Life

5 Kebiasaan yang Membuatmu Tidak Produktif, Hindari Ini Selama Ramadhan

5 Kebiasaan yang Membuatmu Tidak Produktif, Hindari Ini Selama Ramadhan

Halo guys, selama Ramadhan pernah nggak merasa khawatir menjadi malas atau tidak produktif? Biasanya selain dipicu oleh faktor fisik diri kita yang sedang menahan lapar dan dahaga, bisa juga dipicu oleh lingkungan dan aktivitas kita sehari-hari. 

Nah khusus untuk kamu yang sering merasa bertambah malas dan tidak menghasilkan apa-apa, jangan pernah lakukan hal-hal berikut. Hindari selama Ramadhan ya guys! Apa saja? Yuk disimak. 

Selama Ramadhan, jangan membuang waktu untuk berselancar di sosial media 

Kamu pernah menghitung berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk berselancar di dunia maya? Adakah yang sampai delapan jam? Enam jam? Empat jam? Atau kurang dari dua jam? Selama pandemi aktivitas online saja meningkat. Artinya waktu kita untuk berjejaring di sosial media pun menjadi lebih intens. 

Namun sayangnya selama Ramadhan hal ini menjadikanmu bertambah malas. Kalau kamu hanya di layar tanpa menghasilkan sesuatu yang berarti, itu tandanya kamu tidak produktif. Nah sebisa mungkin jika kamu memang tidak berkepentingan untuk online, lebih baik nikmati waktumu di rumah bersama keluarga. 

Atau kamu juga bisa melakukan aktivitas lain tanpa layar. Bisa kembali menekuni hobi, sampai dengan membaca buku atau bahkan belajar. Intinya kalau mau produktif, fokuslah pada hasil apa yang ingin kamu capai. 

Tidak punya to do list bisa menjadikanmu tidak produktif

Penyebab kamu tidak produktif yang kedua adalah karena kamu tidak memiliki to do list harian. Hal ini jelas menjadikanmu seperti tanpa arah. Bagaikan air yang mengalir, kamu hanya akan mengikuti arus air saja. Artinya dalam keseharian kamu cenderung hanya improvisasi kegiatan, tanpa perencanaan yang berarti. 

Sebenarnya improvisasi tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah, “apakah kamu tahu apa yang akan kamu lakukan?”. Kalau kamu sendiri menjawab tidak, berarti kamu butuh rencana harian. 

Tidak ada ruginya menyusun rencana harian kok. Malah dengan to do list tersebut hari-harimu akan lebih terbantu. Yuk coba mulai membuat rencana harian. Kalau malas menulis, kamu bisa gunakan aplikasi to do list yang bisa kamu akses setiap saat melalui ponsel atau laptop. 

Tidak punya rutinitas 

Selama pandemi ini, kamu biasanya melakukan aktivitas apa ini? Sangat tidak mungkin jika kamu tidak mencari kesibukan di rumah bukan? Namun jika aktivitasmu memang tidak menentu, hal tersebut tidak menjadi masalah kok. 

Akan tetapi lebih baik kamu memiliki rutinitas, yakni aktivitas yang setiap harinya kamu lakukan tanpa terlewat. Rutinitas tidak harus berupa aktivitas yang berat-berat. Cukup aktivitas ringan, seperti membaca dua lembar buku setiap harinya sudah bisa disebut rutinitas lho! 

Sebab, rutinitas merupakan hal yang kamu kerjakan setiap harinya. Rutinitas ini bisa menjadi habit jika memang hal tersebut membawa dampak positif kepadamu, tidak hanya sekadar melakukan ya. 

Nah di masa Ramadhan ini semestinya kamu harus memiliki rutinitas, entah itu memasak untuk buka puasa, atau merencanakan suatu program tertentu selama sebulan ini. Yuk rencanakan apa yang menjadi rutinitas kamu. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Takjil Buka Puasa Paling Gampang

Kebiasaan tidur yang kurang berkualitas 

Zaman sekarang masih mengalami masalah tidur? atau karena kesibukanmu, tidurmu menjadi kurang berkualitas? nah hal ini ternyata menjadi salah satu penyebab kamu tidak produktif. 

Ceritanya begini, ketika tidurmu tidak berkualitas, kamu akan cenderung mengantuk ketika harus melakukan aktivitas tertentu. Alhasil, aktivitas tersebut cenderung tidak kamu kerjakan karena rasa kantuk. 

Nah akhirnya kamu lebih memilih tidur yang tidak pada jam istirahat padahal masih ada pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Hingga malam hari pekerjaan tersebut tidak selesai, kamu akan merasa menyesal. Tenang, hal ini bisa diperbaiki asalkan kamu tidak mengulanginya lagi. 

Mencoba multitasking 

Sebenarnya multitasking itu baik atau buruk ya? Jawabannya tergantung situasi dan kondisi serta kepribadian seseorang. Mereka yang tidak terbiasa multitasking tentu akan sangat kesulitan jika diminta mengerjakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan. 

Sebaliknya, mereka yang memang memiliki kemampuan multitasking, mereka cenderung enjoy-enjoy saja dalam melakukan pekerjaan. Jadi, multitasking ini disesuaikan dengaan kepribadianmu saja. 

Kalau dirasa multitasking dan banyak kegiatan dalam satu waktu menjadikanmu tidak mendapat hasil apa-apa, coba lakukan itu satu-satu. Fokuslah pada detail dan hasil pekerjaan. Dengan begitu, niscaya kamu akan merasa lebih produktif. 

Nah itulah sejumlah hal yang wajib kamu hindari agar kamu tidak menjadi pemalas adn tidak produktif selama Ramadhan. Kalau versi kamu apa saja tipsnya? Boleh tuliskan di komentar ya! 

To Top