Life

Keputusan Terbaik yang Mesti Kamu Ambil Selagi Masih Muda

Keputusan Terbaik yang Mesti Kamu Ambil Selagi Masih Muda

This post is also available in: English

Masa muda terkenal sebagai masa untuk mencoba banyak hal. Sedari bangku sekolah sebagian dari kita tertarik untuk belajar banyak hal. Namun, beranjak dewasa, kondisi seperti ini bisa saja melemah karena aktivitas dan kesibukan kita. 

Akan tetapi, sebenarnya hal ini sangat penting untuk mendukung kesuksesan kita ke depannya. Dengan kata lain, mereka yang enggan keluar dari zona nyaman, dapat dipastikan hidupnya tidak akan semaju apa yang ia cita-citakan. 

Untuk itu, selagi masih muda, ayo kita mengambil peran. Berikut ini deretan keputusan terbaik yang mesti kamu ambil selagi masih muda. 

Berhenti menunda-nunda 

Selain terlalu nyaman di zona nyaman, anak muda juga sering kali menunda-nunda pekerjaan. Hal ini terjadi karena diri kita merasa masih banyak waktu untuk menuju kesuksesan dan hasil yang gemilang. 

Padahal, semakin cepat kita bertindak, hasil yang didapat juga semakin baik bukan? Nah karena hal itulah, berhenti menunda-nunda menjadi satu keputusan terbaik yang harus segera kamu jadikan prinsip hidup ke depannya. 

Meskipun kamu punya banyak alasan untuk menunda, tetapi melakukannya dengan lebih cepat tentu dapat lebih baik. Cobalah mulai membuat daftar rencana target kamu dan bagaimana langkah kamu dalam mencapainya. 

Dengan semangat generasi muda, manfaatkan semangat yang menggebu itu sebagai jalanmu dalam berjuang lebih cepat. Namun, tetap gunakan strategi yang tepat ya! 

Saat Masa Muda, banyaklah mencoba hal baru 

Kalau kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, bagaimana dengan mencoba hal-hal baru. Kamu bisa mulai melakukannya sedari muda. Nah bahkan inilah waktu yang tepat bagimu untuk mencoba banyak hal baru. 

Jalan hidupmu masih panjang. Jika kamu mencoba banyak hal, pengalamanmu juga akan bertambah. Alhasil, ketika dewasa kelak, kamu sudah dapat dikatakan mahir pada bidang-bidang yang telah kamu tapaki. 

Selagi masih muda, hal apa yang ingin kamu pelajari, pelajarilah. Jangan takut untuk gagal. Jika pun kamu gagal, kamu masih memiliki waktu untuk berjuang bukan? Selain itu, kegagalan tersebut bisa menjadikanmu lebih baik dengan banyak mengevaluasi.  

Mulai berbisnis sedari dini merupakan keputusan terbaik 

Siapa lagi yang enggan memulai bisnis? Ketika kamu berada dalam lingkungan pekerja, bisnis bukan menjadi hal yang menggiurkan. Hal tersebut karena pola pikir masyarakat kita selalu menuju ke arah bagaimana menjadi pekerja yang baik. 

Sedari bangku sekolah kita pun memang diarahkan untuk menjadi pekerja. Oleh karena itu, tak heran jika anak muda belum banyak yang mengambil jalur bisnis. Padahal bisnis merupakan potensi yang sangat menguntungkan. 

Kamu bisa memulai bisnis kapan pun. Akan tetapi, keputusan terbaik untuk memulai bisnis sejak muda menjadi hal yang tepat. Sebab, jatuh bangunnya seorang pemuda pasti karena ia menginginkan kesuksesan. 

Untuk itu, sebagai siapa pun kamu sekarang, segeralah untuk memulai bisnis. Entah berbisnis apa pun, lakukanlah dulu. Baru ketika bisnis tersebut sudah berjalan, cobalah untuk mengevaluasi. Selanjutnya kamu akan belajar bagaimana agar semakin sukses dalam berbisnis. 

Menghindari berhutang dan pola hidup konsumtif 

Pernahkah kamu mengamati bagaimana orang tua sering mengalami masalah terlilit hutang yang cukup besar? Selain itu, apa yang mereka hasilkan dari hasil hutang tersebut? Misalnya berhutang karena ingin memiliki modal untuk usaha. Hasilnya jelas dengan sejumlah barang dagangan yang juga akan menghasilkan uang. 

Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Seorang yang berhutang cenderung kurang mampu dalam menggunakan hutang tersebut untuk meningkatkan produktivitasnya. Dengan kata lain, bukan produktif, justru semakin konsumtif. 

Hal seperti itulah yang mesti kita hindari. Sebisa mungkin jangan berhutang dan jangan memiliki pola hidup konsumtif. Misalnya dengan membeli banyak barang yang tidak kita butuhkan. Hal tersebut sama sekali tidak berguna untuk kehidupan kita. 

Akan menjadi lebih baik jika kamu hidup dengan gaya sederhana. Maksudnya, penuhilah kebutuhan primer kemudian lengkapi kebutuhan sekundernya. Beli dan gunakan barang-barang yang memang kita butuhkan saja. 

Keputusan terbaik yang mesti diambil sedari muda adalah mulai belajar manajemen keuangan 

Apa kabarnya masa krisis kali ini? Apakah keuangan keluargamu dalam kondisi yang baik-baik saja? Sebagian kalangan mengaku masa pandemi ini sangat melemahkan ekonomi mereka. Tak dapat dimungkiri, pendapatan masyarakat banyak yang menurun. 

Hal ini memang tidak bisa kita hindari. Semestinya memang kitalah yang harus menerimanya dan bersikap bijak. Salah satu hal terpenting adalah mengelola keuangan. Seseorang yang mampu mengelola keuangan dengan baik, dirinya bisa bertahan dalam keadaan apa pun, kecuali memang hal-hal darurat seperti musibah besar yang menimpa. 

Selagi masih muda, keputusan terbaik yang mesti kamu ambil adalah menguasai kemampuan literasi finansial. Skill ini merupakan pengetahuan dan keterampilan dalam hal keuangan. Artinya, selain kamu bisa mengelola uang dengan baik, kamu pun paham bagaimana menjaga kelangsungan uang agar tetap beredar. 

Artinya, ketika kondisi krisis sekalipun, kamu masih mampu mengaturnya dengan baik. Nah berikut ini bonus tips untukmu dalam manajemen keuangan. 

Buatlah anggaran bulanan dengan detail

Anggaran bulanan ini sebaiknya dibuat dengan mencantumkan sumber pendapatan dan jumlah pengeluarannya. Dengan begitu kamu bisa mengatur mana uang yang wajib dikeluarkan dan mana yang akan disisihkan sebagai dana darurat atau tabungan 

Pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis 

Nah ketika sudah memiliki bisnis, sebaiknya kamu pisahkan kedua hal ini. Selain untuk menjaga arus kas dengan jelas, kamu pun dapat lebih bijak dalam penggunaannya. 

Sisihkan uang untuk menabung dan dana darurat sedari muda

Dana darurat sangat penting sebagai dana yang bisa kamu gunakan ketika ada satu kejadian yang menimpa. Selain itu, dana untuk tabungan juga penting agar kamu memiliki dana untuk berjaga-jaga dengan kebutuhan di masa depan. 

Nah selagi masih muda, segeralah mengambil keputusan terbaik tersebut agar masa mudamu berguna dan produktif. Jangan lupa juga untuk menciptakan karya agar kamu dapat berguna bagi sesama. 

To Top