Life

Senam Kegel Untuk Pria dan Wanita : Manfaat dan Cara Melakukan

Manfaat dan Cara Melakukan senam kegel

Tidak bisa dipungkiri bahwa kunci keharmonisan rumah tangga salah satunya adalah hubungan suami istri yang sehat dan saling memberi kepuasan. Bagi kebanyakan wanita yang telah melahirkan, memberikan servis kepada pasangannya di ranjang tentunya sebuah kebahagiaan tersendiri. Hal ini sangat berpengaruh terhadap masa depan kualitas hubungan dengan pasangannya.

Dalam sebuah survey majalah kesehatan dikatakan bahwa 20% wanita yang telah menikah bisa mendapatkan orgasme dalam setiap hubungan intimnya. Sedangkan 80% sisanya hanya menyembunyikan kekecewaan dalam hatinya.

Baca Juga : 5 Jurus Agar Hubungan Rumah Tangga Anda Terus Membaik

Tahukah Anda banyak pria yang terkejut dan semakin sayang kepada pasangannya ketika mendapati perubahan “servis ranjang” dari pasangan wanitanya?. Hanya karena sang wanita telah merubah otot kewanitaannya menjadi lebih kencang dengan senam kegel.

Arti dari Senam Kegel

Senam Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul (Pelvic Floor Mucle) atau Pubococcygeus (PC) merupakan terapi bagi wanita yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Bagi wanita yang tidak terlatih otot PC-nya akan mengalami penurunan uterus akibat melemahnya atau menipisnya otot PC.

Sejarah Senam Kegel

Nama senam ini diambil dari penemunya Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an. Dokter Kegel seringkali melihat pasiennya yang sedang dalam proses persalinan sering tidak dapat menahan keluarnya air seni (ngompol). Timbullah inisiatifnya untuk menemukan latihan agar pasiennya tidak mengalami hal tersebut.

Senam mengencangkan otot kewanitaan merupakan solusi bagi para wanita yang mempunyai masalah sulit mencapai orgasme karena longgarnya otot kewanitaan setelah melahirkan. Senam kegel juga bisa mengatasi masalah saat seorang wanita tidak mampu menahan kencing ketika batuk atau bersin. Waw kalau yang ini sich sangat menggangu sekali jika terjadi ketika sedang mengikuti acara arisan ibu-ibu. Hayo …… mau disembunyikan kemana malunya?.

Apa saja manfaat senam kegel?

Tahukah Anda, bahwa proses kehaliman, proses persalinan dan kegemukan dapat menjadi beban yang berat bagi otot Panggul?

Bila otot panggul ini melemah, akibatnya bisa membuat organ-organ panggul wanita melorot dan menonjol keluar lewat vagina. Pada kondisi ini bisa membuat wanita kencing atau bisa buang air tanpa sengaja. Kondisi ini disebut prolapsis uterus. Dan Senam kegel dapat mencegah hal tersebut.

manfaat senam kegel

Jadi Manfaat dari senam kegel antara lain yaitu:

  • Meningkatkan kepuasan seksual pada saat berhubungan seks karena lebih kuatnya daya cengkeram vagina
  • Membantu dalam proses kehamilan yaitu memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir
  • Mencegah terjadinya ambein atau wasir
  • Mencegah terjadinya ‘ngompol kecil’ saat bersin dan batuk

Senam kegel juga memiliki 2 fungsi yaitu:

  • Untuk hubungan Seksual Suami Istri, Melakukan Senam Kegel dapat memperkuat otot-otot vagina yang membantu memuaskan suami pada saat berhubungan seksual.
  • Untuk Proses Persalinan, Melakukan Senam Kegel dapat memperkuat otot-otot salurah kemih yang berguna terutama pada waktu proses persalinan agar tidak terjadi ‘ngompol’

Jadi ada banyak manfaat dalam melakukannya, dan sebaiknya memang dilakukan oleh setiap wanita untuk mendapatkan manfaat-manfaat diatas.

Cara Melakukan Teknik

cara melakukan senam kegel

senam ini selain dilakukan oleh wanita juga dilakukan oleh para pria. Pada pria kerja otot ini lebih mudah diamati dari luar dibanding wanita. Hal ini dapat dilihat dengan gerakan penis “naik-turun” dalam keadaan ereksi. Pria yang terlatih akan mendapatkan orgasme yang lebih intens, dapat mencegah ejakulasi dini dan memperpendek waktu untuk siap melakukan hubungan seks ulang.

Pada wanita kerja otot pubococcygeal dapat dirasakan berupa denyutan pada dinding vagina. Bila otot ini terlatih dengan kuat, kontraksi otot vagina dapat dengan sengaja dilakukan saat berhubungan intim tanpa menunggu orgasme terlebih dahulu.

Wanita dengan otot pubococcygeal terlatih lebih mudah mengalami perangsangan seksual (tidak frigid), lebih cepat “basah” untuk mengalami orgasme yang sering dan memuaskan bahkan dapat mencapai orgasme hanya pada rangsangan pada G spot- nya.

Cara melakukan senam kegel?

Teknik yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan seolah-olah menahan kencing (pada wanita dan pria).

  • Kencangkan atau kontraksikan otot seperti menahan kencing, pertahankan selama 5 detik, kemudian relaksasikan (kendurkan).
  • Ulangi lagi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut.
  • Secara bertahap tingkatkan lama menahan kencing 15-20 detik, lakukanlah secara serial setidaknya 6-12 kali tiap latihan.

Kapan waktu yang tepat untuk senam Kegel?

Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, saat mengendarai mobil bahkan saat anda berada di kamar kecil asal ada kemauan yang keras. Hasilnya kelak dapat memberikan kesenangan bukan hanya kepada pasangan melainkan juga bagi keduanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top