Life

Lenyapkan Kesedihan dengan Hal Berikut

Lenyapkan Kesedihan dengan Hal Berikut

Setiap orang baik perempuan maupun laki-laki pasti pernah mengalami perasaan susah hati yang sering di sebut dengan perasaan sedih. Kesedihan dikarenakan oleh banyak hal seperti sedang terkena musibah, patah hati, kehilangan dsb. Berlarut-larut dalam kesedihan akan berdampak buruk bagi kita, baik secara fisik, mental maupun perasaan. Sedih lambat-laun akan hilang, namun tidak sekejap saja. Kita bisa melakukan usaha untuk melenyapkan kesedihan dengan hal berikut;

  • Bercerita dengan Orang Terdekat
    Dengan membagikan sedikit keluh kesah yang kita alami, beban kesedihan kita akan berkurang. Akan tetapi, kita perlu memperhatikan siapa yang pantas untuk mendengar curahan hati kita. Biasanya, orang tua akan menjadi sandaran yang paling membuat kita nyaman untuk mencurahkan hati. Selain memberikan sinergi positif dengan saran-saran yang diberikan, masalah yang kita ceritakan terjamin tidak akan menyebar ke orang lain. Setelah orang tua, ada sahabat dekat yang bisa kita percaya untuk mendengar curahan hati kita. Memendam masalah akan membuat seseorang cepat stress dan depresi.
  • Menyibukkan Diri
    Jika kita belum siap untuk bercerita dengan orang lain kita bisa mengambil langkah untuk menyibukkan diri. Kesedihan dan kesendirian akan membuat seseorang lebih rawan untuk melakukan hal-hal negatife, Menggunakan waktu dengan kegiatan yang dipercaya memproduksi energi positif bagi diri seseorang.
  • Istigfar
    Bagi orang muslim, istigfar dipercaya bisa mengatasi segala macam kegundahan hati termasuk kesedihan. Dengan mengucap istigfar berkali-kali, hati akan lebih merasa tentram.
  • Melakukan Kegiatan Favorit
    Untuk menghilangkan kesedihan dengan cepat, kita juga bisa melakukan aktivitas favorit, seperti; menggambar, merajut, melukis, jalan-jalan dsb. Mengalihkan kesedihan dengan melakukan aktivitas favorit membuat kita lebih cepat untuk kembali bahagia.
  • Berbaur dengan Teman atau Kelompok
    Jika mengalami kesedihan, berbaur dengan teman ataupun kelompok bisa juga menjadi solusi untuk kembali meraih kebahagiaan. Tidak perlu menceritakan masalah atau kesedihan yang sedang dialami. Berbaur dengan teman atau kelompok bertujuan agar kita bisa membahas hal-hal dengan topik lain untuk mengalihkan kesedihan yang kita alami. Selain itu, kita juga mendapat energi positif dengan motivasi yang diberikan teman-teman/kelompok untuk meraih suatu tujuan.
  • Makan Pedas
    Beberapa orang mengalami down ketika sedih, dan mereka malas untuk melakukan aktivitas apapun. Kali ini, kalian bisa mencobanya untuk mengusir rasa sedih dengan mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas membuat tubuh lebih baik, karena kandungan endorfinnya. Akan tetapi tetap jaga porsi atau level pedasnya biar tidak berdampak buruk.
  • Olahraga
    Olahraga bukan hanya sebagai aktivitas untuk menyehatkan badan kita. Menurut beberapa penelitian dengan berolahraga diyakini produksi hormone endorphin dan zat kimia lainnya meningkat, hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi kesedihan. Melakukan olahraga dengan intensitas waktu yang baik akan mengembalikan energy positif bagi tubuh kita.
  • Hindari Mendengar Lagu Mellow
  • Mendengar lagu bergenre Mellow dan berlirik kesedihan akan menambah kita semakin terlarut di dalamnya. Jadi, ketika sedih jangan sekali-kali mendengar lagu tersebut. Mendengar alunan musik klasik lebih tepat untuk menenangkan hati dan pikiran kita serta mengurangi stress akibat terlarut dalam kesedihan.
  • Serahkan sepenuhnya masalah kamu kepada Nya. Ibadah ditengah malam, menangislah dan adukan semua permasalah itu.
  • Tulis dan tuangkan apa yang jadi masalahmu ke dalam tulisan seperti buku harian, cerpen, atau novel.
  • Cari kesibukan, banyak membaca, olahraga, nonton, dengarkan musik yang memberi semangat atau mengerjakan apa yang menjadi hobi kamu.
  • Dengarkan cerita atau curhat orang lain, lalu coba kamu berikan solusi yang menyenangkan kepadanya. Mengikuti kegiatan sosial, kalau kamu melihat orang yang kamu bantu bahagian dan senyum tulus niscaya kesedihan kamu akan terlupa atau hilang.
  • Hilangkan pikiran negatif. Rubah dengan rasa bersyukur, pikirkan betapa banyak nikmat yang kamu dapat selama ini.
  • Lampiaskan kesedihan dengan teriak sekeras kerasnya atau memukul bantal guling dengan sekuat tenaga. Dapat juga saat air mata mengalir tak tertahankan, berlarilah sekencang kencangnya seperti sedang olahraga, toh nanti orang lain mengira itu adalah keringat bukan air mata. Setelah badan terasa hangat ikutilah detakan jantung kamu yang memburu karena kelelahan, maka kesedihan akan terlupakan.
  • Handstand . Cobalah berdiri dengan tangan kamu, kaki diatas kepala di bawah. Jika anda lakukan maka airmata tidak lagi menetes, dan kesedihan akan berpindah ke otak tidak lagi berasa nyeri di hati. Saat anda terjatuh dan berdiri kembali seperti semula memang kepala anda agak pusing, lakukan kegiatan lain yang bermanfaat.
Lenyapkan Kesedihan dengan Hal Berikut

Anda bisa mencoba beberapa hal di atas untuk melenyapkan kesedihan. Tidak berlaut-larut dan sigap dalam menangani masalah menjadikan waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia. Jadi, jangan lupa untuk bahagia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top