Life

Kucing Persia, Mengenal Ras Kucing Yang Paling Populer Di Seluruh Dunia Termasuk Indonesia

Kucing Persia, Ras Kucing Yang Paling Populer

This post is also available in: English

Siapa yang tidak mengenal salah satu ras kucing ini? Ras kucing yang berasal dari Persia atau yang dikenal dengan kucing Persia. Ras Jenis ini merupakan salah satu ras kucing yang sangat populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak orang yang memilih kucing ini menjadi hewan peliharaan.

Selain penampilannya yang lucu, sifat lembut, ramah dan penurut yang dimiliki kucing ini menjadi alasan seseorang untuk memeliharanya. Yuk kenali lebih dekat mengenai kucing Persia ini sebelum memeliharannya!

Asal usul

Kucing Persia masuk ke dalam golongan kucing ras tua yang berasal dari Persia dimana era sekarang lebih dikenal dengan negara Turki dan Iran. Disebutkan bahwa ada seorang bangsawan Italia di abad ke 17  membawa kucing berbulu panjang ini ke Eropa dan memperkenalkannya sebagai kucing anggora Turki. Kemudian setelah dilakukan perkawinan silang dengan ras lainnya, kucing ini didaftarkan di Inggris sebagai jenis Persia.  

Sejak akhir abad ke 19, kucing jenis ini kemudian dikembangkan di Britania Raya dan Amerika Serikat seusai Perang Dunia II. Di Britania raya, ras kucing ini disebut kucing bulu panjang. Hingga di akhir abad ke 19, pengembangbiakkan dan kontes kucing menjadi semakin populer.

Melalui pembiakkan selektif, akhirnya pecinta kucing mulai membentuk kucing Persia hingga memiliki penampilan seperti saat ini. Yang awalnya mempunyai bulu berwarna abu-abu mengkilat, kini dapat ditemukan dalam berbagai warna.

Di Amerika Serikat, kucing ini diimpor pertama kali pada akhir abad ke 19 dan langsung menjadi kucing favorit semua orang hingga saat ini. Bahkan di Indonesia pun juga demikian.

Ciri dan sifat Kucing Persia

Ciri dan sifat kucing Persia

Kucing Persia termasuk ras kucing domestik yang memiliki bulu panjang. Pada umumnya, kucing ini memiliki ciri bentuk tubuh yang gemuk, besar dan tambun. Selain itu, yang menjadi ciri khas lainnya adalah bentuk wajahnya yang bulat dan hidungnya yang pesek. Jika diamati dari samping, mulai dari dahi, hidung, dan dagu terlihat datar.

Selain memiliki ciri khas dari bentuk tubuh dan wajahnya, kucing yang bisa bertahan hidup 10 hingga 15 tahun ini memiliki sifat yang tenang, lembut, ramah, penurut, dan tidak beringas. Selain itu, sifat lain yang dimiliki kucing ini yaitu manja kepada pemiliknya.

Perawatan kucing Persia

Perawatan kucing Persia

Kucing Persia termasuk hewan yang membutuhkan perawatan khusus, tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan Persia termasuk jenis hewan yang mudah stress jika berada di lingkungan yang kacau dan berisik. Untuk itu, saat memutuskan untuk memeliharanya, usahakan menempatkan kucing ini di lingkungan yang nyaman dan aman seperti di dalam ruangan yang berisikan mainan agar kucing tetap aktif.

Selain itu, mandikan kucing secara teratur dan menyisirnya agar bulu-bulunya tetap halus sehingga kucing selalu terlihat lucu.

Berbicara mengenai makanannya sendiri, kucing Persia tidak bisa diberikan makanan secara sembarangan. Meskipun termasuk hewan karnivora, kucing ini juga membutuhkan asupan lemak, asam amino, dan vitamin. Tidak hanya itu, kucing ini juga membutuhkan asupan protein empat kali lipat lebih banyak.

Untuk memastikan kucing mendapatkan asupan nutrisi yang tepat, pemberian makanan pada kucing ini harus berdasarkan usianya dan memenuhi kebutuhan 41 kandungan nutrisi penting. Selain itu, ditambahkan secara khusus makanan yang dapat memebuhi kebutuhan 3 kali waktu makan mereka.

Jenis-jenis kucing Persia

Di Indonesia, ada empat jenis kucing Persia yang memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose
Cr: @brownie_pablo/Instagram

Persia Flatnose merupakan jenis dengan ciri khas hidungnya yang pesek. Ukuran hidungnya bahkan kecil sehingga hampir terlihat sejajar dengan matanya. Selain itu, ciri lain dari jenis kucing ini adalah bentuk kepalanya yang sedikit kotak dengan pipi yang terlihat tembam. Kemudian ukuran telinganya kecil berbentuk meruncing.

Memiliki badan yang gemuk dan terlihat pendek. Hal ini dikarenakan kaki jenis Persia ini berukuran sedang dimana tidak terlalu panjang maupun tidak terlalu pendek. Untuk sifatnya sendiri, Persia Flatnose sangat aktif. Jenis ini suka melompat, memanjat, dan bermain dengan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Persia medium

Persia medium
Kucing Persia medium

Kucing Persia medium merupakan jenis kucing Persia yang memiliki ukuran tubuh standar. Ciri khas yang dimiliki jenis ini terletak pada bulunya yang paling lebat diantara jenis lainnya. Bentuk muka Persia medium ini bisa dibilang berbeda dengan jenis Persia lainnya. Hidung yang dimiliki tidak terlalu pesek dan bentuk moncongnya pun lebih runcing.

Dibandingkan lainnya, Persia medium memiliki bentuk kaki yang panjang. Jenis ini dibedakan berdasarkan dua jenis bulu yaitu bulu pendek dan panjang. Untuk Persia medium dengan bulu yang panjang memerlukan perawatan yang ekstra agar bulunya tetap lembut dan terawat.

Persia Peaknose

Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose merupakan jenis yang memiliki hidung yang sangat pesek. Meskipun terlihat mirip dengan Flatnose, namun bentuk hidung Peaknose lebih kecil, datar, dan sangat pesek. Bentuk badan dari jenis kucing ini jauh lebih gemuk dibandingkan lainnya.

Persia Peaknose dibedakan menjadi dua yaitu Persia Peaknose dan Persia Peaknose Ekstrim. Perbedaan dari keduanya terletak pada hidungnya. Untuk Persia Peaknose, bentuk hidungnya pesek, sedangkan untuk Persia Peaknose Ekstrim memiliki bentuk hidung lebih pesek lagi dibandingkan Peaknose biasa.   

Di Indonesia, Persia Peaknose sering diikutkan kontes-kontes kucing sehingga jenis Persia bisa dibilang sangat populer. Meskipun pesek, tapi Persia Peaknose ini memiliki harga jual yang tinggi dibandingkan lainnya. Untuk ukuran dewasa, Peaknose bisa dibanderol dengan harga sampai dua belas juta.

Persia Himalaya

Persia Himalaya

Jenis Persia selanjutnya adalah Himalaya. Ciri khas Persia Himalaya ini terletak pada bulunya yang memiliki pola colorpoint. Hal ini dikarenakan jenis kucing ini merupakan hasil persilangan antara Persia asli dan kucing siam.

Disebut Colorpoint karena dibagian wajah, telinga, hidung, ekor, dan ujung-ujung kaki bewarna hitam atau cokelat tua, sedangkan bagian tubuh lain seperti bulu berwarna cokelat muda atau putih.

Untuk bentuk hidungnya, Persia Himalaya ini memiliki hidung yang tidak terlalu pesek. Bulunya juga panjang dan tebal. Bentuk tubuhnya pun lebih besar dibandingkan jenis Persia lain dengan berat bisa mencapai 4 hingga 6 kg. Ukuran kakinya pendek.  

Keempat jenis kucing di atas adalah jenis ras Persia yang ada di Indonesia. Di Amerika Serikat juga ada jenis Persia. Adapun jenis Persia dari Amerika Serikat sebagai berikut:

Persia Eksotis

Persia eksotis
Cr: https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_eksotis

Persia eksotis atau yang dikenal dengan kucing bulu pendek eksotis merupakan jenis yang berasal dari Amerika. Jenis ini merupakan hasil persilangan ras Persia dengan ras bulu pendek Amerika. Tidak hanya berbulu pendek, Persia eksotis ini juga ada yang berbulu panjang.

Namun, persia eksotis bulu panjang tidak diakui oleh CFA (Cat Fanciers Association), tetapi diakui oleh TICA (The International Cat Association) karena telah memenuhi golongan ras persia sehingga asosiasi ini memasukkan nama persia eksotis pada bagian jenis kucing Persia.

Jenis persia ini memiliki badan pendek, bahu besar dan otot kuat. Bentuk wajahnya sendiri bulat dan besar dengan dahi lebar, pipi tembam dan rahang yang kuat. Sifat kucing ini tenang, anggun, lincah dan aktif. Jenis ini termasuk kucing yang tidak suka menyendiri dan suka berada didekat pemiliknya.

Nah itulah ulasan mengenai asal usul, ciri dan sifat, perawatan hingga jenis-jenisnya. Dengan ulasan di atas tentunya dapat memberikan pengetahuan bagi kalian yang ingin menjadikan kucing ini sebagai hewan peliharaan. Gimana tertarik untuk mencoba?

FAQ

Kucing Persia Berasal dari Negara?

Ras kucing yang berasal dari Persia, dimana era sekarang lebih dikenal dengan negara Turki dan Iran.

Ciri ciri Kucing Persia?

kucing ini memiliki ciri berbulu panjang juga lebat, bentuk tubuh yang gemuk, besar dan tambun.

Cara Merawat kucing persia?

Kucing ini termasuk kucing yang membutuhkan perawatan khusus, tidak boleh sembarangan.

Jenis Kucing Persia?

Di Indonesia, ada empat jenis Persia yang memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya Persia Flatnose, Persia medium, Persia Peaknose, Persia Himalaya, dan Persia eksotis.

Berapa Harga Kucing Persia?

Harga kucing Persia mulai dari harga 500Rb sampai puluhan juta. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top