Life

Lakukan Tips Saat Banjir Ini Agar Survive Saat Darurat

Inilah Tips Saat Banjir Datang

Datangnya hujan  seringkali  muncul rasa khawatir terjadi bencana  banjir, sehingga tips saat banjir perlu mendapat perhatian semua orang. Terutama bagi sebagian masyarakat yang daerah tempat tinggalnya sekarang  ini dilanda bencana banjir. Hal ini penting Anda lakukan supaya selamat dari bencana banjir yang datang melanda.

Hampir setiap tahun ketika musim hujan tiba bencana musiman itu pasti datang. Korban jiwa dan kerugian material akibat banjir selalu terjadi membuat para pelaku usaha ikut terdampak.

Antisipasi  terhadap bencana musiman  banjir yang hampir terjadi setiap tahun perlu dilakukan dengan cepat dan tepat. Berikut ini beberapa tips saat banjir tiba yang penting diketahui

Tips Saat Banjir Dengan Mengamankan Dokumen Penting

Tips Saat Banjir Dengan Mengamankan Dokumen Penting
Tips Saat Banjir Dengan Mengamankan Dokumen Penting

Saat bencana banjir datang terkadang rasa panik muncul dan kekhawatiran akan rumah beserta isinya rusak akibat banjir. Rasa khawatir yang muncul itu wajar mengingat banjir yang datang secara tiba-tiba membuat aset rumah pun terdampak.

Dokumen penting, seperti:  ijazah, akte kelahiran, sertifikat rumah, buku nikah, hingga sertifikat rumah segera harus diselamatkan. Dokumen ini memiliki nilai penting dan berharga, apalagi ketika rusak atau hilang mencarinya penggantinya yang butuh waktu lama.

Tips saat banjir yang lain berkaitan dengan dokumen, yakni menyatukan semua dokumen dalam satu tempat khusus. Tempat  yang berfungsi untuk menyimpan dokumen penting biasanya berupa koper. Dokumen yang telah dimasukan koper selanjutnya dibungkus dengan plastik agar aman dari air.

Cara agar tak panik saat banjir yang menginspirasi, yaitu menyimpan semua dokumen dengan menitipkan pada orang lain, keluarga  yang tempat tinggalnya jauh dan aman dari banjir.

Tips Saat Banjir Dengan Alat Siaga Sesuai Arahan Kemensos RI

Tips Saat Banjir Dengan Alat Siaga Sesuai Arahan Kemensos RI
Tips Saat Banjir Dengan Alat Siaga Sesuai Arahan Kemensos RI

Banjir bencana musiman yang datang hampir setiap tahunnya meninggalkan duka dan luka. Korban jiwa dan kerugian material tidak terhitung jumlahnya. Keadaan seperti ini mendorong sebagian masyarakat melakukan segala antisipasi, yaitu menyiapkan alat siaga banjir sesuai arahan Kemensos RI.

Alat siaga banjir penting mendapat perhatian yang harus Anda miliki rumah. Alat siaga banjir, salah satu tips saat banjir tiba. Peralatan darurat banjir atau dikenal alat siaga banjir tersebut, yaitu: Kris Radio Pocket. Kris Radio Pocket, sebuah alat komunikasi yang berupa radio pocket.

Ada antena, memiliki banyak saluran, baterai lithium, adalah deretan dari keunggulan kris radio pocket. Keunggulan lain dari radio pocket dapat memperoleh informasi siaran radio nasional berkaitan dengan bencana banjir.

Peralatan lain yang penting yang menjadi tips  saat banjir, yaitu lampu darurat LED APA. Alat ini sebagai lampu darurat mencegah terjadinya pemadaman listrik.

LED APA praktis menjadi lampu pengganti listrik ketika lampu listrik padam yang dapat Anda pakai saat suadana indoor maupun outdoor. Selain itu, ada beberapa alat siaga banjir lainnya yang penting seperti atau power bank slim, tas pendingin hingga rompi pelampung krisbow.

Selain itu, tas siaga banjir juga mengandung uang, baju dan bahan-bahan yang penting. Bagaimana caranya Anda harus survive dulu sebelum mendapat pertolongan.

Apa saja isinya? Berikut beberapa hal yang harus Anda ingat. Pertama, jangan lupa persiapkan masker, karena saat ini bencana juga tengah ada pada masa pandemi. Kemudian, jangan lupa siapkan kotak obat P3K yang berisi obat luar dan obat-obatan pribadi Anda.

Selanjutnya adalah pakaian dan uang. Karena bagaimanapun juga, sistem cashless akan cuku sulit pada masa bencana. Bisa jadi mesin ATM rusak dan tidak berfungsi atau jauh. Kemudian, jangan lupa membawa makanan dan minuman yang awet dan mudah dimasak seperti mie instan dalam gelas, minuman manis, dan air mineral dalam kemasan.

Tips Saat Banjir Dengan Evakuasi

Banjir yang datang secara tiba-tiba perlu cepat mengevakuasi pribadi agar selamat dari bencana banjir. Evakuasi pribadi harus segera Anda lakukan dengan pergi sejauh mungkin ke tempat yang tinggi menjadi tips saat banjir yang penting.

Tempat evakuasi pribadi antara lain lokasi pengungsian atau penampungan sebagai tempat tinggal sementara. Dalam evakuasi ini jalur- jalur khusus evakuasi pribadi perlu Anda perhatikan sebelum terkena  bencana banjir.

Bagaimana dengan orang-orang yang tinggal serumah dengan Anda? Berikan pemahaman tentang cara evakuasi personal. Sehingga, tidak ada yang terlalu bergantung pada satu sama lain. Karena bisa saja saat ada bencana, maka orang yang lebih kuat atau dewasa sedang tidak ada di dalam rumah.

Letakkan Barang Elektronik di Tempat yang Tinggi

Letakkan Barang Elektronik di Tempat yang Tinggi
Letakkan Barang Elektronik di Tempat yang Tinggi

Tips saat banjir tiba, yakni meletakan barang elektronik di daerah tinggi yang aman dari banjir  seperti, kamera, tv, dvd dan lainnya. Ketika akan menyimpan barang elektronik yang tidak kalah Anda perhatikan, yakni kabel dalam keadaan dicabut dari perangkat elektronik.

Sebaiknya, jika Anda memiliki lebih dari 1 lantai rumah, akan lebih baik jika menggunakan lantai 2 atau 3 sebagai tempat penyimpanan alat-alat elektronik. Mengapa demikian? tentunya, hal ini akan meminimalisir resiko dari kemungkinan konsleting dan barang-barang tersebut rusak atau membahayakan keluarga.

Parkir Kendaraan ke Tempat yang Aman

Ketika banjir datang segera parkir kendaraan bermotor pada tempat yang tinggi. Ini adalah salah satu tips saat banjir tiba. Kendaraan seperti mobil, sepeda motor sebaiknya segera Anda evakuasi, karena kendaraan yang kena air sampai terendam akan menyebabkan kerusakan. Kendaraan yang aman dari banjir akan meminimalkan biaya perawatan mesin dan lainnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top