan berkurang. Dalam sayuran kailan terkandung lutein dan zeaxanthin yang bisa melindungi dan menjaga penglihatan mata. Seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan lutein dan zeaxanthin cukup mempunyai risiko degenerasi makula dan katarak jauh lebih rendah.

Menurunkan berat badan

Kailan mempunyai beberapa khasiat yang menjadikannya sebagai salah satu sayuran yang bisa membantu penurunan bobot tubuh. Hal ini dikarenakan rendah kalori sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih awet.

Pada sayur ini juga mengandung air dengan kepadatan energi rendah. Mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi rendah telah dipercaya membantu penurunan bobot tubuh.

Juga terdapat kandungan protein dan serat atau dua nutrisi penting dalam mengurangi bobot tubuh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top