Life

Legenda Urban Korea

Negeri ginseng, terutama Korea Selatan saat ini banyak mengundang perhatian kita di Indonesia, terutama terkait dengan pop culture dari negara tersebut. Dari mulai drama serial, pop idol, film, model rambut, kosmetik, cara berpakaian hingga destinasi wisata. Semua yang berbau serba Korea tak pelak membuat kita melirik. Tetapi, seperti juga yang terdapat pada hampir di semua negara di dunia, Korea juga memiliki kisah seramnya sendiri. Kisah seram yang mungkin tidak akan pernah kita dengar jika berkunjung ke negara selain negara ini.

Bagi Anda yang tertarik dengan segala hal yang berbau Korea, tidak ada salahnya kalau Anda juga tahu, legenda urban atau urban legend apa saja yang terdapat di negara ini :

Hantu Perawan

Seorang lelaki tinggal di lantai paling atas pada sebuah gedung apartemen. Pada satu tengah malam, ia mendengar pintu apartemennya diketuk. Ia tidak melihat siapapun di depan pintu, tetapi ia mendengar sebuah suara memintanya menghitung sampai 100 tanpa bersuara dengan mata tertutup. Ia menuruti kemauan suara tersebut, namun pada hitungan ke 49 ia penasaran dan membuka mata. Saat itulah ia melihat sosok yang pada akhirnya dipanggil dengan sebutan hantu perawan. Disebutkan bahwa hantu perawan acap kali muncul pada sebuah gedung yang terbengkalai. Sang hantu selalu tampak berpakaian putih dan memiliki rambut panjang.

Hantu Kloset

Korea mamiliki lebih dari satu kisah mengenai hantu yang muncul di kloset atau kamar mandi. Salah satu kisahnya adalah mengenai kloset yang dihantui seorang wanita yang mati karena bunuh diri. Alat penyiram toilet aktif dengan sendirinya, dan pintu toilet tertutup tiba-tiba. Terkadang orang mendengar suara tangisan wanita atau melihat wajah wanita di cermin. Dalam kisah yang lain, hantu toilet tiba-tiba muncul, menawarkan pada kita sebuah tissue, dan meminta kita memilih tissue berwarna biru atau merah. Dikisahkan jika kita memilih tissue berwarna merah maka ia akan mengoyak tubuh kita, sementara jika memilih warna biru maka kita akan membuat kita mati lemas.

Bolpen Merah

Legenda urban paling dikenal dari Korea adalah terkait dengan menulis menggunakan tinta merah. Orang tua selalu memberi masukan kepada anak-anak mereka bahwa menulis dengan tinta merah akan membawa sial. Tinta merah biasa digunakan untuk menuliskan nama orang yang mati, dan tidak untuk digunakan oleh orang yang masih hidup.

Krim Kulit BIji Wijen

Seorang wanita yang terobsesi dengan kecantikan bertanya pada seorang dukun, apakah ada krim ajaib yang dapat membuat kulitnya awet muda. Sang dukun mengatakan padanya bahwa ia harus menempelkan biji wijen ke sekujur tubuh sebelum ia mandi. Pulanglah si wanita dengan bersemangat dan langsung mempraktekan apa yang disarankan sang dukun. Ia begitu lama menghabiskan waktu di kamar mandi dan itu membuat ibunya khawatir. Saat sang Ibu membuka pintu kamar mandi, dilihat putrinya tengah sibuk memunguti satu per satu biji wijen yang tertanam dalam pori-pori kulitnya.

Masker Bedah Berwarna Merah

Pada satu hari, seorang pria duduk pada satu bagian di kereta subway lalu menyadari bahwa seorang wanita berperawakan tinggi langsing masuk dan duduk tepat di depannya. Ia memiliki rambut hitam dan panjang yang menutup hampir seluruh bagian wajahnya. Lalu si lelaki melihat bahwa perempuan itu mengenakan masker bedah berwarna merah. Sadar bahwa ia diperhatikan, si perempuan bertanya pada si lelaki apakah wajahnya cantik. Si lelaki mengiyakan saja. Setelah itulah si perempuan membuka masker yang menutupi wajahnya dan terkejutlah si lelaki demi melihat bagian mulut si perempuan yang terbuka memperlihatkan gigi, gusi dan ligamen. Si perempuan tiba-tiba mengeluarkan pisau bedah, tepat bersamaan dengan kaburnya si lelaki.

Hantu Uang

Cerita satu ini terkait dengan kepala badan pembuatan mata uang di Korea. Anak gadisnya diculik, dibunuh dan dimutilasi saat sang ayah sedang dalam perjalanan bisnis. Legenda ini kemudian menyatakan bahwa sang ayah memutuskan untuk mencantumkan bagian-bagian nama dan meletakkan gambar bagian-bagian tubuh sang putri ke dalam mata uang Korea agar arwah sang putri menjadi tenang. Namun kebenaran kabar mengenai hal ini disangkal oleh badan pembuat mata uang Korea.

Pengemudi Taksi Pencuri Organ Tubuh Manusia

Salah satu legenda urban yang menyeramkan muncul pada sosial media Kakao Talk. Menurut cerita ini, seorang lelaki mabuk ditusuk bagian lehernya dengan sebuah jarum begitu ia masuk ke dalam sebuah taksi. Saat ia terbangun, ia menemui dirinya terbaring di sebuah ladang dengan perut terbuka dan ginjal yang hilang. Legenda urban ini kontroversial dan sebagian orang menganggap hanya datang dari film-film yang beredar termasuk di dalamnya adalah film Korea berjudul Symphaty for Mr.Vengeance yang memiliki plot serupa.

Kipas Angin Pembunuh

Banyak orang Korea mempercayai bahwa kita akan mati jika tidur meninggalkan kipas angin menyala. Mereka mempercayai bahwa kipas angin dapat menyerap oksigen sehingga membuat kita mati lemas jika ketiduran. Sementara yang lain mempercayai bahwa kipas angin dapat membuat tubuh kita mendingin dan pada akhirnya mati karena hypothermia.

Beristirahat Dalam Damai Bersama Hewan Ternak

Legenda urban yang satu ini datang dari desa kecil di wilayah Korea Selatan. Penduduk desa dikejutkan dengan suara manusia datang dari arah kuburan masal tempat hewan ternak yang mati karena penyakit kuku dan mulut. Mereka membongkar kuburan tersebut dan menemukan tubuh manusia yang diketahui memiliki hutang pada kaum rentenir. Puluhan tubuh manusia lain yang juga diketahui memiliki hutang pada rentenir ditemukan kemudian di tempat yang sama.

Tiram Yang Hidup Dari Tubuh Kita

Seorang lelaki terluka lututnya akibat terjatuh diatas sebuah batu besar. Ia membersihkan luka tersebut dan membalutnya. Beberapa hari setelah itu ia merasakan gatal yang luar biasa pada bagian lututnya yang terluka, namun tidak membuka balutan karena khawatir lukanya akan semakin parah. Pada akhirnya ia membuka balutan lukanya dan menemukan beberapa ekor tiram memenuhi bagian lututnya yang semula luka. Rupanya batu dimana tempat ia jatuh menyimpan telur tiram yang kemudian masuk ke dalam kulitnya, makan dari darahnya dan menetas.

Anjing Berwajah Manusia

Kisah ini sebenarnya berasal dari Jepang. Seorang pria melihat anjing berwajah manusia sedang mengais sampah untuk dimakan dibawah sebuah jembatan. Pria tersebut mengira ia mendengar orang lain sedang berbicara, namun yang ditemuinya adalah makhluk setengah manusia setengah anjing. Makhluk tersebut tidak ditemukan lagi, namun orang Korea mempercayai bahwa makhluk itu adalah perwujudan manusia yang dikutuk karena berbuat dosa.

Jangan Menggunakan Headphone Di Tengah Keramaian

Orang Korea mempercayai bahwa mendengarkan lagu melalui MP3 Player dengan menggunakan headphone membuat kita rentan terhadap bahaya penculikan. Kita menjadi tidak awas terhadap keadaan sekitar karena konsentrasi kita tertuju pada lagu yang kita dengarkan. Banyak papan bulletin dan blog disana yang memberikan informasi dan peringatan mengenai hal ini sebagai iklan layanan masyarakat.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top