Life

Lapar Sebelum Waktu Makan Siang? Ayo Coba Menu Brunch!

Istilah Brunch mulai banyak terdengar di gaya hidup masyarakat Jakarta. Brunch, yang berarti sarapan (breakfast) dan makan siang (lunch) sesuai namanya dilakukan antara dua waktu tersebut. Brunch berarti makan dengan menu yang tidak terlalu mengenyangkan namun juga tidak ringan seperti kudapan atau snack. Brunch lebih ke menyelamatkan lapar yang terjadi sebelum makan siang atau dapat membantu Anda merangkap sarapan dan makan siang sekaligus.

Brunch disarankan karena selain sesuai dengan kesibukan warga Jakarta, juga karena brunch bisa membantu diet Anda. Tubuh tanpa energi tidak akan membakar lemak, maka Anda tetap harus makan paling tidak dengan menu brunch.

Brunch berasal dari Inggris sejak awal tahun 1800-an di mana ada sebuah buku yang membahasnya kemudian tersebar ke Amerika pada tahun 1930 hingga diikuti oleh warga Indonesia. Di kedua negara tersebut brunch berlangsung pukul 11 siang hingga pukul 3 sore. Kebiasaan itulah yang kemudian diikuti oleh warga Indonesia, mereka menjadikan brunch sebagai ajang untuk berkumpul dengan teman atau keluarga sambil. Waktu yang tepat dirasa cocok untuk berkumpul. Pada masyarakat sibuk sendiri, yang kadang tidak sempat sarapan dan kebanyakan waktu makan siang digunakan untuk rapat atau bertemu klien, kebiasaan brunch bisa sangat membantu.

Menu brunch banyak tersedia di restoran belakangan ini. Jika ingin santai di rumah bersama orang terkasih saat weekend sambil menyantap menu brunch, membuat sajian brunch ini juga biasanya tidak repot. Untuk inspirasi, di bawah ini ada beberapa menu brunch yang kami rangkum untuk Anda. Cekidot.

Pancake with Mapple Syrup

Anda tentu familiar dengan pancake. Porsinya yang pas dan juga bisa diandalkan untuk ‘mengganjal perut’ pasti sering Anda temui sewaktu sarapan. Namun, untuk menu brunch sebaiknya Anda tidak memilih topping yang berat. Demi menjaga asupan karbohidrat dan glukosa pada tubuh, cobalah santap pancake yang diberi sirup mapple untuk menu brunch Anda. Manisnya pas, tidak terlalu bikin kenyang.

Chocolate Waffle

Anda punya loyang waffle di rumah? Cobalah membuat waffle buatan sendiri untuk menemani waktu brunch di weekend Anda. Buat waffle dengan selai cokelat, dijamin, hari Anda bakal lebih menyenangkan dan bertenaga hingga waktu makan siang. Waffle cokelat ini juga cocok disantap bersama orang-orang terkasih.

Cinnamon Roll

Menu brunch satu ini, belakangan ini sedang hits di dunia pastry. Anda tidak ingin ketinggalan mencobanya, bukan? Cobalah menyantap cinnamon roll ini sebagai menu brunch Anda. Kenyangnya pas dan bikin nggak enek walau belum sarapan.

Apple Pie

Bahan-bahan yang terdapat dalam seloyang pai memang cocok untuk dijadikan menu brunch karena tidak terlalu mengenyangankan namun tidak juga terlalu ringan. Ditambah irisan buah apel yang kaya antioksidan, santap brunch Anda pasti lebih bernutrisi. Rasa yang khas juga akan Anda temukan kala menyantap apple pie ini.

Scrambble Eggs & Beef

Kalau Anda bosan dengan scrambble eggs yang itu-itu saja, kini banyak tersaji di restoran scrambble eggs with beef yang cocok untuk menu brunch Anda. Beef berpadu telur yang bernutrisi pasti membuat hari Anda lebih bertenaga.

Sweet Oatmeal

Rasa Oatmeal yang agak membosankan mungkin bisa dikreasikan dengan menambahkan oatmeal dengan bahan lain. Salah satunya, marshmellow. Cocok untuk Anda yang bekerja sibuk. Anda tinggal pergi ke minimarket dekat kantor Anda untuk membeli bahan-bahannya, seduh oatmeal di kantor dan taburi marshmellow di atasnya. Boleh juga dicampur dengan remahan biskuit. Porsi yang pas, cocok untuk menemani waktu brunch Anda.

Eggs with Veggie

Telur memang salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk menu brunch Anda. Anda bisa memilih telur dengan inovasi lain seperti eggs with veggie yang mengandung lebih banyak nutrisi dengan sayuran di dalamnya. Dengan mengonsumsi sayuran pun Anda bisa menjadi lebih sehat dan berpikiran positif. Ingat, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Nutella Roll Cake

Jika Anda sedang weekend dan ingin membuat sendiri menu brunch di rumah, cobalah resep yang praktis agar tidak mengurangi waktu bersantai Anda. Seperti Nutella Roll Cake.
Mudah sekali membuatnya. Oles Nutella pada roti tawar, gulung roti tawar tersebut lalu oven. Renyah dan rasa cokelat khas Nuttela bikin weekend Anda lebih seru!

Roti Susu Kukus

Ini lebih mudah lagi dan lebih murah. Anda tinggal menumpuk roti tawar dalam wadah, siram dengan susu kental manis lalu kukus dengan menggunakan panci kukus. Sehat dan mengenyangkan, penyelamat lapar sebelum makan siang tiba!

Roti Kukus Almond

Cara dan bahannya sama seperti di atas, Anda tinggal menambahkan kacang almond sebagai taburan di atasnya. Selain mengenyangkan untuk menu brunch, almond juga dipercaya memiliki banyak manfaat seperti membantu diet Anda.

Itu dia beberapa menu brunch yang bisa Anda buat di rumah atau tinggal pesan ke restoran. Membiasakan diri melakukan brunch akan membantu diet Anda karena rasa kenyang yang lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat, let’s have a brunch!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top