Life

Karir Sukses Tergantung Pada Sikapmu di Usia 20

Karir Sukses Tergantung Pada Sikapmu di Usia 20

Banyak yang mengatakan sukses itu butuh proses. Boleh jadi hal tersebut benar sebab sukses adalah dimana kita akhirnya bisa mencapai apa yang kita inginkan dan untuk mendapatkan semua yang kita mau dibutuhkan perjuangan yang tidak sedikit. Jatuh-bangun pasti terjadi, mengalami semangat yang pasang-surut pasti akan kita rasakan.

Namun, sebenarnya tidak dibutuhkan perjalanan selama itu bila sejak awal kita sudah mempunyai modal yang cukup. Bila kita sudah bisa membenahi sikap-sikap sejak awal, ke depannya pasti akan menjadi lebih mudah.

Usia 20 tahun adalah waktu terbaik di mana kita memiliki semangat yang lebih besar untuk meraih karir sukses. Maka, membenahi sikap-sikap sejak usia 20 wajib dilakukan demi mempunyai modal yang cukup meraih sukses. Berikut panduan untukmu agar bisa mengoreksi, membenahi sikap sejak usia 20 tahun demi memiliki modal untuk sukses.

1. Pandai Bersyukur

Pekerjaan pertama kadang terasa tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jangan langsung patah semangat. Pada pekerjaan pertama fokuslah untuk mendapat pengalaman. Apapun pekerjaan pertamamu, itu selalu merupakan langkah awal yang bagus.

Hargai dan ucapkanlah terima kasih lewat senyuman tulus pada orang-orang telah yang berlaku baik padamu, terutama di lingkungan pekerjaan. Kesan baik akan menimbulkan efek positif pada langkah karirmu selanjutnya.

2. Kesalahan Bisa Jadi Kesempatan

Dalam proses ‘belajar bekerja’ tentu akan banyak kesalahan yang kita lakukan karena belum pernah mengerti sebelumnya. Pengalaman kurang menyenangkan, kesalahan yang membuat atasan marah, ambil pelajaran dari semua itu.

Belajar menerima kesalahan diri sendiri, intropeksi, agar kemudian di kemudian hari tidak mengulangi kesalahan yang sama. Hal ini berlaku juga untuk mencegah dirimu untuk terpeleset dalam kegagalan.

Bila sudah tahu di depan kita ada jurang, kita secara otomatis akan menghindarinya, ‘kan? Ubah kesalahan untuk menjadi kesempatan menjadi lebih baik ke depannya.

3. Percaya Diri

Untuk terus melangkah, kita mesti yakin bahwa kita akan mampu melewati semua. Apapun rintangan pekerjaan, percayalah semua akan teratasi oleh kelebihan bahkan kekurangan yang ada di dalam diri kita.

Yakin pada kemampuan diri sendiri juga bisa menjadi api semangat bagi diri kita dan orang lain. Timbulkan semangat positif lewat kepercayaan diri, yakinlah kita mampu sebab ragu-ragu hanya akan membuat kita melewatkan kesempatan yang ada.

4. Datangkan Motivasi

Posisikanlah diri dalam lingkungan yang berisi orang-orang optimis dan yang suka rela saling memberi motivasi. Cari orang-orang yang mendukung ketika jatuh, meyakinkan saat kita ragu dan yang berani memberi saran ketika kita melakukan kesalahan.

Dalam lingkungan kerja, memang akan banyak orang dengan beragam karakter. Hati-hati dengan mereka yang sekiranya bisa membuatmu kehilangan energi positif saat bekerja. Pandailah menilai orang tanpa harus menghakimi.

5. Reputasi Baik Itu Penting

Memang, setiap orang tentu punya kekurangan. Bekerja pada rutinitas sehari-hari, mengadapi beragam macam karakter orang lain hingga masalah-masalah lain yang cukup menguras emosi memang sangat mungkin kita alami saat bekerja.

Mengeluh boleh saja, asal pada waktu dan tempat yang tepat. Jangan sembarangan memilih teman curhat sebab kita tidak pernah tahu kapan seseorang mempunyai unek-unek rahasia tentang keluhan kita.

Pada masa sekarang, perhatikan pula penggunaan media sosial. Tidak ada satu pun keluhan yang pantas ditulis di akun media sosial, apalagi menyangkut pekerjaan.

Jangan gampang terbawa emosi, kontrol sikap atau reputasi kita akan buruk dan tentunya akan berdampak pada karir di masa depan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top