Life

Kebiasaan Buruk Saat Meminum Soft Drink Yang Harus Dihilangkan, Apa Saja?

bahaya minum soft drink

Siapa yang tidak menyukai minuman-minuman ringan berkarbonasi atau yang lebih dikenal dengan soft drink? Semua orang pastinya menyukainya karena ini termasuk minuman favorit banyak orang dengan rasanya yang enak, siap minum, dan sangat diperlukan untuk melepas dahaga termasuk setelah melakukan aktivitas berat maupun olahraga.

Perlu ketahui bahwa jika terlalu sering minum soft drink, maka akan memicu berbagai macam penyakit kronis seperti gejala refluks asam lambung, bahkan dapat memperpendek usia kita. Meskipun demikian, banyak orang yang tidak peduli dengan efek yang ditimbulkan dari terlalu seringnya minum minuman soft drink. Mereka tetap meminumnya sesekali bahkan berkali-kali.

Saat meminumnya pun, banyak orang melakukannya tanpa pikir panjang sehingga minum soft drink pun dilakukan dengan cara sembarangan. Hal ini telah menjadi suatu kebiasaan yang seharusnya dihindari oleh orang-orang. Lalu, kira-kira apa saja kebiasaan buruk yang harus dihilangkan saat minum minuman tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Minum terlalu berlebihan

Apabila dalam sehari kita minum soft drink sebanyak dua kali atau lebih, maka kita akan berada di dalam bahaya yang serius. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019 dan diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa jika seseorang minum soft drink maupun minuman bersoda sebanyak dua gelas secara signifikan, maka dapat meningkatkan risiko kematian.

2. Meminum soft drink diet bersoda

Minum minuman soft drink biasa saja bisa menimbulkan beragam penyakit kronis, apalagi jika meminum diet soda. Diet yang dilakukan secara asal-asalan itu tidak baik, apalagi jika diet dengan konsumsi diet soda meskipun mengandung low calori dan bebas gula.

Sebuah studi menemukan bahwa minuman diet yang bersoda sangat berbahaya daripada minuman soda biasa. Minuman jenis ini banyak orang yang meminumnya khususnya yang lagi diet soda. Mereka menganggapnya aman karena ditujukan untuk diet. Padahal jelas ini tidaklah menyehatkan, apalagi untuk diet sangatlah tidak disarankan untuk diminum setiap hari.

3. Minum yang memiliki kandungan gula yang tinggi

Minum minuman soft drink yang tinggi akan gula bisa membuat seseorang menua lebih cepat. Di sampiing itu juga menyebabkan timbulnya beragam penyakit kronis yang berisiko kematian.

4. Mengandung pewarna

Meminum soft drink atau minuman soda yang tidak mengandung warna saja tidak menyehatkan apalagi jika yang mengandung warna.  Hal itu dikarenakan pewarna yang ditambahkan pada minuman bisa membuat kerusakan yang nyata. Sebuah penelitian dilakukan bahwa beberapa warna buatan termasuk kuning-5 dan mearah-40 dapat merusak DNA seseorang dan memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

5. Sebelum olahraga sudah meminum soft drink bersoda

Perlu diketahui bahwa sebelum olahraga, seseorang tidak boleh meminum minuman bersoda karena di waktu itu sangatlah rentan bahaya. Mengapa demikian? karena soft drink yang bersoda akan membuat tubuh seseorang tidak terhidrasi dengan baik dan berpotensi terkena heat stroke.

6. Minum dari kaleng secara langsung

Minuman ini yang ada dipasaran  tersedia dalam bentuk botol plastik maupun kaleng. Namun, yang paling tidak aman adalah minuman soft drink yang dikemas di dalam kaleng. Apalagi jika seseorang meminumnya secara langsung dari kaleng. Kaleng yang digunakan kebanyakan alumunium yang masih mengandung bahan kimia berbahaya di lapisan epoksi. Meminum langsung dari kaleng bisa mempermudah seseorang terpapar racun yang dapat meningkatkan tekanan darah.

7. Minum yang mengandung kafein di tengah malam

Meminum pada tengah malam sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan perubahan dalam kebiasaan tidur, terutama jika yang diminum adalah soft drink yang mengandung kafein. Terlalu banyak minum yang berkafein tentunya membuat seseorang tidak bisa tidur sehingga bisa bergadang hingga pagi hari. Padahal, pola tidur dipercaya memiliki keterkaitan erat dengan umur yang panjang. Jadi, jika terlalu sering dan terlalu banyak minum soft drink berkafein di malam hari maka sangat beresiko memperpendek usia seseorang.

Baca Juga : Manfaat Infused Water Bagi Tubuh, Wajib Dicoba!

Nah itulah beberapa kebiasaan buruk seseorang saat meminum minuman soft drink yang seharusnya dihilangkan. Memang tidak ada yang menyehatkan selain air putih. Jadi, sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi. Lebih baik perbanyak minum air putih. Sehari minimal 8 gelas.

Selain dapat menyehatkan tubuh, konsumsi air putih yang cukup dapat menjauhkan kita dari beragam penyakit kronis sehingga tubuh akan terus sehat tanpa terpapar penyakit jenis apapun itu. Semoga bermanfaat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top