Life

20 Tanda Bahwa Kamu Ketergantungan Secara Emosional dengan Pasanganmu

Ini Yang Akan Terjadi Jika Anda Berhenti Berhubungan

Pernah merasa jatuh cinta? Well, semua orang tentunya mengharapkan bertemu dengan cinta sejati dimana mereka akan menghabiskan waktu bersama-sama selamnya. Namun tahukan kamu bahwa ada kalanya kamu merasa jatuh cinta tapi ternyata itu bukan perasaan cinta sama sekali melainkan hanya sebuah bentuk ketergantungan secara emosional dengan pasanganmu saja. Tentunya Anda mulai bertanya-tanya apa perbedaannya. Berikut adalah 20 tanda bahwa yang kamu rasakan dengan pasanganmu bukanlah cinta tapi hanya sekedar ketergantungan emosional saja.

  1. Cemburu tandanya cinta tapi kalau terlalu sering bahkan suka tanpa alasan berarti ada yang salah dengan dirimu.
  2. Hubungan yang kamu jalani membuat kamu harus meninggalkan hal-hal yang sebelumnya suka kamu lakukan seperti hobi atau pertemanan.
  3. Kamu merasa terlalu posesif terhadap pasanganmu bahkan kamu tidak mempercayai siapapun untuk berada disamping pasanganmu karena kamu selalu takut bahwa dirinya akan dicuri dari sisimu.
  4. Kamu rela mengikuti apa yang menjadi favorit pasanganmu mulai dari klub sepak bola kesangan, hobi, jenis bacaan dan lain sebagainya padahal sebelumnya kamu tidak suka.
  5. Ketika pasanganmu tak sedang bersamamu, kamu merasa bosan, sendiri dan kosong.
  6. Kamu memerlukan pengingat secara terus menerus bahwa pasanganmu mencintaimu.
  7. Kamu bahkan rela membantalkan rencana yang sudah kamu susun dengan teman atau keluarga demi menghabiskan waktu bersama pasanganmu.
  8. Kamu selalu ingin memancing pujian dari pasanganmu.
  9. Selalu ingin mengontrol pasanganmu dan kalau mereka tidak mau mengikuti kamu akan merasa tidak dipercayai lagi.
  10. Kebahagian pasanganmu lebih penting dari kebahagianmu sendiri.
  11. Jika kamu kehilangan pasanganmu, kamu takut bahwa kamu tidak akan bisa melanjutkan hidupmu lagi.
  12. Pasanganmu harus memenuhi ekspesktasimu jika tidak maka kamu tak akan merasa mencintai atau merasa aman bersama pasanganmu.
  13. Kamu sering memaksa pasanganmu untuk menjadi sesuai dengan keinginganmu bahkan memaksanya untuk bersikap dan berkata yang tidak sesuai dengan keinginanya.
  14. Kamu memaksa pasanganmu untuk selalu mengatakan dan berskipa sesuai dengan keinginanmu.
  15. Ketika pasanganmu lupa menelponmu padahal dia sudah berjanji maka kamu justru merasa tidak dihargai, tidak tenang dan merasa tidak dicintai.
  16. Harga dirimu tergantung dari pujian yang diberikan oleh pasanganmu, tanpa itu kamu merasa buka apa-apa.
  17. Kamu lebih fokus pada perasaan pasanganmu bahkan sampai tidak perduli dengan identitas dan personalitimu.
  18. Kamu merasa bahwa kamu harus mengubah pasanganmu menjadi orang yang kamu inginkan.
  19. Kamu tidak perduli siapa sebenarnya pasanganmu asalkan dari luar dia adalah apa yang selama ini kamu inginkan dari seorang pasangan.
  20. Kamu berekspektasi sangat tinggi terhadap pasanganmu tapi kemudian ketika menemukan fakta bahaw dia tidak sempurna kamu langsung merasa kecewa.

Perasaan mencintai tidak sama dengan perasaan membutuhkan atau ketergantungan secara emosional. Dua orang yang saling mencintai seharusnya bisa saling percaya, saling menghormati dan menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing dari pasangannya. Hal-hal seperti itu jarang sekali muncul dalam sebuah hubungan yang hanya penuh dengan ketergantungan secara emosional. Saling menghormati, saling percaya dan saling menerima adalah kunci bagi dua orang untuk bisa hidup berbahagia saling mencintai untuk selamanya. Jika kamu terjerumus dalam sebuah hubungan yang penuh dengan ketergantungan dan selalu ingin terlihat sempurna di mata orang lain, mungkin kamu harus memikirkan kembali hubungan tersebut dengan baik. Kenali 20 tanda bahwa kamu sebenarnya ketergantungan secara emosional dengan pasanganmu memang tidak mudah, diperlukan kesadaran dan keberanian dari diri kamu sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top