Life

Kucing Anggora, Ras Kucing Yang Sering Disamakan Dengan Persia

kucing anggora

Tentu kita tahu bahwa kucing sering menjadi hewan peliharaan. Ada beragam jenis kucing yang bisa dipelihara, salah satunya kucing anggora. Perlu diketahui bahwa kucing ini sering disamakan dengan kucing persia karena sama-sama memiliki bulu yang lembut, panjang dan tebal.

Akan tetapi, kedua kucing tersebut sangatlah berbeda baik itu asal usulnya, bentuk tubuh, kepribadian hingga karakteristiknya. Agar kalian bisa mengenali ras kucing anggora dengan mudah, yuk simak baik-baik ulasan di bawah ini!

Asal usul

Kucing ini merupakan salah satu ras kucing domestik alami tertua di dunia. Nama anggora diambil dari kota Ankara, Turki sebagai tempat asal usul kucing ini. Oleh karena itu, kucing ini juga dikenal dengan nama kucing ankara. Kucing ini bisa dibilang jenis kucing berbulu panjang pertama yang ada di Eropa.

Mengenai asal terbentuknya, anggora merupakan ras kucing yang tidak diketahui dari mana asal terbentuknya. Namun, beberapa teori mengatakan bahwa anggora berasal dari ras kucing pallas. Teori tersebut diragukan karena sifat yang dimiliki kucing pallas berbeda jauh dengan anggora.

Teori lain menyebutkan bahwa anggora berasal dari kucing liar Afrika yang dijinakkan oleh suku Tatar. Keturunan dari kucing liar Afrika tersebut kemudian dibawa oleh para pedagang Mesir ke Turki di zaman Mesirk Kuno. Dari keturunan kucing itulah, anggora berkembangbiak melalui seleksi alam dan perkawinan sedarah di daerah pegunungan tertutup.

Dulu, kucing ini sering dijadikan hadiah atau souvenir untuk penjajah ataupun pengunjung turki. Keberadaannya yang semakin populer, membuat ras anggora asli semakin langka dan sulit didapatkan. Maka dari itu, pihak Turki mendirikan sebuah Kebun Binatang Ankara untuk menyelematkan populasi kucing ini dari kepunahan. Sampai dengan saat ini, kepopulerannya semakin tinggi dan telah menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Ciri kucing anggora

Sering disamakan dengan kucing persia karena sama-sama berbulu panjang dan tebal. Akan tetapi, kedua kucing tersebut sangatlah berbeda. Kucing anggora memiliki ciri berukuran sedang dengan badan berotot, ramping, dan langsing. Selain itu, ciri lain dari kucing ini yaitu bentuk kepala kucing ini segitiga, telinga yang panjang, lebar dan berbentuk segitiga.

Baca Juga : Perbedaan Kucing Persia Dengan Kucing Angora

Untuk bentuk hidungnya sendiri lebih mancung dibandingkan kucing ersia yang rata-rata berhidung pesek. Ukuran kakinya panjang dan tinggi serta bentuk ekornya yang panjang dan mengembang. Ciri khas dari kucing anggora yang membedakannya dari kucing lain termasuk kucing Persia adalah bulunya yang tumbuh memanjang di bagian leher.

Jenis warna

Jenis warna kucing anggora

Semua jenis warna pada kucing anggora telah diakui oleh LOOF (Livre Officie; des Origines Felines) dan juga FIFe, kecuali warna ungu, kayu manis, titik warna, cokelat, sepia, dan cerpelai. Jenis warna meliputi anggora putih dengan mata berwarna kuning, berwarna tabi tutul hitam perak, warna tempurung kura-kura hitam asap, warna asap biru, hitam, warna torbi hitam dan putih, warna tabi bercak cokelat, dan warna torbi krem biru dan putih.

Untuk anggora standar memiliki warna polos seperti warna putih. Anggora berwarna putih pertama kali diakui oleh CFA (Cat Fanciers Assotiation) pada tahun 1968. Dengan diakuinya anggora putih tersebut, pihak asosiasi menyelenggarakan kontes tahunan yang dimulai sejak tahun 1970. Pada tahun 1993, pihak FIFe telah mengakui anggora putih ini. Sejak saat itu, Anggora putih telah diakui oleh banyak organisasi.

Kucing anggora memiliki warna mata yang beragam seperti biru, kuning emas, hijau, hingga beberapa warna lain. Dari semua jenis yang ada, anggora yang paling disukai karena keunikannya adalah anggora putih dengan ciri khas warna matanya yang ganjil.

Sifat Kucing

Anggora merupakan jenis kucing yang aktif, berisik, suka bermain dan penurut. Tidak hanya itu, kucing ini menyukai interaksi dengan orang lain dan termasuk kucing cerdas. Kucing ini mudah dilatih, mudah beradaptasi, dan ramah dengan pemiliknya.

Apabila ditinggal sendirian ataupun dikurung, maka kucing ini akan sedih. Anggora akan marah jika terlalu lama dipegang dalam satu waktu. Biasanya kucing ini menyukai tempat-tempat tinggi di rumah untuk dinaiki seperti kursi, rak buku hingga lemari.

Perawatan kucing anggora

Kucing anggora termasuk jenis kucing yang menyukai kebersihan. Mereka harus rutin dimandikan dan dibersihkan kandangnya agar terhindar dari penyakit. Untuk menjaga bulunya agar tetap lembut dan terawat, juga harus diberikan perawatan ekstra seperti menyisir bulunya setiap hari.

Baca Juga : Beberapa Tips Memberi Makan Kucing

Nah itulah ulasan mengenai kucing anggora. kira-kira apakah kalian tertarik untuk memeliharanya?

To Top