Life

Kucing Persia Himalaya, Begini Cara Membedakannya!

Kucing Persia Himalaya

This post is also available in: English

Kucing Persia Himalaya (Himalayan Cat/Himmie), adalah salah satu jenis/breed kucing longhair (berbulu panjang) yang setipe dengan kucing persia. yang membedakan cuma warna mata Kucing Himalaya itu yang biru dan terkadang berubah menjadi merah tergantung terang-gelapnya area sekitar maupun dari tingkat emosi dia. Salah satu ciri khas lainnya adalah warna point nya yang banyak di duga merupakan hasil turunan dari percampuran kucing persia dengan kucing siamese. Kucing dengan pola warna point diduga sudah ada ratusan tahun di muka bumi, tetapi untuk ras Kucing Persia colourpoint ini baru dikenal umum di Eropa sekitar era 1950 an.

Sekarang Kucing Persia Himalaya ini menjadi salah satu breed kucing terpopuler di muka bumi, Kucing Himalaya ini memiliki banyak penggemar dan beberapa di antaranya memang menyukai keunikan warna bulu dan warna mata dari kucing himalaya ini yang membedakan dengan ras kucing persia umumnya. Nama Himalaya ini sendiri diduga diberikan pada Kucing Persia dengan warna point ini karena memiliki kesamaan variasi warna dengan hewan-hewan yang ada atau berasal di daerah Himalaya, seperti Kelinci Himalaya contohnya. Sementara, kucing Himalaya di masukkan ke dalam kelas tersendiri dan terpisah dari Ras kucing persia yang lain, namun dia tetap di kelompokkan bersama Ras kucing persia dan ras kucing exotic ke dalam standarisasi Kucing Persia secara umum.

Sedangkan Cat Fancier’s Association memiliki pandangan tersendiri bahwa Himalaya itu hanyalah variasi warna dari Ras Kucing Persia umum daripada harus menjadi kelas tersendiri, walaupun pada saat kontes atau performance kucing persia, si himalaya ini bersaing pada divisi warna tersendiri dibanding kucing persia lain.

Ciri Umum Anatomi tubuh Kucing Persia Himalaya : 

Kucing Persia Himalaya Red Poimt
Kucing Persia Himalaya Red Poimt

Memiliki bentuk tubuh Cobby/bulat bantet, dengan kaki pendek yang membuat sebagian besar kucing persia himalaya ini sulit untuk melompat tinggi (walau sebagian lagi memiliki bentuk badan yang cenderung ke kucing siamese dan memiliki kemampuan melompat tinggi), Bentuk muka kucing Himalaya seperti juga persia, terbagi atas dua yakni Traditional/Doll faced Himalayan (medium jika menurut orang indonesia) dan Pekefaced / Peaknose Himalayan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Perbedaan Kucing Persia Dengan Kucing Angora

Jenis Warna Kucing Himalaya :

1. Blue Point : Warna bulu kucing yang memiliki corak warna biru/abu-abu pada sekitar telinga, kaki, ekor maupun pada sebagian depan wajah/topeng muka.

2. Lilac Point: Warna bulu kucing yang memiliki corak warna serupa dengan kucing himalaya blue point namun dengan tingkat kecerahan warna putih yang lebih terang dan warna biru/abu-abu nya lebih memudar/diluted daripada blue point. 

3. Seal Point : Warna bulu kucing yang memiliki corak warna Sealbrown/cokelat gelap pada sekitar telinga, kaki, ekor maupun sebagian depan wajah/topeng muka.

4. Chocolate Point : Serupa dengan Seal point tetapi memiliki corak warna putih di badan yang lebih terang dan warna cokelat pada bulu yang lebih muda daripada Seal point. yang membedakan pada Seal point adalah pada telapak kakinya, jika warna telapak kaki nya adalah merahmuda/pink maka ia dimasukkan sebagai chocopoint sedangkan sealpoint memiliki warna telapak yang lebih gelap/cenderung cokelat-hitam.

5. Red/Flame Point : Warna bulu kucing yang memiliki corak warna merah/red/oranye pada sekitar telinga, kaki, ekor maupun sebagian wajahnya.

6. Cream Point : Serupa dengan flame/red point maka cream point ini juga merupakan pola warna point yang memiliki corak bulu sedikit kemerahan dengan warna putih di badan yang lebih terang, bersih dan cerah. Bedanya dengan red point yakni bahwa cream point ini memiliki warna merah/oranye yang seidikit memudah/cream.

To Top